Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Usaha yang Tidak Menyita Waktu, Sangat Cocok bagi Orang Sibuk

Jika Anda adalah orang yang sangat sibuk tetapi ingin memulai bisnis, Anda perlu mendirikan bisnis yang tidak memakan waktu lama.

Misalnya, Anda memiliki pekerjaan utama tetapi ingin menambah penghasilan sampingan untuk masa pensiun. Anda juga bisa sibuk dengan pendidikan sekolah atau perguruan tinggi tetapi ingin segera memulai bisnis.

Dalam situasi lain, Anda adalah seorang ibu rumah tangga yang sibuk dengan aktivitas sehari-hari. Ketika Anda memiliki aktivitas besar yang tidak dapat Anda ikuti, tetapi Anda ingin meningkatkan pendapatan Anda, Anda perlu memulai bisnis yang tidak menyita waktu Anda.
https://www.juragandesa.net/2022/03/usaha-yang-tidak-menyita-waktu-sangat.html

BISNIS YANG TIDAK MEMBUTUHKAN WAKTU

Banyak orang mengatakan bahwa membangun bisnis membutuhkan komitmen waktu yang paling besar. Namun, sebenarnya Anda bisa membangun bisnis secara perlahan, apalagi jika tujuan bisnis Anda tidak terlalu mendesak.

Untuk orang sibuk, berikut adalah beberapa ide bisnis yang tidak akan menyita waktu Anda:

1. Layanan sewa

Bagi yang memiliki aset berharga untuk dilisensikan, Anda bisa membuka jasa rental. Misalnya, jika Anda memiliki aset kendaraan seperti mobil dan motor, Anda bisa menggunakan keduanya sebagai modal untuk memberikan jasa sewa.

Selain kendaraan, Anda juga bisa menyewakan rumah atau kamar kosong Anda sebagai tempat mendaftar Airbnb, dll. Jika Anda memiliki berbagai barang bermerek, Anda juga dapat menyewakannya.

Menyewa layanan bisa menjadi bisnis yang memakan waktu. Anda tetap bisa melakukan aktivitas utama dengan tenang.

2. Buat merek Anda sendiri

Konsep bisnis private label adalah pemilik bisnis tidak memproduksi sendiri produknya. Anda menyewa jasa perusahaan lain untuk memproduksi produk yang Anda inginkan, dan kemudian menanamkan merek Anda ke dalam produk tersebut.

Ini tentu saja pekerjaan yang memakan waktu. Anda tidak perlu khawatir untuk membeli bahan baku dan cara membuatnya.

Anda hanya perlu mengurus pemasaran dan penjualan. Anda juga bisa melakukan ini secara online dengan melakukan pemasaran di media sosial dan berjualan di situs e-commerce.

Semua aktivitas ini bisa Anda lakukan sambil duduk. Aktivitas utama Anda tidak terganggu oleh kesibukan sampingan Anda ini.

3. Berikan 

Kemampuan yang tampak sepele dalam menggunakan software PowerPoint sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan. Jika Anda seorang pekerja kantoran yang terbiasa membuat presentasi untuk rapat, ini mungkin kesempatan Anda.

Tetap singkat, padat, dan menarik untuk tujuan presentasi. Anda juga dapat membuat bagan berdasarkan data yang tersedia.

Jadi siapa yang akan menjadi pelanggan Anda? Ada banyak hal yang perlu dilakukan di luar tetapi tidak tahu bagaimana melakukannya.

Anda dapat melayani mahasiswa yang ingin mengikuti ujian disertasi, tesis atau tesis. Anda juga bisa memberikan layanan kepada guru agar bisa memberikan materi ajar yang menarik.

Jika Anda masih tidak punya waktu untuk mengolah data menjadi presentasi, Anda bisa membuat template presentasi. Anda bisa menjual template ini di marketplace khusus produk digital.

4. Jual produk digital

Berbicara tentang produk digital, ada banyak produk digital sederhana yang dapat dibuat tanpa menghabiskan banyak waktu. Produk digital yang terlibat dalam kasus tersebut berupa berbagai template website, grafik, desain, foto, klip video, katalog, dll.

Membuat produk digital bisa dilakukan di waktu senggang karena bisnis ini tidak berbasis melayani pelanggan. Oleh karena itu, Anda tidak tunduk pada batasan waktu pemrosesan.

Seperti halnya template presentasi, Anda dapat menjual produk digital di berbagai pasar khusus. Anda hanya perlu mencocokkan keahlian dan minat Anda agar sesuai dengan produk digital yang ingin Anda buat.

5. Membuat video tutorial

Jika Anda memiliki keahlian di suatu bidang, Anda bisa mulai membuat video tutorial. Buat materi tutorial berlapis dari pemula hingga ahli.

Anda dapat mengunggah video tutorial Anda di YouTube dan mendapatkan uang dari iklan. Namun, Anda juga dapat membuat situs web sendiri untuk menjual kursus online dengan tutorial video.

Membangun bisnis ini memang membutuhkan investasi waktu sejak awal. Namun setelah video tutorialnya selesai, Anda tinggal menuai hasilnya.

6. Fotografer Pernikahan

Menjadi fotografer pernikahan bisa menjadi pekerjaan yang memakan waktu jika Anda memiliki keterampilan fotografi. Waktu Anda terbuang sia-sia, tetapi hanya di akhir pekan.

Resepsi pernikahan biasanya diadakan pada akhir pekan agar semua tamu dapat hadir pada saat hari raya. Aktivitas harian Anda dari Senin hingga Jumat tidak akan terganggu oleh upaya Anda.

7. Perencana Perjalanan

Ini tidak sama dengan menjalankan bisnis biro perjalanan dan pemandu wisata, yang jelas memakan waktu. Ketika Anda menjadi seorang perencana perjalanan, yang perlu Anda lakukan hanyalah merencanakan.

Tentunya jika Anda sudah pernah ke banyak tempat, baik dalam maupun luar negeri, hal tersebut sangat bermanfaat bagi Anda. Anda bisa menjadi perencana perjalanan yang andal.

Merencanakan liburan yang menyenangkan bisa menjadi tugas yang menakutkan bagi seseorang yang tidak memiliki pengalaman perjalanan. Di sini, peran Anda adalah membantu mereka merencanakan liburan impian mereka.

Anda dapat mulai membuat rencana perjalanan pelanggan. Kemudian, tawarkan saran tentang penerbangan termurah, hotel, dan akomodasi lainnya. Anda juga dapat menggabungkan bisnis ini dengan membuat saluran YouTube dan membuat blog perjalanan.

Ini adalah beberapa ide bisnis yang tidak memakan waktu. Semoga menginspirasi!