Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 5 Bansos Yang Cair April 2022, BLT PKH Hingga BLT Minyak Goreng.

Inilah 5 Bansos Yang Cair April 2022, BLT PKH Hingga BLT Minyak Goreng.

Pandemi Covid-19 memang telah mereda, namun Indonesia menghadapi ancaman baru. Pemerintah telah merealokasi bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat. Simak daftar bansos yang akan disalurkan pada April 2022.

Kementerian Sosial (Kemensos) akan menyalurkan 300.000 bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng kepada masyarakat pada April 2022. Penyaluran BLT minyak goreng ini akan digabung dengan penyaluran bantuan sosial lainnya, yaitu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

"Bansos gelombang pertama akan didistribusikan pada awal April. April dan Mei ditarik hingga 21 April, sembako BPNT juga akan digabungkan dengan minyak goreng BLT termasuk PKH, ritmenya begitu," Sekjen Kementerian Sosial, Harry Hikmat, menjelaskan pada Rakornas, Selasa (4 Mei), realisasi hak-hak penyandang disabilitas. /2022).

Sebelumnya, Presiden Jokowi menginformasikan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan minyak goreng senilai Rp100.000 per bulan. Bantuan akan diberikan sekaligus selama 3 bulan, dengan pembayaran sekaligus pada bulan ini.

https://www.juragandesa.net/2022/04/inilah-5-bansos-yang-cair-april-2022.html


Inilah 5 Bansos Yang Cair April 2022, BLT PKH Hingga BLT Minyak Goreng.

Pemerintah akan memberikan bantuan selama 3 bulan masing-masing pada bulan April, Mei dan Juni, dengan uang muka sebesar Rp 300.000 pada April 2022.

Berikut daftar bansos yang akan disalurkan pada April 2022

1. Program Keluarga Harapan

Melalui Kementerian Sosial, pemerintah tetap memberikan bantuan sosial berupa Program Keluarga Harapan (PKH) yang bertujuan untuk melayani masyarakat miskin yang terdaftar dalam Data Komprehensif Kesejahteraan Sosial atau (DTKS). Penerima bansos PKH akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 200.000 per bulan atau Rp 600 setiap tiga bulan.

Dikutip dari laman Ministry.go.id, untuk mendapatkan fasilitas bansos PKH harus terlebih dahulu terdaftar di daftar DTKS.

Masyarakat dapat mendaftarkan dan mengajukan nama desa atau jalan unit perumahan setempat dengan cara:

• Membawa beberapa identitas berupa KTP dan KK

• Kader desa memverifikasi tingkat kelayakan bantuan sosial

• Kader desa mengajukan permohonan tertulis ke dinas sosial/segera

• Dinas/instansi sosial menyiapkan data dan menghasilkan BAST

• Aplikasi untuk menandatangani BAST dan menerima data

• Hasil data penggunaan perangkat daerah dilaporkan kepada Menteri

Setelah itu, Anda hanya dapat mendaftar ke DTKS Departemen Sosial secara online dengan mempersiapkan hal-hal berikut:

Siapkan KTP dan KK. Download aplikasi Cek Bansos di Play Store atau kunjungi laman https://cekbansos.siks.kemsos.go.id

Pemerintah menganggarkan Rp28,7 triliun untuk pelaksanaan program bansos PKH dengan target 10 juta penerima bansos dengan sasaran:

• Rp3 juta untuk ibu hamil dan anak usia 0-6

• Usia SD Rp900 ribu

• Rp 1,5 juta untuk anak usia sekolah menengah

• Rp 2 juta untuk anak usia SMA

• Rp 2,4 juta untuk penyandang disabilitas berat

• Rp 2,4 juta untuk lansia di atas 70 tahun.

2. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Program bantuan sosial berupa bantuan pangan non tunai (BPNT) atau kartu sembako akan kembali disalurkan pada April 2022.

Mekanisme penyaluran bantuan ini adalah satu kali pembayaran penuh selama 3 bulan ke depan. Lampirkan rincian penerimaan bansos Rp 200.000 per bulan sehingga penerima akan menerima nominal bansos Rp 600.000 sekaligus.

Bantuan sosial ini akan diberikan kepada 18,8 juta rumah tangga yang namanya tercatat di portal Data Komprehensif Kesejahteraan Sosial (DTKS). Pemerintah menggelontorkan uang ke dalam rupiah Indonesia. 45,12 triliun untuk bantuan sosial semacam ini.

Teman-teman yang ingin mendaftar sebagai penerima manfaat 2022 bisa mengunjungi website resmi dtks.kemensos.go.id. Setelah mencantumkan nama Anda di portal DTKS, Anda dapat mengajukan proposal Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dengan cara:

• Download aplikasi Cek Bansos di Play Store atau kunjungi halaman https://cekbansos.siks.kemsos.go.id/

• Jika Anda belum memiliki akun, pilih menu Buat Akun Baru

• Setelah aktivasi, masuk ke akun Anda

• Pilih menu Daftar Saran. Pemilik akun dapat mendaftar untuk dirinya sendiri, keluarganya atau komunitas lain atau orang miskin lainnya

• Isi data berdasarkan data kependudukan (KTP dan KK)

• Pada menu Pilih Jenis Bansos, jika NIK sudah terdaftar di DTK, dapat mengisi

• Selesai

3. Kartu Prakerja Gelombang 25

Pemerintah telah mengaktifkan kembali skema kartu pra-kerja, yang bertujuan untuk memberikan bantuan semi-sosial pada tahun 2022.

Kampanye ini diluncurkan kembali mengingat antusiasme dan dampak positif yang dirasakan masyarakat secara langsung. Program ini juga dinilai sukses sepanjang tahun 2021.

Pendaftaran Kartu Prakerja ke-25 dibuka mulai 29 Maret 2022 dan ditutup 3 April 2022. Peserta yang lolos nantinya akan mendapatkan BLT senilai Rp 2,55 juta yang akan dibayarkan langsung ke rekening.

Lebih lengkapnya, berikut cara cek hasil seleksi kartu prakerja ke-25.

• Login ke prakerja.go.id

• Masuk ke akun Kartu Prakerja Anda dengan email dan kata sandi terdaftar Anda

• Periksa dasbor akun Kartu Prakerja

• Jika lulus, pendaftar perlu menonton tiga video tentang kartu prakerja untuk melihat nomor kartu prakerja sebelum mendapatkan bantuan sosial kartu prakerja ke-25.

4. Minyak Goreng BLT

BLT minyak goreng ini tersedia untuk 20,5 juta rumah tangga yang terdaftar dalam daftar penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Rumah Harapan (PKH), serta 2,5 juta pedagang kaki lima yang menjual gorengan.

Mereka yang memenuhi syarat dan memenuhi syarat akan mendapatkan dana bantuan minyak goreng untuk 3 bulan ke depan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Diantaranya, proses pembayaran BLT akan langsung prabayar Rp 300.000 di bulan April.

5. Bantuan Subsidi Upah (BSU)

Pemerintah masih berencana memberikan bantuan subsidi upah (BSU) kepada semua pekerja yang berpenghasilan di bawah Rp 3,5 juta per bulan. Kali ini pemerintah siap mengalokasikan BSU untuk 8,8 juta tenaga kerja dengan total anggaran Rp 8,8 triliun.

Menurut Sekretaris Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) Anwar Sanusi, program BSU terbaru dijadwalkan akan dilikuidasi pada April 2022.

Pemerintah diketahui menawarkan program bantuan subsidi upah kepada pekerja terdampak Covid-19 yang upahnya di bawah Rp 5 juta, padahal besaran bantuan yang diterima Rp 600.000.

Anwar Sanusi memastikan program BSU akan berlanjut pada 2022. Bahkan, pemerintah juga telah memperluas jumlah penerima bantuan subsidi upah dan menambah jumlah bantuan yang diberikan.

Artikel ini telah tayang di ekonomi.bisnis.com dengan judul “Daftar Bansos yang Cair April 2022: BLT Minyak Goreng hingga BSU