Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jangan Kaget PKH Rp3 Juta Cair di Maret 2022 Usai Input NIK KTP Kesini, Lapor ke WA Ini Jika Tak Dapat Bansos

Jangan Kaget PKH Rp3 Juta Cair di Maret 2022 Usai Input NIK KTP Kesini, Lapor ke WA Ini Jika Tak Dapat Bansos

Jangan Kaget PKH Rp3 Juta Cair di Maret 2022 Usai Input NIK KTP Kesini, Lapor ke WA Ini Jika Tak Dapat Bansos


Jangan kaget PKH Rp3 juta cair di Maret 2022 usai input NIK KTP kesini, lapor ke WA Kemensos bila tidak dapat bansos dari Pemerintah.

Bansos PKH ataupun Program Keluarga Harapan ialah program Kemensos yang bertujuan untuk menolong warga miskin bebas dari jerat kemiskinan.

Pada PKH 2022, penyaluran bansos ditargetkan bisa diterima oleh 10 juta keluarga penerima manfaat, dengan anggaran sebesar Rp28, 7 triliun.

PKH 2022 cair sebanyak 4 kali dalam setahun, maksudnya pencairan dicoba tiap per 3 bulan. Bansos ini dapat dicairkan melalui kantor pos.

Jika memenuhi persyaratan yang ditetapkan Kemensos, 1 keluarga penerima manfaat dapat mendapatkan bansos PKH sebesar Rp10, 8 juta.

Adapun kriteria penerima bansos PKH, antara lain anak usia dini, siswa SD sampai SMA, penyandang disabilitas, ibu berbadan dua serta lanjut usia.

Berikut rincian bantuan BST PKH:

• Kategori Ibu Berbadan dua/ Nifas: Rp. 3. 000. 000,-

• Kategori Anak Usia Dini 0 s. d. 6 Tahun: Rp. 3. 000. 000,-

• Kategori Pendidikan Anak SD/ Sederajat: Rp. 900. 000,-

• Kategori Pendidikan Anak SMP/ Sederajat: Rp. 1. 500. 000,-

• Kategori Pendidikan Anak SMA/ Sederajat: Rp. 2. 000. 000,-

• Kategori Penyandang Disabilitas berat: Rp. 2. 400. 000,-

• Kategori Lanjut Usia: Rp. 2. 400. 000,-

Asumsi mendapat Rp 10, 8 juta tersebut ialah berasal dari persyaratan dalam 1 keluarga, hanya 4 orang saja yang memperoleh BLT PKH dari Kemensos.

Apabila belum terdaftar selaku penerima Bansos PKH, masyarakat miskin dapat mendaftarkan diri secara online lewat aplikasi Cek Bansos yang diumumkan Kemensos via halaman resminya:

- Unduh aplikasi Cek Bansos di Google Play Store

- Jika belum mempunyai akun, daftar terlebih dahulu membuat user id memakai data diri lengkap seperti KTP, KK serta gambar selfie

- Jika akun selesai dibuat, login kembali ke aplikasi Cek Bansos memakai user id serta password

- Setelah itu akan timbul menu Profil, Cek Bansos, Asumsi Kelayakan, serta Daftar Usulan

- Bila mau daftar dapat klik menu Daftar Usulan

- Daftar calon penerima Bansos PKH dengan mengisikan data diri lengkap, lengkap dengan gambar selfie serta gambar rumah

Uang bantuan bisa diambil oleh Pengurus Keluarga di Kantor Pos terdekat dengan bawa Kartu Peserta PKH serta tidak bisa diwakilkan. Peserta PKH pula dapat mencairkan bantuan lewat rekening bank- bank milik negara( Himbara).

Untuk pencairannya, KPM PKH wajib terdaftar serta hadir pada sarana kesehatan serta pendidikan terdekat. Kewajiban KPM PKH di bidang kesehatan meliputi pengecekan kandungan untuk ibu berbadan dua, pemberian konsumsi gizi serta imunisasi dan timbang tubuh anak bayi serta anak prasekolah.

Demikian penjelasan jangan kaget PKH Rp3 juta cair di Maret 2022 usai input NIK KTP kesini, lapor ke WA Kemensos bila tidak dapat bansos dari Pemerintah.***

Artikel ini telah tayang di beritadiy.pikiran-rakyat.com dengan judul “Jangan Kaget PKH Rp3 Juta Cair di Maret 2022 Usai Input NIK KTP Kesini, Lapor ke WA Ini Jika Tak Dapat Bansos