Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Syarat dan Cara Daftar KIP Kuliah Merdeka

Syarat dan Cara Daftar KIP Kuliah MerdekaSebelum mendaftar KIP Kuliah Merdeka, harap siapkan persyaratan berikut. Dengan bantuan program KIP Kuliah Merdeka, kamu bisa kuliah gratis di kampus impianmu. Saat ini sudah banyak kampus negeri maupun swasta yang memfasilitasi mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka.

KIP Kuliah Merdeka dapat memberikan solusi bagi mahasiswa berprestasi yang ingin melanjutkan studi di kampus impian namun terkendala biaya. Melalui KIP Kuliah Mandiri, pemerintah akan memberikan bantuan biaya kuliah. Bantuan yang diberikan berupa bantuan biaya kuliah dan bantuan biaya hidup.

Untuk dapat mengikuti program KIP Kuliah Mandiri, pastikan Anda memiliki Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN, Nomor Induk Sekolah Nasional atau NPSN, dan Nomor Induk Kependudukan atau NIK yang sesuai dengan data atau data pendidikan dasar yang tercatat di Dapodik .

SYARAT DAFTAR KIP KULIAH MERDEKA

Selain data yang disebutkan di atas, ada beberapa persyaratan lain. Persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar antara lain:
  • Memiliki potensi akademik yang baik, namun kendala keuangan yang didukung oleh bukti dokumenter yang valid.
  • Siswa SMA/SMK/S2 atau sederajat dengan potensi akademik yang baik, yang lulus pada tahun yang sama dan memiliki kartu KIP.
  • Siswa SMA/SMK/S2 atau sederajat dengan potensi akademik baik yang lulus pada tahun yang sama dan memiliki Kartu Keluarga Sejahtera.
  • Dimungkinkan untuk diterima di PTN atau PTS pada program studi kategori A atau B melalui seleksi mahasiswa baru, dan dimungkinkan adanya pertimbangan tertentu pada program studi kategori C.
CARA DAFTAR KIP KULIAH MERDEKA

Jika Anda memenuhi persyaratan di atas, Anda dapat mendaftar sebagai calon penerima KIP Kuliah Mandiri. Berikut tahapan pendaftaran KIP Kuliah Mandiri:

  • Pendaftaran dapat dilakukan secara mandiri melalui website KIP Lecture System https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui mobile app KIP Lecture yang dapat diunduh di Playstore.
  • Saat mendaftar, Anda harus memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan valid. Untuk mengetahui tentang NPSN, Anda dapat bertanya kepada pejabat sekolah Anda.
  • Setelah itu, sistem akan melalui proses verifikasi data dan dokumen NIK, NISN, NPSN untuk membuktikan kelayakan KIP Kuliah Merdeka.
  • Setelah proses verifikasi selesai dan data yang Anda masukkan sudah benar, Sistem KIP Kuliah Merdeka akan mengirimkan email dengan nomor registrasi dan kode akses.
  • Selanjutnya Anda dapat login ke website https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Anda juga diminta untuk memilih Jalur Pilihan Masuk Universitas yang akan Anda ikuti.
  • Anda kemudian harus menyelesaikan proses pendaftaran di jalur pemilihan gaokao yang akan Anda ikuti. Sistem akan melakukan proses sinkronisasi menggunakan skema host-to-host.
  • Jika hasil penerimaan telah diumumkan dan Anda telah lolos seleksi, pihak perguruan tinggi akan melakukan verifikasi sebelum Anda diusulkan untuk memperoleh KIP Perguruan Tinggi Mandiri bagi calon mahasiswa.
Demikianlah informasi tentang syarat dan tahapan pendaftaran Kuliah KIP Merdeka 2022. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di website https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Artikel ini Telah Tayang di beritadiy.pikiran-rakyat.com Dengan Judul "Syarat dan Cara Daftar KIP Kuliah Merdeka, Kamu Bisa Kuliah Gratis di Kampus Impianmu"