Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Download Lengkap Juknis PIP Madrasah Tahun 2022

Juknis PIP Madrasah Tahun 2022Kementerian Agama Republik Indonesia Melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, telah mengeluarkan Petunjuk Teknis Juknis Pelaksanaan Program Indonesia Pintar PIP Untuk Siswa Madrasah Tahun Anggaran 2O22.

Program Indonesia Pintar (PIP) perlu dilaksanakan sebagai bagian dari program prioritas Pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan dan pemerataan akses pendidikan.

Juknis PIP untuk siswa madrasah tahun 2O22 ini sekaligus untuk melaksanakan Keputusan Menteri Agama Nomor 14 Tahun 2O15 Tentang Pedoman Program Indonesia Pintar Pada Kementerian Agama sebagaimana telah diubah dengan Keputusan Menteri Agama Nomor Nomor 258 Tahun 2O15 Tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Agama.

Petunjuk Teknis ini merupakan panduan bagi para pemangku kepentingan terkait pengelolaan dana Bantuan Sosial Program Indonesia Pintar untuk Siswa Madrasah Tahun Anggaran 2O22.
rogram Indonesia Pintar (PIP) perlu dilaksanakan sebagai bagian dari program prioritas Pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan dan pemerataan akses pendidikan


MAKSUD DAN TUJUAN PROGRAM INDONESIA PINTAR

1. Maksud

Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program Indonesia Pintar Untuk Siswa Madrasah Tahun Anggaran 2O22 dimaksudkan sebagai panduan bagi para pihak baik di pusat dan daerah yang terlibat dalam pelaksanaan Program Indonesia Pintar untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara benar dan terarah.

2. Tujuan

Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program Indonesia Pintar Untuk Siswa Madrasah Tahun Anggaran 2O22 bertujuan sebagai berikut.
  • Meningkatkan akuntabilitas dan transparansi penyaluran dana bantuan sosial Program Indonesia Pintar untuk Siswa Madrasah Tahun Anggaran 2O21.
  • Memperlancar proses pelaksanaan program Indonesia Pintar Untuk Siswa Madrasah agar lebih tepat prosedur, tepat waktu, dan tepat sasaran.
RUANG LINGKUP PROGRAM INDONESIA PINTAR

Ruang Lingkup Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program Indonesia Pintar Untuk Siswa Madrasah Tahun Anggaran 2O22 memuat persyaratan penerima bantuan, mekanisme pencairan dana bantuan, tata kelola dana bantuan, pelaporan, pertanggungjawaban, dan monitoring.

PELAKSANAAN PROGRAM INDONESIA PINTAR

Program Indonesia Pintar dilaksanakan oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI dengan melibatkan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi; Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota; Madrasah, Lembaga Penyalur dan Instansi terkait lainnya.

TUJUAN PIP MADRASAH

Program Indonesia Pintar bertujuan sebagai berikut.
  1. Meningkatkan angka partisipasi pendidikan dasar dan menengah.
  2. Meningkatkan angka keberlanjutan pendidikan yang ditandai dengan menurunnya angka putus sekolah dan angka melanjutkan.
  3. Menurunnya kesenjangan partisipasi pendikan antar kelompok masyarakat, terutama antara penduduk kaya dan penduduk miskin, antara penduduk laki-laki dan penduduk perempuan, antara wilayah perkotaan dan pedesaan dan antar daerah.
  4. Meningkatkan kesiapan siswa pendidikan menengah untuk memasuki pasar kerja atau melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.
NILAI DANA BANTUAN SOSIAL PROGRAM INDONESIA PINTAR

Peserta didik menerima dana bantuan sosial Program Indonesia Pintar sebanyak 1(satu) kali dalam1(satu) tahun anggaran, dengan rinciansebagai berikut.

1. Madrasah Ibtidaiyah (MI)
  • Peserta didik Kelas I, II, III, IV dan V semester genap tahun pelajaran 2O21/2O22 diberikan dana sebesar Rp 45O.OOO,OO untuk dua semester yaitu semester genap tahun pelajaran 2O21/2O22 dan semester ganjil tahun pelajaran 2O22/2O23.
  • Peserta didik Kelas VI semester genap tahun pelajaran 2O21/2O22 diberikan dana untuk satu semester sebesar Rp 225.OOO,OO.
  • Peserta didik Kelas I semester ganjil tahun pelajaran 2O22/2O23 diberikan dana untuk satu semester sebesar Rp 225.OOO,OO.
  • Peserta didik kelas II, III, IV, V, dan VI yang memenuhi persyaratan, tetapi belum menerima pada semester genap tahun pelajaran 2O21/2O22 diberikan dana pada semester ganjil tahun pelajaran 2O22/2O23 diberikan dana sebesar Rp 45O.OOO,OO.
2. Madrasah Tsanawiyah (MTs)
  • Peserta didik Kelas VII dan VIII semester genap tahun pelajaran 2O21/2O22 diberikan dana sebesar Rp 75O.OOO,OO untuk dua semester yaitu semester genap tahun pelajaran 2O21/2O22 dan semester ganjil tahun pelajaran 2O22/2O23.
  • Peserta didik Kelas IX semester genap tahun pelajaran 2O21/2O22 diberikan dana untuk satu semester sebesar Rp 375.OOO,OO.
  • Peserta didik Kelas VII semester ganjil tahun pelajaran 2O22/2O23 diberikan dana untuk satu semester sebesar Rp 375.OOO,OO.
  • Peserta didik kelas VIII dan IX yang memenuhi persyaratan, tetapi belum menerima pada semester genap tahun pelajaran 2O21/2O22 diberikan dana pada semester ganjil tahun pelajaran 2O22/2O23 diberikan dana sebesar Rp 75O.OOO,OO.
3. Madrasah Aliyah (MA)
  • Peserta didik Kelas X dan XI diberikan dana sebesar Rp 1.OOO.OOO,OO untuk dua semester yaitu semester genap tahun pelajaran 2O21/2O22 dan semester ganjil tahun pelajaran 2O22/2O23.
  • Peserta didik Kelas XII semester genap tahun pelajaran 2O21/2O22 diberikan dana untuk satu semester sebesar Rp 5OO.OOO,OO.
  • Peserta didik Kelas X semester ganjil tahun pelajaran 2O22/2O23 diberikan dana untuk satu semester sebesar Rp 5OO.OOO,OO.
  • Peserta didik kelas XI dan XII yang memenuhi persyaratan, tetapi belum menerima pada semester genap tahun pelajaran 2O21/2O22 diberikan dana pada semester ganjil tahun pelajaran 2O22/2O23 sebesar Rp 1.OOO.OOO,OO.
BENTUK BANTUAN SOSIAL PROGRAM INDONESIA PINTAR

Bantuan Sosial Program Indonesia Pintar Tahun Anggaran 2O21 berupa uang yang disalurkan secara non tunai oleh bank penyalur melalui rekening penerima sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan penerima bantuan akan mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang terintegrasi dengan Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Demikianlah penjelasan tentang Petunjuk Teknis Bantuan Sosial Program Indonesia Pintar Tahun Anggaran 2O22. Semoga bermanfaat

Bagi Bapak/ibu yang membutuhkan file download Petunjuk Teknis Juknis PIP Madrasah Tahun 2O22. DOWNLOAD DISINI