Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek Bansos PBI 2022 di cekbansos.kemensos.go.id, Dapatkan Bantuan BPJS

Berikut rangkuman cara cek Bansos PBI 2022 di Cekbansos.kemensos.go.id untuk bantuan BPJS kesehatan dalam 3 kategori tersebut.

Penyaluran Bansos PBI 2022 tetap disalurkan oleh pemerintah kepada peserta BPJS kesehatan yang terbagi dalam 3 kategori yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Peserta BPJS Kesehatan mendatang dapat login ke Cekbansos.kemensos.go.id untuk mengetahui apakah mereka telah menjadi penerima Bansos PBI 2022 jika sesuai dengan kategori yang bersangkutan.


Skema bansos PBI 2022 sebenarnya sudah resmi terbentuk, dan proses pencairannya harus sesuai dengan peraturan pemerintah dan disalurkan kepada masyarakat agar mereka bisa menjadi penerima manfaat.

Pembayaran sudah dimulai sejak Maret 2022 dalam bentuk bantuan jaminan kesehatan senilai Rp42.000.

Seperti yang dikutip Mindrakyat-Depok.com dari website JKN Kemenkes dan cek bansos Kemensos, berikut cara cek skema bansos PBI 2022, dapatkan bantuan khusus penerima kategori 3 dengan login ke checkbansos.kemensos.go.id.

Cara Melihat Bantuan Sosial PBI 2022:
  1. Untuk tahap pertama, kunjungi website Cekbansos.kemensos.go.id untuk melihat Bantuan Sosial PBI 2022.
  2. Setelah login ke website, mengisi Formulir Pencarian Data Penerima Bantuan Sosial PBI 2022.
  3. Kemudian isi data provinsi tempat tinggal anda sesuai KTP anda.
  4. Isi kolom Kabupaten atau Kota berdasarkan KTP.
  5. Isi jalan yang tertera pada KTP.
  6. Setelah mengisi Formulir Pertanyaan Bantuan Sosial PBI 2022, Anda dapat mengisi nama lengkap penerima bansos sesuai KTP Anda.
  7. Kemudian, pada tahap akhir, ikuti petunjuk di website untuk menulis kode OTP.
  8. Kemudian pastikan form sudah lengkap dan klik menu Search Data. Kemudian, jika data Anda sudah terdaftar sebagai penerima, data Anda akan langsung muncul untuk akses Dana Bantuan Sosial PBI 2022.
Berikut 3 kategori penerima bansos PBI tahun 2022:
  1. Masyarakat miskin.
  2. Orang kehilangan pendapatan atau ekonomi tingkat rendah dan menengah.
  3. Peserta yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.
Penyaluran bansos PBI 2022 secara resmi tercatat dalam UU SJSN, dimana pemerintah wajib membayar iuran jaminan kesehatan ini kepada peserta BPJS Kesehatan.

Namun, untuk dapat membayar bansos PBI 2022, peserta BPJS Kesehatan harus terlebih dahulu melakukan registrasi DTKS (Data Kesejahteraan Sosial Komprehensif) baik secara online maupun offline.

Nah, bagaimana cara cek Bansos PBI 2022 dengan login ke Cekbansos.kemensos.go.id untuk mendapatkan bantuan BPJS kesehatan. **

Artikel ini sudah tayang di depok.pikiran-rakyat.com Dengan judul artikel” Cara Cek Bansos PBI 2022 di cekbansos.kemensos.go.id, Dapatkan Bantuan BPJS Kesehatan untuk 3 Kategori Ini”