Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Cara Mengajukan KUR BNI 2022 yang Bisa Cairkan Modal Usaha hingga Rp50 Juta

Lengkap, inilah cara mengajukan KUR BNI 2022 yang bisa anda simak untuk cairkan modal usaha hingga Rp50 juta.

KUR BNI 2022 bisa dijangkau dengan mudah oleh masyarakat, khususnya untuk UMKM yang sedang membutuhkan modal usaha.

Dengan mengajukan KUR BNI anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha hingga Rp50 juta untuk mengembangkan usaha anda.


Kesempatan dari KUR BNI ini tentu sangat bermanfaat bagi para UMKM terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini.

Agar KUR BNI bersedia meminjamkan modal usaha tersebut, para UMKM harus menyimak artikel ini karena ada informasi penting mengenai syarat serta cara pengajuan KUR BNI 2022 yang lengkap.

KUR BNI sendiri dibuat dengan tujuan untuk membantu usaha produktif di sektor usaha pertanian, perikanan, industri pengolahan, perdagangan serta jasa-jasa yang diatur dalam ketentuan pemerintah terkait KUR Mikro.

Dari tujuan tersebut tentu KUR BNI menjadi pilihan yang sangat cocok dipilih para UMKM untuk mengembangkan usaha yang sedang dirintis.

Bagi nasabah yang sudah berusia 21 tahun atau dibawah itu tapi sudah menikah, bisa langsung mendaftar Kredit Usaha Rakyat di Bank BNI untuk mendapatkan pinjaman modal tersebut sebagai tambahan modal usaha anda.

Untuk cara pengajuannya, KUR BNI memiliki langkah pengajuan yang bisa anda ikuti, cukup menggunakan smartphone yang anda miliki lalu ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Masuk ke laman eform.bni.co.id.
  2. Anda akan diminta memilih “Apakah sudah menjadi nasabah BNI”, pilih “Sudah” jika telah memiliki nomor rekening BNI, dan “Belum” jika tidak mempunyai rekening BNI.
  3. Kemudian anda diminta membaca syarat dan ketentuan KUR, lalu centang tanda persetujuan persyaratan umum di paling bawah, bila anda telah membaca persyaratan dan ketentuan tersebut secara seksama, pilih “Lanjutkan”
  4. Lengkapi setiap kolom untuk data diri dan data usaha
  5. Jika sudah selesai melengkapi informasi data diri, maka tunggu informasi yang nantinya akan dikirimkan dari pihak BNI.
  6. Pihak BNI akan datang dan melakukan survey KUR BNI di lokasi usaha dan melakukan wawancara seputar usaha
Proses persetujuan kredit ini membutuhkan waktu kerja sekitar 3 hingga 7 hari, jika sudah disetujui maka pihak Bank akan menghubungi untuk menandatangani perjanjian kredit.

Namun sebelum melakukan langkah pengajuan di atas, sebelumnya anda harus menyimak syarat dan ketentuan mengajukan KUR BNI berikut ini:

1. Kriteria pemohon:

Individu/ perorangan atau badan usaha mikro, kecil, dan menengah; anggota keluarga dari karyawan/ karyawati yang berpenghasilan tetap atau bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang purna bekerja di luar negeri; dan pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja yang melakukan usaha produktif dan layak namun memiliki agunan tambahan atau belum cukup.

2. Perizinan usaha:
  • Individu/ perseorangan atau badan usaha perorangan: minimal surat izin usaha mikro dan kecil (UMK) yang diterbitkan pemerintah daerah dan/ atau surat keterangan usaha dari kelurahan setempat atau surat izin lainnya.
  • Badan usaha diluar butir di atas mengacu ketentuan BNI

3. Kualitas kredit bank (jika ada) harus lancar.

4. Pengalaman usaha minimal 6 bulan

5. Usai pemohon (khusus untuk pemohon individu/ perseorangan):

Minimal 21 tahun atau belum berusia 21 tahun tapi sudah menikah

6. Hubungan dengan bank:

Tidak sedang menerima kredit produktif dari perbankan dan/ atau tidak sedang menerima kredit program dari pemerintah (kecuali KUR).

7. NPWP tidak disyaratkan

8. Tidak diwajibkan jaminan tambahan

Adapun informasi lain yang tak kalah penting yang perlu anda perhatikan jika ingin mengajukan KUR BNI, seperti:

1. Maksimum Permohonan

Maksimum permohonan kredit diatas Rp10 juta sampai dengan Rp50 juta

2. Jenis kredit

Kredit modal kerja atau kredit investasi

3. Tujuan kredit

Untuk usaha produktif di sektor usaha pertanian, perikanan, industri pengolahan, perdagangan, serta jasa-jasa yang diatur dalam ketentuan pemerintah terkait KUR Mikro.

4. Suku bunga

Kredit modal kerja dengan angsuran dan kredit investasi maksimal sebesar 6% efektif anuitas per tahun.

5. Jangka waktu
  • Kredit modal kerja maksimal 3 tahun
  • Kredit investasi maksimal 5 tahun
6. Biaya-biaya
  • Provisi dan service fee: Tidak dikenakan
  • Biaya administrasi: Maksimal Rp150.000,-
  • Denda tunggakan: 5% per tahun dari saldo yang tertunggak

Demikian cara lengkap mengajukan KUR BNI 2022 yang bisa UMKM simak untuk bisa mendapatkan pinjaman modal usaha hingga Rp50 juta.*

Artikel ini sudah tayang di bagikanberita.pikiran-rakyat.com Dengan judul artikel” Lengkap, Inilah Cara Mengajukan KUR BNI 2022 yang Bisa Cairkan Modal Usaha hingga Rp50 Juta”