Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Cek Data Penerima Bansos PKH dan BPNT Maret 2022 di cekbansos.kemensos.go.id atau Aplikasi Cek Bansos

Cara Cek Data Penerima Bansos PKH dan BPNT Maret 2022 di cekbansos.kemensos.go.id atau Aplikasi Cek Bansos

Cara Cek Data Penerima Bansos PKH dan BPNT Maret 2022 di cekbansos.kemensos.go.id atau Aplikasi Cek Bansos
Berikut cara cek informasi penerima bansos PKH serta BPNT Maret tahun 2022 online lewat link cekbansos. kemensos. go. id( DTKS Kemensos) ataupun Aplikasi Cek Bansos Pemerintah lewat Kemensos akan terus mengalirkan bansos PKH 2022 serta BNPT di tahun 2022.

Bansos PKH 2022 akan diberikan kepada keluarga yang tercatat dalam data DTKS Kemensos ataupun sesuai dengan kriteria penerima PKH menurut Kemensos.KPM ataupun penerima bansos dapat cek secara online lewat link cekbansos. kemensos. go. id ataupun Aplikasi Cek Bansos. Adapun anggaran bansos PKH ialah Rp28, 7 triliun dengan target mencapai 10 juta KPM atau penerima bansos.

Adapun sasaran PKH 2022, antara lain:
  • Ibu Hamil serta anak umur dini 0- 6 tahun Rp3 juta.
  • Anak usia SD Rp900. 000.
  • Anak usia SMP Rp1, 5 juta.
  • Anak Usia SMA Rp2 juta.
  • Penyandang disabilitas berat Rp2, 4 juta.
  • Usia lanjut mulai 70 tahun Rp2, 4 juta.
Dalam PKH 2022 KPM dapat menerima dana bansos maksimal Rp10, 8 juta per keluarga dengan kriteria tertentu. Untuk KPM yang sudah mengetahui cara daftar DTKS Kemensos serta sudah daftar, selanjutnya bisa langsung cek penerima Bansos PKH 2022 di cekbansos. kemensos. go. id serta Aplikasi Cek Bansos, sebab Kemensos tengah memvalidasi data untuk merilis beberapa bansos termasuk PKH 2022.

Sementara itu, KPM yang belum tahu cara daftar DTKS Kemensos, wajib segera melakukan pendaftaran dengan persyaratan tertentu.

Berikut syarat daftar DTKS Kemensos

  1. Warga miskin/ rentan miskin.
  2. Bukan Anggota Aparatur Sipil Negeri( ASN), TNI, Polri.
  3. Untuk PKH, pastikan Anda jadi masyarakat negara Covid- 19 ataupun kehilangan mata pencaharian karena pemutusan hubungan kerja( PHK).

Bila telah sesuai dengan ketentuan tersebut, maka bisa melakukan pendaftaran peserta KPM DTKS Kemensos dengan cara berikut ini.

Berikut cara daftar DTKS Kemensos

  1. Tidak ada pendaftaran DTKS Kemensos secara online. Pendaftaran peserta Keluarga Penerima Manfaat( KPM) ke aparat pemerintah wilayah setempat seperti RT/ RW ataupun Kantor Kelurahan/ Desa.
  2. Setelah mendaftar di RT/ RW ataupun ke Kantor Kelurahan/ Desa, nantinya akan mendapat pemberitahuan berisi teknis pendaftaran di tempat yang sudah ditentukan.
  3. Setelahnya, Kamu membawa data pelengkap seperti KTP, NIK, Kartu Keluarga( KK), serta Kode Unik Keluarga dalam Data Terpadu.
  4. Informasi yang sudah dilengkapi, kemudian akan diproses oleh Himpunan Bank Milik Negara( HIMBARA), kantor kelurahan, serta kantor Walikota/ Kabupaten.
  5. Khusus untuk BPNT, nantinya akan dibuatkan rekening bank, dan akan diberikan Kartu Keluarga Sejahtera( KKS).

Bila sudah daftar peserta DTKS Kemensos, Kamu bisa melakukan pengecekan apakah lolos serta berhak mendapatkan bansos PKH 2022 dari Kemensos ataupun tidak. KPM yang sudah daftar DTKS Kemensos bisa cek penerima bansos PKH 2022 secara online di cekbansos. kemensos. go. id. KPM yang telah daftar DTKS Kemensos wajib terus cek penerima bansos PKH 2022 di cekbansos. kemensos. go. id dengan cara berikut:

Berikut cara cek penerima PKH 2022 secara online di cekbansos. kemensos. go. id:

  1. Kunjungi website cekbansos. kemensos. go. id.
  2. Setelah itu pilih provinsi, kabupaten/ kota, kecamatan, serta desa tempat Kamu tinggal.
  3. Ketikkan nama Anda sesuai KTP.
  4. Masukkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode.
  5.  Jika tidak jelas huruf kode, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru.
  6. Lalu klik tombol cari.
  7.  Sistem akan mencocokan Nama Keluarga Penerima Manfaat( KPM), daerah yang diinput serta membandingkan dengan nama yang ada dalam database Kemensos.

Sedangkan cara cek penerima bansos PKH 2022 di Aplikasi Cek Bansos terbaru Kemensos adalah sebaga berikut:

  1. Unduh aplikasi cek bansos kepunyaan Departemen Sosial Republik Indonesia di Play Store
  2. Buat Akun Baru bila belum mempunyai akun dengan memasukkan Nomor KK, NIK, Nama Lengkap, Provinsi, Kabupaten/ Kota, Kecamatan, Kelurahan/ Desa, Alamat sesuai KTP, Nomor ponsel, alamat email, username serta password dan lampirkan swafoto dengan KTP serta Foto KTP.
  3. Bila telah mempunyai akun, masuk menggunakan nama pengguna serta kata sandi.
  4. Setelah masuk bansos yang diterima ataupun yang lagi dilayani.

Demikian artikel tentang cek penerima bansos PKH 2022 lewat cekbansos. kemensos. go. id ataupun Aplikasi Cek Bansos beserta cara daftar bantuan di DTKS Kemensos.***

Artikel ini telah tayang di https://kabartegal.pikiran-rakyat.com/ dengan judul “Cara Cek Data Penerima Bansos PKH dan BPNT Maret 2022 dicekbansos.kemensos.go.id atau Aplikasi Cek Bansos