Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Daftar KIP Kuliah Mandiri 2022 secara Online

Cara Daftar KIP Kuliah Mandiri 2022 secara Online. Kemdikbud telah secara resmi membuka pendaftaran untuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah Kemdikbud khusus siswa SMA yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

KIP Kuliah Kemendikbud hanya dibuka untuk siswa lulusan SMA pada tahun 2022, 2021, dan 2020 dengan status keterbatasan ekonomi.

Pendaftaran KIP Kuliah Kemendikbud sendiri sudah mulai dibuka pada 2 Februari 2022 lalu.

Dibukanya program KIP Kuliah ini diharapkan dapat membantu para generasi muda dengan keterbatasan biaya agar bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.
https://www.juragandesa.net/2022/03/cara-daftar-kip-kuliah-mandiri-2022.html


Untuk pendaftaran kip kuliah kemdikbud go id bisa langsung dilakukan secara mandiri dan online di link https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.


Nantinya, siswa bisa mencari kuliah lewat link tersebut, atau dapat didaftarkan melalui perguruan tinggi.

Fasilitas yang didapat penerima KIP kuliah kemdikbud go id yakni sebagai berikut.
  • Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi yang diusulkan masing-masing panitia, dan perguruan tinggi bagi siswa yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.
  • Pembebasan biaya kuliah dan mendapatkan bantuan biaya hidup.
PERSYARATAN PENDAFTARAN KIP KULIAH 2022

Selanjutnya, terdapat beberapa persyaratan pendaftaran KIP Kuliah 2022 sebagai berikut.
Persyaratan penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA, SMK atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus dua tahun sebelumnya;
  • Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk perguruan tinggi dan diterima di PTN atau PTS pada program studi yang telah terakreditasi;
  • Memiliki potensi akademik yang baik, tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumentasi yang sah.
TAHAPAN PENDAFTARAN MANDIRI KIP KULIAH 2022

Berikut ini adalah Tahapan Pendaftaran Mandiri KIP Kuliah tahun 2022:
  • Daftar dan login di situs https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/;
  • Isikan biodata pribadi dan keluarga;
  • Isikan data prestasi;
  • Isikan data rencana studi;
  • Selanjutnya pilih seleksi masuk perguruan tinggi;
  • Terakhir, cetak kartu peserta dan formulir pendaftaran.
Sebagai informasi terbaru, Tim Teknis KIP Kuliah Merdeka Kemendikbudristek Dr Sony H Wijaya mengatakan pendaftaran akun siswa KIP Kuliah Merdeka dimulai pada tanggal 2 Februari hingga 31 Oktober 2022.

Pemilihan seleksi di KIP Kuliah baru bisa dilakukan H-1 sampai H-1 buka tutup jalur seleksi nasional.

“Misalnya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tanggal berapa dan tutupnya tanggal berapa. Nah KIP Kuliah buka H-1 sebelum pembukaan SNMPTN dan tutupnya H-1 sebelum penutupan. Ini bertujuan untuk memberikan waktu untuk sinkronisasi sistem KIP Kuliah dan sistem registrasi pendaftaran mahasiswa baru,” tuturnya seperti dikutip dari Antara.

Untuk SNMPTN dibuka tanggal 7 Februari 2022 hingga 17 Maret 2022, untuk SNMPTN pada 13 Februari 2022 hingga 27 Februari 2022, untuk UTBK SBMPTN pada 22 Maret 2022 hingga 14 April 2022.

Sementara itu untuk SBMPTN pada tanggal 5 April 2022 hingga 29 Juni 2022, seleksi mandiri PTN pada 1 Juni 2022 hingga 7 Oktober 2022, dan seleksi mandiri PTS pada 8 Juni 2022 hingga 31 Oktober 2022

Artikel ini Telah Tayang di jurnalsumsel.pikiran-rakyat.com Dengan Judul Cara Daftar KIP Kuliah Mandiri 2022 secara Online, Akses Link Berikut Ini