Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar

Jika Anda secara teratur mendapatkan uang saku dari orang tua Anda, Anda dapat mengumpulkannya sebagai modal Anda. tidak cukup? Jangan khawatir, Anda bisa memulainya tanpa modal!

Berikut beberapa ide bisnis online untuk mahasiswa tanpa dana yang mungkin tepat untuk Anda.
Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar

1. Hasilkan uang dari media sosial

Ketika Anda ingin memulai bisnis online tanpa dana mahasiswa, media sosial adalah uang termurah. Selama Anda memiliki perangkat yang cukup kuat, seperti smartphone.

Di media sosial, Anda tidak harus menjadi influencer untuk mendapatkan penerimaan dari pengiklan atau pemasar. Anda dapat membuat konten menarik berdasarkan topik favorit Anda tanpa menunjukkan foto diri Anda.

Jika Anda konsisten dan konten Anda semakin menarik setiap hari, tentu pengikut Anda akan meningkat. Berbagai perusahaan yang terkait dengan topik konten Anda juga akan tertarik untuk berkolaborasi dengan Anda dalam kampanye produk mereka.

2. Menjadi YouTuber

Menjadi seorang YouTuber juga tidak membutuhkan banyak uang. Anda dapat membuat konten video bahkan dengan kamera smartphone.

Lebih baik lagi jika Anda memiliki keterampilan mengedit video. Selain konten yang unik, presentasi video yang menarik juga dapat meningkatkan pelanggan saluran YouTube Anda.

Anda bisa mendapatkan uang dari YouTube dengan menempatkan iklan di video YouTube Anda. Anda harus terdaftar di Google Adsense untuk menayangkan iklan.

3. Menjual kembali buku teks

Setelah Anda mengambil kelas atau memasuki semester baru, tentu banyak buku pelajaran yang menurut Anda sudah tidak relevan lagi.

Daripada dibuang, lebih baik dijual kembali dengan harga lebih murah kepada generasi muda yang menginginkan harga lebih murah.

Anda juga dapat membuat akun penjualan di marketplace untuk dijual ke pasar potensial yang lebih besar. Jangan lupa untuk mengatakan bahwa buku yang Anda jual digunakan agar pembeli tidak merasa tertipu.

4. Menjadi pemasar afiliasi

Ada banyak program pemasaran afiliasi yang mengharuskan pemasar untuk mempromosikan merek produk tertentu. Anda bisa menjadi salah satunya.

Sebelum Anda dapat menjadi pemasar afiliasi, Anda harus memiliki blog atau saluran YouTube. Ini adalah modal dasar menjadi affiliate marketer.

Anda kemudian dapat mendaftar untuk program afiliasi apa pun yang menarik minat Anda. Kemudian, promosikan produk tertentu yang diminta oleh produser acara.

Anda perlu memberikan tautan di halaman promosi sehingga audiens Anda dapat terus berdagang melalui tautan itu. Anda juga bisa mendapatkan komisi jika audiens Anda berdagang.

5. Bisnis dropship


Mahasiswa selanjutnya tidak punya dana untuk ide bisnis online, bisnis dropship. Ini adalah pilihan yang layak bagi siswa yang ingin menjalankan bisnis e-commerce tetapi tidak memiliki ruang untuk memasok.

Anda dapat memilih produk yang ingin Anda jual dari berbagai pemasok yang menawarkan layanan dropshipping dan mencantumkannya di toko online Anda. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari perbedaan harga jual.

Saat membeli di toko online Anda, Anda dapat meneruskan pesanan ke pemasok. Supplier juga akan mengirimkan produk yang diminta langsung ke alamat pembeli.

6. Layanan Penerjemahan

Jika Anda mahir dalam bahasa asing, Anda dapat menyediakan layanan terjemahan. Anda dapat mempromosikan layanan Anda melalui media sosial atau berbagai forum online lainnya.

Anda juga dapat menemukan lowongan layanan terjemahan di berbagai situs web freelance. Jangan lupa untuk memberikan contoh terjemahan Anda untuk meyakinkan klien.

Jika Anda pernah mengikuti tes kemahiran bahasa, tes tersebut juga harus dicantumkan. Tes yang meragukan, seperti TOEFL dan IELTS dalam bahasa Inggris, atau TOPIK dalam bahasa Korea, dll.

7. Layanan Transkripsi

Jika terjemahan masih terlalu sulit bagi Anda, Anda dapat mengandalkan pendengaran Anda untuk layanan transkripsi. Tidak diragukan lagi bahwa banyak orang membutuhkan layanan transkripsi, meskipun kelihatannya sepele.

Banyak orang tidak punya banyak waktu untuk menyalin rekaman wawancara atau hasil diskusi dan pertemuan penting. Anda dapat menyediakan layanan ini secara online. Lowongan layanan transkripsi juga dapat ditemukan di berbagai situs web freelance.

8. Manajer Media Sosial

Selain menghasilkan uang melalui akun media sosial Anda sendiri, Anda juga dapat menghasilkan uang melalui akun media sosial orang lain. bagaimana?

Anda bisa menjadi manajer media sosial. Anda dapat memberikan layanan untuk bisnis lain untuk mengelola media sosial. Mulailah dengan membangun audiens, membuat konten, menjalankan kampanye produk, dan berbagai strategi media sosial lainnya.

Ada banyak bisnis yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengelola media sosial. Dengan menyediakan layanan ini, Anda dapat membantu bisnis ini fokus pada proses bisnis inti mereka.

9. Buat Podcast

Mirip dengan membuat saluran YouTube, membuat podcast juga dapat membawa manfaat. Apalagi jika Anda pandai bercakap-cakap dan bisa memoderasi diskusi.

Anda dapat memulai podcast di Spotify atau layanan podcast lainnya. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari podcasting adalah dengan bermitra dengan perusahaan tertentu untuk pemasaran afiliasi, promosi produk, membuat konten eksklusif.

Anda tidak perlu terlalu memikirkan topik ini. Anda dapat mengundang rekan-rekan Anda dan mendiskusikan kehidupan siswa atau mendiskusikan topik menarik dan viral lainnya.

Jadi, Anda bisa mulai memberi siswa beberapa ide bisnis online gratis mulai sekarang. Tidak perlu menunggu kelulusan untuk memulai bisnis!