Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Syarat Masuk PIP Semarang Tahun 2022

Syarat Masuk PIP Semarang. PIP Semarang atau Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang adalah Pendidikan Tinggi Negeri Milik Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan telah masuk White List di International Maritime Organization tahun 2OOO. Sehingga, tidak heran jika biaya pendaftarannya tidak bisa dibilang murah.

PIP Semarang menjalankan tugas dalam rangka untuk mendidik dan melatih generasi muda lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) di bidang pelayaran dan pelabuhan untuk menjadi Perwira Pelayaran Besar. Selain daripada itu, PIP Semarang mendidik siswanya untuk menjadi Tenaga Ahli Angkutan Laut/Kepelabuhanan guna memenuhi kebutuhan armada angkutan laut nasional maupun internasional.

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP Semarang) yang sebelumnya bernama BPLP sejak tahun akademik 1995/1996 membuka program diklat kepelautan dan kepelabuhanan Diploma IV. Sebagai referensi bagi Anda yang ingin mendaftarkan diri di PIP Semarang, Anda bisa melihat informasi berikut.
https://www.juragandesa.net/2022/03/syarat-masuk-pip-semarang.html

Syarat Pendaftaran PIP Semarang

Adapun Syarat Pendaftaran PIP Semarang adalah sebagai berikut:
  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Usia minimal 16 tahun dan maksimal 23 tahun, khusus untuk D-III LLU minimal 18 tahun; D-IV LLU minimal 17 tahun.
  • Tinggi badan minimal pria 16O cm dan wanita 155 cm, khusus untuk Program studi D-III PKP minimal 165 cm; Program studi D-IV Penerbang pria minimal 165 cm dan wanita minimal 163 cm; Program studi D-III OBU pria minimal 165 cm, dan wanita minimal 16O cm.
  • Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS serta bebas narkoba.
  • Calon Taruna tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat.
  • Calon Taruni tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 pasang (telinga kiri dan kanan).
  • Ketajaman penglihatan normal dan tidak ada kelainan buta warna baik parsial maupun total.
  • Tidak sedang menjalani dan terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan.
  • Belum pernah diberhentikan sebagai Taruna/Taruni di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan dan Perguruan Tinggi lainnya dengan tidak hormat.
  • Bersedia diberhentikan dengan tidak hormat jika melakukan tindakan kriminal antara lain mengkonsumsi dan atau menjual-belikan narkoba, melakukan tindak kekerasan (perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, perundungan dll), melakukan tindakan asusila, atau penyimpangan seksual.
  • Dinyatakan gugur apabila terbukti melakukan pemalsuan identitas/dokumen.
  • Bersedia menandatangani Surat Pernyataan Calon Taruna/Taruni (bermaterai Rp6.OOO).
  • Memiliki Surat Elektronik/e-mail yang masih aktif.
  • Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) Calon Taruna/Taruni Pola Pembibitan: a. Untuk lulusan dua tahun sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 7,O (skala penilaian 1-1O) I 7O,OO (skala penilaian 1O-1OO) / 2,8 (skala penilaian 1-4); atau b. Untuk Calon lulusan tahun yang lebih baru, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen Pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 7,O (skala penilaian 1-1O) / 7O,OO (skala penilaian 1O-1OO) I 2,8 (skala penilaian l-41, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki nilai rata-rata ujian tertulis pada ijazah tidak kurang dari 7,O (skala penilaian 1-1O) / 7O,OO (Skala penilaian 1O-1OO) / 2,8 (skala penilaian 1-4).
Tata Cara Pendaftaran PIP Semarang

Adapun Tata Cara Pendaftaran PIP Semarang adalah sebagai berikut:
  • Calon Taruna/Taruni wajib melakukan registrasi (login) pendaftaran melalui //sipencatar.dephub.go.id.
  • Calon Taruna/Taruni wajib melengkapi data diri pada formulir yang telah disediakan.
  • Calon Taruna/Taruni melakukan pembayaran setelah mendapatkan notifikasi melalui email Calon Taruna/Taruni yang telah didaftarkan sebelumnya dan mengunggah (upload) bukti pembayaran.
  • Calon Taruna/Taruni mengisi data pada formulir yang tersedia dan mengunggah (upload) dokumen pendukung dalam bentuk softcopy, terdiri atas: Akta Kelahiran (format file JPEG/JPG/PNG maks 5OO kB); Pas Foto terbaru berlatar belakang merah, menghadap ke depan ukuran 4 x 6 cm (ukuran 4OO x 6OO pixel dengan besaran min 3OO KB dan maks 5OO KB, format jpg); KTP dan KK Calon Taruna/Taruni yang berusia di atas 17 tahun, bagi yang belum memiliki KTP menggunakan Surat Keterangan Kependudukan/resi permintaan pembuatan KTP. Khusus Calon Taruna/Taruni yang berusia di bawah 17 tahun menggunakan Kartu Keluarga (KK) (format file JPEG/JPG/PNG maks 5OO KB); Ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat (format file JPEG/JPG/PNG maks 5OO KB); Surat Keterangan lulus dari Kepala Sekolah atau pejabat berwenang, bagi Taruna/Taruni SMA/SMK/MA kelas 3 (kelas XII) (format file JPEG/JPG/PNG maks 5OO KB); Surat Keterangan dari Kepala Sekolah atau Pejabat berwenang yang menyatakan program keahlian dan kompetensi keahlian lulusan SMK sesuai dengan konversi Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan (PMK) Tahun 2O16 (SK Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Nomor: 4678/D/KEP/MK/2O16) (format file JPEG/JPG/PNG maks 5OO KB); Surat Keterangan belum pernah menikah yang ditandatangani oleh Lurah/Kepala Desa sesuai domisili (asli) (bukan surat yang ditandatangani oleh pelamar, ketua RT, ketua RW atau orang tua) (format file JPEG/JPG/PNG maks 5OO KB); Surat Pernyataan Calon Taruna/Taruni (dapat diunduh di //sipencatar.dephub.go.id/template) (format file JPEG/JPG/PNG maks 5OO KB).
  • Unggah (upload) berkas dan bukti pembayaran TPA (setelah dinyatakan lulus verifikasi berkas).
  • Panduan pendaftaran dan ketentuan pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada sipencatar.dephub.go.id.
TAHAPAN DAN JENIS SELEKSI PIP SEMARANG

Berikut ini merupakan Tahapan dan Jenis Seleksi PIP Semarang:
  • Setiap tahapan seleksi menggunakan sistem gugur.
  • Biaya seleksi setiap tahapan menjadi tanggungan Calon Taruna/Taruni.
  • Tata cara pembayaran seleksi dikirimkan kepada Calon Taruna/Taruni melalui email yang bersangkutan sesuai dengan tahapan seleksi.
  • Besaran biaya seleksi ditetapkan oleh masing-masing sekolah kedinasan sesuai dengan Peraturan Perundangan.
Demikianlah informasi terbaru tentang Syarat Masuk PIP Semarang. Semoga bermanfaat. Salam juragandesa.net