Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kelebihan Dan Kekurangan Pemasaran Online

Kelebihan Dan Kekurangan Pemasaran OnlineInternet marketing kini menjadi salah satu kebutuhan pokok para pebisnis. Untuk usaha kecil dan menengah, setiap uang kecil dapat dikatakan sangat berharga. Jadi dalam hal promosi, mereka harus memilih strategi promosi yang tepat untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dari investasi yang mereka keluarkan.

Pemasaran online menjadi salah satu media paling inovatif bagi usaha kecil untuk mempromosikan produk dan layanan mereka kepada khalayak luas. Bahkan saat ini, tidak hanya usaha kecil dan menengah yang terbantu dengan pemasaran internet, banyak pemilik bisnis terkenal telah melihat peningkatan penjualan saat mereka mempromosikan bisnis mereka di internet. Dengan fakta ini jelas bahwa tidak ada yang boleh melewatkan kemudahan pemasaran melalui media online, setuju?
https://www.juragandesa.net/2022/04/kelebihan-dan-kekurangan-pemasaran.html

Keberadaan internet marketing menjadi cara paling efektif untuk menjual produk dan jasa. Karir yang berhubungan dengan internet marketing mulai meningkat pesat berdasarkan tuntutan saat ini. Namun, sebelum memutuskan untuk mulai menggunakan promosi online, pertimbangkan pro dan kontra dari strategi pemasaran online berikut.

Kelebihan Pemasaran Online

1. Akses luas

Pemasaran bisnis online akan memberikan akses yang luas dari calon pelanggan. Diperkirakan miliaran orang di seluruh dunia menggunakan Internet setiap hari. Oleh karena itu, banyak pemasaran komersial untuk sekelompok besar orang hanya dimungkinkan melalui internet.

2. Dapat melintasi batas geografis

Internet adalah satu-satunya media yang dapat melintasi batas-batas geografis dan nasional. Anda dapat menempatkan iklan di Internet dan dapat dilihat oleh siapa saja di mana saja di dunia.

3. Biaya lebih murah

Juga jauh lebih murah bagi Anda untuk mempromosikan bisnis Anda di internet daripada media pemasaran lainnya. Hal ini memudahkan UKM untuk memperkenalkan produknya.

Eits, kamu bisa melakukan internet marketing meski dengan biaya nol rupiah. Itu sebabnya ada pemasar konten profesional. Maklum, yang mengelola Instagram (misalnya) untuk transaksi. Menarik, bukan?

4. Dapat terus menghubungi pelanggan

Internet memungkinkan Anda untuk selalu berhubungan secara real-time dengan pelanggan Anda. Jika Anda menerapkan sistem diskon, Anda juga dapat dengan mudah mengirim email ke pelanggan yang dapat langsung membeli produk Anda. Selain itu, internet memungkinkan Anda mengirim banyak pesan sekaligus. Ini berarti Anda dapat mengirim buletin ke setiap pelanggan.

5. Dapatkan umpan balik instan

Pemasaran internet memungkinkan Anda mendapatkan umpan balik instan dari pelanggan Anda. Pelanggan dapat memberi tahu Anda tentang pengalaman mereka dengan dan setelah produk, dan memberi tahu Anda jika bisnis Anda memerlukan peningkatan layanan.

Kini Anda bisa memanfaatkan kehadiran Google Bisnisku, ulasan Google yang relevan dengan bisnis Anda. Jika Anda mendapatkan banyak ulasan positif, banyak orang secara otomatis akan percaya bisnis Anda, bisnis Anda tidak palsu.

6. Menghemat Waktu

Pemasaran internet atau pemasaran online juga dapat menghemat waktu. Seseorang dapat memperoleh semua informasi tentang produk dan layanan melalui internet sehingga pelanggan dapat menemukannya. Ini berlaku untuk penjual dan pembeli. Pembeli dapat mengakses informasi dari mana saja, seperti halnya penjual dapat bekerja dari mana saja. Sangat menghemat waktu bukan?

7. Tersedia 24 jam

Pemasaran internet juga membuat bisnis Anda tersedia 24 jam sehari, yang berarti akan membantu meningkatkan penjualan dan keuntungan.

Kekurangan Pemasaran Internet

1. Biaya awal pemasaran online cukup tinggi

Meskipun cakupan pemasaran online sangat luas, biaya awal yang diperlukan untuk sebuah situs web bisa jadi tinggi. Ini termasuk biaya perangkat lunak dan perangkat keras yang diperlukan serta biaya pemeliharaan. Tapi jangan khawatir, semakin banyak orang yang bisa berteman dengan Anda, semakin lama biaya iklan Anda akan turun, dan Anda bahkan tidak perlu beriklan. Yang terpenting, berusahalah semaksimal mungkin di awal untuk membuat kehadiran Anda diketahui sebanyak mungkin orang.

2. Masih ada pelanggan yang lebih memilih toko offline

Masih banyak pelanggan yang menggunakan media hanya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang produk dan mereka lebih memilih untuk membeli secara offline. Meski sudah terbiasa berbelanja online, Anda pasti merasa lebih aman dengan melihat langsung ke toko dan produknya, bukan? Tidak dapat disangkal bahwa para penjahat yang digunakan oleh sebagian orang membuat sebagian orang lebih memilih untuk memperdagangkan barang dan uang. Karena itu memotong kerugian, setuju?

3. Ada pelanggan yang belum mahir menggunakan internet

Banyak pelanggan yang tidak mahir menggunakan Internet, sehingga Anda bisa kehilangan pelanggan. Milenial mungkin tidak perlu diragukan lagi kemampuannya untuk berselancar di dunia maya. Berbeda dengan generasi sebelumnya, yang mungkin tidak familiar dengan network marketing. Inilah sebabnya mengapa beberapa kelompok umur lebih memilih untuk membeli langsung daripada online. Apakah Anda setuju dengan fakta ini?

4. Perubahan transaksi online

Aturan bisnis yang selalu berubah dalam pemasaran online juga terus berubah. Semua ini pasti membutuhkan perhatian dan pemantauan yang konstan untuk memastikan strategi pemasaran online Anda tidak ketinggalan zaman. Media online bergerak sangat cepat, pastikan Anda bisa mengikutinya!

5. Kerentanan terhadap aktivitas penipuan

Kerugian terbesar dari pemasaran online adalah kerentanan terhadap aktivitas penipuan. Banyak situs ilegal dapat dilihat di situs asli dan mereka merampok uang pelanggan. Spam juga merupakan salah satu tantangan terbesar untuk pemasaran online, dan data rahasia apa pun dapat dengan mudah dicuri oleh peretas.

6. Tidak ada kontak langsung dengan pelanggan

Tidak ada sentuhan manusia langsung untuk pemasaran online ketika pelanggan membeli produk. Tentu saja, ini akan menghambat prospek membangun hubungan yang memainkan peran penting dalam penjualan yang berkelanjutan. Untuk itu diperlukan cara-cara yang cerdas agar meskipun bertransaksi secara online, sebagai penjual tetap dapat menjaga hubungan baik dengan konsumen. Jika keterikatan antara penjual dan konsumen baik, maka keduanya sama-sama baik. Selain itu dapat membantu mengatasi masalah repeat order dari pelanggan setia yang sudah benar-benar percaya bahwa Anda adalah penjual yang terpercaya.

7. rawan kesalahan teknis

Pemasaran online sangat bergantung pada teknologi, sehingga mudah melakukan kesalahan teknis. Jadi, sebagai pengguna teknologi yang semakin maju, Anda tidak bisa begitu saja mempercayainya, Anda harus berhati-hati dan meminimalkan kesalahan besar.

Meskipun Anda harus menghadapi beberapa tantangan pemasaran online, percayalah bahwa pemasaran internet sangat berguna dan dapat dioptimalkan untuk mendongkrak penjualan bisnis Anda. Siapa yang mulai mengoptimalkan pemasaran digital? Ada yang mau berbagi pengalamannya? Kami tunggu di kolom komentar ya! Mari saling berbagi inspirasi positif.