Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Memulai Bisnis Online Di Shopee

Cara Memulai Bisnis Online Di ShopeePenasaran bagaimana cara berjualan di shopee dan mendapatkan keuntungan maksimal? Pada artikel kali ini, kita akan membahas cara memulai bisnis online di Shopee untuk pemula dan tips agar penjualan Anda menjadi top seller.

Masa pandemi membuat segalanya jadi sulit, terutama bagi perekonomian masyarakat. Banyak yang di-PHK, tidak bisa berjualan karena pembatasan aktivitas di luar rumah dan banyak keadaan menyedihkan lainnya. Jadi jualan online adalah pilihan ekonomis yang paling cocok.

Alasan jual di Shopee

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus mulai berjualan di Shopee. Pertama-tama, karena Shopee adalah salah satu marketplace terbesar di Indonesia dengan banyak pembeli. Shopee mencakup semua kalangan, kelas menengah dan atas. Oleh karena itu, jumlah penggemar lebih tinggi dibandingkan dengan pasar lain. Kedua, karena cara berjualan di Shopee sangat sederhana, bahkan untuk pemula sekalipun. Cara yang digunakan sederhana, sehingga penjualan menjadi lebih efektif.

Cara memulai toko di Shopee

Sebelum Anda memutuskan untuk mendirikan toko di Shopee, Anda harus memutuskan terlebih dahulu apakah Anda ingin menjual produk Anda sendiri, menjadi reseller atau reseller. Karena itu akan menentukan bagaimana Anda berjualan di Shopee.

Jika Anda ingin menjual produk Anda sendiri, Anda harus sudah memahami apa keunggulan produk tersebut dibandingkan dengan pesaingnya. Tentunya Anda juga memiliki tim produksi yang dapat memenuhi permintaan pasar. Anda bisa memulai bisnis online ini dari awal, atau mengubah bisnis offline yang sudah ada menjadi sistem online atau menjalankan keduanya.

Keuntungan menjual produk sendiri adalah Anda dapat mengatur semuanya sendiri, mulai dari ketersediaan barang hingga mengelola reseller dan shipper. Namun, untuk bisa menjual produk sendiri, Anda membutuhkan modal lebih karena harus memulai dari awal agar brand produk Anda dikenal banyak orang.

Langkah selanjutnya adalah menjadi reseller. Artinya Anda akan menjual produk orang lain. Anda bisa mendapatkan dari pemasok besar yang sudah memiliki nama. Caranya adalah dengan membeli banyak barang dari mereka, biasanya dealer mendapat diskon. Kemudian Anda menjualnya di toko Anda. Keuntungannya adalah Anda tidak perlu repot membangun brand Anda dari awal. Namun, biasanya supplier akan meminta Anda untuk membeli barang tersebut dalam jumlah banyak, yang tentunya memakan biaya yang banyak.

Yang terakhir adalah menjadi dropshipper. Ini adalah cara menjual tanpa modal, tanpa persediaan, tanpa risiko. Yang perlu Anda lakukan adalah menemukan pelanggan dan mengirimkan data pelanggan ke pemasok. Pemasok kemudian akan mengirimkan pesanan ke pelanggan Anda. Anda hanya perlu duduk dan menghasilkan uang. Namun, keuntungannya tentu tidak sebesar jika Anda memiliki produk sendiri atau menjadi reseller.

Setelah Anda mengetahui jenis barang yang ingin Anda jual, langkah selanjutnya adalah mendirikan toko di shopee. Berikut komentarnya:

Belanja di Shopee dengan aplikasi

Tahukah Anda bahwa Anda dapat dengan mudah membuka toko baru di Shopee dari smartphone Anda melalui aplikasi Shopee. caranya adalah,
  • Pertama, unduh aplikasi Shopee Indonesia di Playstore atau Appstore.
  • Kedua, klik Daftar dan masukkan nomor ponsel dan kode yang valid, lalu klik Daftar lagi.
  • Ketiga, masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor ponsel Anda dan klik Lanjutkan.
  • Terakhir, Anda hanya perlu memasukkan nama pengguna yang Anda inginkan sebagai nama toko Anda dan memasukkan kata sandi Anda. Pendaftaran selesai.
Mulai berjualan di Shopee

Setelah sukses membuka toko di Shopee, langkah selanjutnya adalah mulai berjualan. Metode seperti di bawah ini:
  • Buka aplikasi shopee yang Anda daftarkan sebelumnya dan Anda harus menggunakan akun bisnis khusus alih-alih akun pribadi Anda.
  • Kemudian klik "Saya", "Penjualan", lalu "Tambah Produk Baru"
  • Lengkapi semua kebutuhan produk yang akan Anda jual agar semenarik mungkin, seperti foto dan video produk, detail produk, jenis layanan pengiriman.
  • Jangan lupa untuk mengklik ikon centang di sudut kanan atas untuk menandai produk Anda sebagai tersedia untuk dijual dan Shopee telah menyimpannya dan menampilkannya di aplikasi.
Tips Berjualan di Shopee

Setelah semua produk ada di toko Anda, langkah selanjutnya adalah mempelajari cara berjualan di shopee agar cepat laku. Tentu saja, Anda harus menggunakan beberapa strategi. Berikut beberapa tips dan trik yang bisa Anda coba terapkan di toko online Shopee:

Buat kupon promosi

Diskon merupakan salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan minat pembeli. Apalagi jika diskon menawarkan keuntungan yang menarik bagi pembeli, mereka pasti akan melihat toko Anda.

Fitur ini juga dapat Anda terapkan di toko Shopee Anda, karena Shopee juga menawarkan fitur kupon yang dapat digunakan oleh merchant yang ingin memberikan diskon kepada pelanggannya. Caranya adalah dengan membuka "Kupon" saya di menu "Promosi Saya". Selanjutnya, klik "Buat Kredensial Baru" dan isi semua informasi yang diperlukan. Setelah selesai, Anda dapat menekan tombol "Simpan". Jangan lupa untuk mengatur diskon dengan cara yang paling menarik, tetapi tetap harus mempertimbangkan minat Anda.

Manfaatkan fitur "Tingkatkan Produk"

Shopee memiliki fitur yang disebut "Boost Products". Tujuannya adalah untuk memberikan peluang awal bagi produk untuk muncul ketika konsumen mencari produk serupa. Ini akan membantu calon pembeli menemukan produk Anda dengan lebih mudah dan menarik lebih banyak minat. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk 5 produk di toko Anda setiap 4 jam sekali. Jadi pantau terus fitur ini dan jangan lupa untuk memanfaatkannya karena peluang Anda ada di sana.

Buatlah harga semenarik dan sekompetitif mungkin

Perang harga adalah salah satu yang paling populer di Shopee. Anda selalu menjadi penjual dan mau tidak mau Anda harus mengikuti algoritma ini. Semakin menarik harga yang Anda tawarkan, semakin besar peluang produk Anda akan diperhatikan oleh pembeli. Konsumen Indonesia selalu tertarik dengan produk berkualitas dengan harga terjangkau. Namun, Anda harus memikirkan baik-baik harga apa yang cocok untuk Anda agar tidak terlalu mahal tetapi tidak mengeluarkan biaya apa pun. Jangan menetapkan harga terlalu rendah, karena akan membuat pembeli meragukan dan mempertanyakan kualitas produk Anda.

Jual produk dengan berbagai variasi

Variasi produk bisa datang dalam berbagai bentuk, seperti warna, pola, dan ukuran. Dengan membuat beberapa variasi dari satu produk, Anda dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Karena biasanya pembeli sangat suka memilih beberapa pola atau beberapa warna, tidak hanya satu jenis.

Promosikan di luar

Jadikan media sosial sebagai platform untuk memasarkan produk Anda. Anda dapat melakukan ini melalui akun pribadi Anda atau menggunakan layanan influencer atau teman. Tips cara berjualan di Shopee ini dinilai sangat efektif karena dunia digital membuat orang lebih aktif di media sosial. Semakin agresif Anda mempromosikan produk Anda di media sosial, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.