Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanpa Terdaftar BLT Banpres BPUM UMKM, Pelaku Usaha Dapat Rp 2,7 juta Melalui BLT PKH 2022 Cair Bulan Maret

Tanpa Terdaftar BLT Banpres BPUM UMKM, Pelaku Usaha Dapat Rp 2,7 juta Melalui BLT PKH 2022 Cair Bulan Maret

                            Tanpa Terdaftar BLT Banpres BPUM UMKM, Pelaku Usaha Dapat Rp 2,7 juta Melalui BLT PKH 2022 Cair Bulan Maret

Tanpa tercatat sebagai penerima Banpres BPUM UMKM, pelaku usaha dapat memperoleh BLT yang lain. BLT Bansos PKH tahun 2022 masih cair hingga bulan Maret. BLT Banpres BPUM merupakan program pemerintah yang dijalankan oleh Kementerian Koperasi serta UKM. BLT ini dijalankan pertama kali pada tahun 2020.

Program BLT Banpres BPUM ialah bagian dari program strategi pemulihan ekonomi nasional. BLT Banpres BPUM membantu pelaku usaha mikro serta bertahan di tengah pandemi. Pada tahun 2020, BLT Banpres BPUM buat UMKM diberikan sebesar Rp 2, 4 juta. Sedangkan pada tahun 2021 jumlah bantuan berkurang jadi Rp 1, 2 juta.

Bantuan tersebut berupa dana hibah yang diberikan kepada pelaku usaha. Bukan bantuan kredit ataupun kredit dari pemerintah. Untuk mendaftarkan diri sebagai penerima manfaat Banpres cukup mudah.


Berikut persyaratan untuk jadi penerima Banpres BPUM UMKM:
  1. Masyarakat Negeri Indonesia
  2. Memiliki KTP elektronik
  3. Memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan adanya surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM
  4. Bukan aparatur negara( Polri, PNS, TNI, ataupun pegawai BUMN/ BUMD)
  5. Tidak lagi menerima kredit usaha rakyat ataupun KUR.

Daftar BLT PKH Anak Sekolah, Balita, sampai Lanjut usia di Link cekbansos. kemensos. go. id Namun pemerintah belum memberikan penjelasan resmi terkait kelanjutan program ini. Kemenkop UKM terakhir memberikan pengumuman pengadaan program Banpres BPUM UMKM pada tahun 2021.

Untuk pelaku usaha yang masih memerlukan bantuan sosial untuk menopang UMKM. Masih bisa mengajukan sebagai penerima manfaat lewat program BLT bansos PKH tahun 2022. Untuk menjadi penerima manfaat bansos PKH, Kemensos mengkategorikan penerima manfaat dalam beberapa kelompok. 

Berikut merupakan kategori lengkap penerima khasiat bansos PKH tahun 2022:
  1. Ibu hamil/ nifas mendapatkan Rp 3 juta, tiap tahap cair Rp 750 ribu
  2. Anak umur dini( 0- 6 tahun) mendapatkan Rp 3 juta, tiap tahap cair Rp 750 ribu
  3. Siswa SD/ sederajat mendapatkan Rp 900 ribu, tiap tahap cair Rp 225 ribu
  4. Siswa SMP/ sederajat mendapatkan Rp 1, 5 juta, tiap tahap cair Rp 375 ribu
  5. Siswa SMA/ sederajat mendapatkan Rp 2 juta, tiap tahap cair Rp 500 ribu
  6. Lanjut usia mendapatkan Rp 2, 4 juta, tiap tahap cair Rp 600 ribu
  7. Penyandang disabilitas berat Rp 2, 4 juta, tiap tahap cair Rp 600 ribu.

Perlu diketahui, bansos PKH diperuntukkan untuk kalangan miskin serta berada dalam ambang kemiskinan serta masuk daftar DTKS Kemensos. Pemilik usaha UMKM dapat mengajukan diri ke kantor kelurahan setempat.

Perhitungan tersebut berdasarkan acuan dari peraturan Kemensos yang melaporkan kalau tiap KK bisa mendaftarkan 4 jenis. Itu cuma berlaku apabila pelaku usaha ataupun istri yang lagi hamil/ nifas, mempunyai anak balita, di dalam KK ada lanjut usia serta penyandang disabilitas berat.

Demikian data mengenai BLT yang bisa dicairkan oleh pelaku usaha mikro. Pelaku usaha UMKM bisa mengajukan diri serta keluarga selaku penerima manfaat BLT bansos PKH 2022 dapat Rp 2, 7 juta masih cair bulan Maret tanpa terdaftar BLT Banpres BPUM UMKM.***

Artikel ini telah tayang di https://beritadiy.pikiran-rakyat.com/ dengan judul “Tanpa Terdaftar BLT Banpres BPUM UMKM, Pelaku Usaha Dapat Rp 2,7 juta Melalui BLT PKH 2022 Cair Bulan Maret