Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Daftar KIP Kuliah 2022, Simak Pula Persyaratan dan Besaran Beasiswa yang Didapat

Cara Daftar KIP Kuliah 2022, Simak Pula Persyaratan dan Besaran Beasiswa yang Didapat

Cara Daftar KIP Kuliah 2022, Simak Pula Persyaratan dan Besaran Beasiswa yang Didapat
Berikut cara mendaftar program KIP Kuliah Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan( Kemendikbud) 2022.

KIP Kuliah Kemendikbud merupakan bantuan biaya pendidikan serta biaya hidup untuk mahasiswa terpilih.

Saat ini bertepatan pada daftar KIP Kuliah 2022 belum dirilis, hal ini bisa dimanfaat untuk pemegang Kartu KIP utnuk mempersiapkan syarat serta cara daftar KIP Kuliah.

Program KIP Kuliah ini memudahkan mahasiswa untuk memilih program studi serta perguruan tinggi sesuai keinginannya tanpa butuh memikirkan mahalnya bayaran pendidikannya.

Daftar KIP Kuliah juga tidak dikenakan biaya untuk mahasiswa ataupun perguruan tinggi yang jadi tujuan program KIP Kuliah Kemendikbud ini.

Cara registrasi KIP Kuliah

Cara daftar KIP Kuliah untuk segala jalur masuk perguruan tinggi dapat dicoba secara online lewat halaman KIP Kuliah, ialah kip- kuliah. kemdikbud. go. id/

Daftar KIP Kuliah bisa dilakukan lewat ponsel dengan mengunduh aplikasi KIP Kuliah di Google Play Store.

Alur cara daftar KIP Kuliah 2022 diperkirakan hampir sama dengan tahun kemudian. Berikut alur KIP Kuliah:
  • Login ke laman formal KIP Kuliah Kemendikbud ataupun di aplikasi KIP Kuliah
  • Input Nomor Induk Kependudukan( NIK), Nomor Induk Siswa Nasional( NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional( NPSN), serta alamat e- mail yang aktif.
  • Validasi NIK, NISN, serta NPSN.
  • Siswa akan memperoleh nomor registrasi serta kode akses.
  • Siswa menuntaskan proses registrasi KIP Kuliah.
  • Mendaftar serta mengikuti pilih perguruan tinggi sesuai jalur masuk SNMPTN/ SBMPTN/ SNMPN/ SBMPN/ Mandiri pada panitia seleksi nasional ataupun panitia seleksi masuk perguruan tinggi.
  • Setelah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, langkah terakhir yakni verifikasi.
Syarat daftar KIP Kuliah

KIP Kuliah Kemendikbud diperuntukkan untuk mahasiswa terpilih yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  • Penerima KIP Kuliah merupakan siswa sekolah menengah atas( SMA), sekolah menengah kejuruan( Sekolah Menengah Kejuruan(SMK)), ataupun bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan ataupun lulus dua tahun sebelumnya.
  • Mempunyai kemampuan akademik baik namun mempunyai keterbatasan ekonomi yang didukung fakta dokumen yang sah.
  • Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru lewat seluruh jalur masuk perguruan tinggi serta diterima di PTN ataupun PTS pada program studi yang sudah terakreditasi.
KIP Kuliah diperuntukkan untuk mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi, termasuk penyandang disabilitas, mahasiswa dari keluarga miskin ataupun rentan miskin ataupun dengan pertimbangan khusus.

Mahasiswa afirmasi Papua serta Papua Barat dan wilayah 3T( terdepan, terpencil, tertinggal) serta TKI, mahasiswa yang terserang musibah, konflik sosial, serta keadaan spesial juga jadi sasaran penerima beasiswa KIP Kuliah Kemendikbud.

Adapun keterbatasan ekonomi calon penerima KIP Kuliah Kemendikbud dibuktikan dengan hal berikut untuk cara daftar KIP Kuliah:
  • Kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar( KIP)
  • Berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan( PKH)
  • Pemegang Kartu Keluarga Sejahtera( KKS)
  • Mahasiswa dari panti sosial/ panti asuhan atau, Mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam desil kurang ataupun sama dengan kategori 4 pada data terpadu kesejahteraan sosial( DTKS).
Biaya beasiswa KIP Kuliah

Melansir Indonesia. go. id, pada 2020 biaya pendidikan penerima KIP Kuliah disesuaikan dengan prodi yang dipilih.

Rata- rata besaran uang kuliah yang diterima peseta KIP Kuliah Kemendikbud, Rp 2, 4 juta per semester disesuaikan prodi yang dipilih.

Tetapi tahun 2021, Kemendikbud mulai mengkategorisasi prodi penerima KIP Kuliah jadi tiga kategori berdasarkan akreditasi.

Untuk prodi berakreditasi A biaya pendidikan maksimalnya Rp 12 juta per semester, akreditasi B Rp 4 juta per semester, serta akreditasi C Rp 2, 4 juta per semester.

Sedangkan untuk biaya hidup mahasiswa penerima KIP Kuliah Kemendikbud dipecah jadi lima klaster wilayah pada 2019.

Klaster 1 menerima biaya hidup Rp 800. 000 per bulan, klaster 2 sebesar Rp 950. 000, klaster 3 Rp 1, 1 juta, klaster 4 Rp 1, 25 juta, serta klaster 5 Rp Rp 1, 4 juta.

Tetapi, biaya hidup untuk penerima KIP Kuliah Kemendigbud ini berganti pada 2020 di mana besarannya dipukul rata untuk seluruh wilayah di Indonesia menjadi sebesar Rp 700. 000 per bulan.

Artikel ini telah tayang di dengan judul “Cara Daftar KIP Kuliah 2022, Simak Pula Persyaratan dan Besaran Beasiswa yang Didapat