Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bansos BPNT Kartu Sembako Rp600.000 dan PKH Cair Maret 2022, Cek Nama Penerima di cekbansos.kemensos.go.id

Bansos BPNT Kartu Sembako Rp600.000 dan PKH Cair Maret 2022, Cek Nama Penerima di cekbansos.kemensos.go.id

Bansos BPNT Kartu Sembako Rp600.000 dan PKH Cair Maret 2022, Cek Nama Penerima di cekbansos.kemensos.go.id


Bansos Program Keluarga Harapan( PKH) serta Bantuan Pangan Non Tunai( BPNT/ Kartu Sembako) dijadwalkan cair bulan Maret 2022.

Warga yang telah terdaftar selaku Keluarga Penerima Manfaat( KPM) dapat cek nama penerima bansos PKH serta BPNT/ Kartu Sembako Maret 2022 lewat web cekbansos. kemensos. go. id.

Untuk dapat cek nama penerima bansos PKH serta BPNT/ Kartu Sembako di cekbansos. kemensos. go. id, KPM wajib mempersiapkan Kartu Tanda Penduduk( KTP).

Berikut cara cek nama penerima bansos PKH serta BPNT/ Kartu Sembako di cekbansos. kemensos. go. id.

CARA CEK NAMA PENERIMA PKH serta BPNT/ Kartu Sembako 2022 Online
  • KPM mengakses web cekbansos. kemensos. go. id.
  • Kemudian, pilih provinsi, kabupaten/ kota, kecamatan, serta desa.
  • Setelah itu, warga memenuhi data diri sesuai KTP.
  • KPM mengisi 8 huruf kode yang tertera dalam kotak kode.
  • Apabila huruf kode tidak jelas, KPM dapat memperoleh kode baru dengan cara klik ulang kotak kode.
  • Setelah itu, klik tombol“ Cari”.
  • Terakhir, sistem akan mencocokan data KPM PKH meliputi nama serta daerah yang diinput, setelah itu membandingkannya dengan nama yang terdapat dalam database Kemensos.
Untuk dikenal, Kemensos lagi mencairkan bansos PKH serta BPNT/ Kartu Sembako 2022 tahap satu sejak tanggal 21 dan 22 Januari 2022.

Untuk KPM PKH, ada 7 sasaran dengan besaran yang didapatkan sampai Rp3 juta.

Uang bantuan PKH dicairkan Kemensos lewat Bank Himbara seperti bank BNI ataupun bank BRI.

Semenetara itu, KPM BPNT/ Kartu Sembako yang sebenarrnya memperoleh sebesar Rp200. 000 tiap bulan, kali ini memperoleh Rp600. 000 sebab dirapel untuk bulan Januari, Februari, serta Maret.

Pencairan bansos BPNT/ Kartu Sembako 2022 dicoba lewat Kantor Pos serta KPM tidak butuh memakai Kartu Keluarga Sejahtera( KKS).

Pemerintah menargetkan pencairan bansos PKH serta BPNT/ Kartu Sembako 2022 menggapai 100 persen di akhir bulan Maret 2022 ini.

Informasi itu sebagaimana diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia serta Kebudayaan( Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Menurutnya, saat ini penyaluran bansos berbentuk Program Keluarga Harapan( PKH) ataupun Bantuan Pangan Non Tunai( BPNT) telah mencapai 90- an persen secara nasional.

Menurut Effendi, langkah tersebut sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo kalau penyaluran bansos wajib dipercepat.

" Untuk PKH, capaian penyaluran saat ini 90 persen telah masuk rekening penerima manfaat, tetapi yang mengambil baru sekitar 80 persen. Jadi mudah- mudahan sesuai arahan Bapak Presiden, pada awal Maret ini bansos sudah bergulir," ucap Menko PMK Muhadjir Effendy seperti dilansir Pikiranrakyat- depok. com dari Antara.

Menurutnya, percepatan penyaluran bansos 2022 guna mengantisipasi lonjakan- lonjakan harga bahan pangan serta inflasi dikala ini.

" Juga mengatasi dampak pandemi Covid- 19 yang masih berlangsung dan juga adanya perang Rusia dengan Ukraina yang ikut berpengaruh. Sehingga, mudah- mudahan keluarga yang tidak mampu ini bebannya bisa lebih ringan dengan bansos yang lancar," katanya.***

Artikel ini telah tayang di depok.pikiran-rakyat.com dengan judul “Bansos BPNT Kartu Sembako Rp600.000 dan PKH Cair Maret 2022, Cek Nama Penerima di cekbansos.kemensos.go.id