Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Terbaik Membuka Bisnis Konsultasi

 

Cara Terbaik Membuka Bisnis Konsultasi

Cara Terbaik Memulai Bisnis Konsultasi - Semakin banyak perusahaan yang mengalami peningkatan omset dan mengandalkan konsultan untuk berbagai pekerjaan mereka.

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai perusahaan konsultan Anda sendiri. Namun, ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memulai bisnis konsultasi.

Kembangkan bidang keahlian Anda

Sekarang setelah Anda memutuskan untuk menjadi konsultan, apa bidang keahlian Anda? Jika Anda ingin menonjol dari bisnis konsultan lainnya, Anda harus mengkhususkan diri dan menjadi konsultan ahli di bidang keahlian Anda.

Klien tidak mencari konsultan yang ingin melakukan segalanya untuk semua orang. Lebih baik menjadi ahli.

Sesuatu yang membuat Anda lebih terlihat dan memamerkan apa yang Anda bawa. Pertimbangkan spesialisasi yang paling sesuai dengan pengalaman dan keterampilan pasar Anda.

Kemudian persempit ke ceruk tertentu dengan menilai apa yang paling Anda sukai dan keterampilan mana yang paling sesuai dengan tujuan keuangan dan karier Anda.

Mulailah dengan menulis rencana bisnis

Sekarang setelah Anda memutuskan ceruk tertentu, saatnya untuk menuliskan pemikiran Anda dengan membuat rencana bisnis konsultasi. Anda harus mulai dengan bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan penting, seperti:
  • Apa tujuanmu?
  • Apa kekuatan dan kelemahan Anda?
  • Siapa target Anda?
  • Apa cara terbaik untuk memulai bisnis konsultasi?
Seperti halnya perusahaan bisnis, penelitian sangat penting. Pelajari sebanyak mungkin tentang industri, target pasar, dan pesaing.

Tentukan demografi prospek Anda dan berapa yang bersedia mereka bayar, kemudian pertimbangkan data keuangan Anda, seperti biaya pemeliharaan bisnis Anda.

Tentukan biaya konsultasi Anda

Ketika Anda baru memulai bisnis konsultasi, mungkin sulit untuk menentukan berapa nilai layanan Anda bagi klien Anda.

Tetapi penting untuk memiliki struktur penetapan harga sehingga Anda dapat menilai situasi keuangan Anda secara komprehensif dan melihat apakah Anda akan memiliki pendapatan yang berkelanjutan. Membantu Anda membuat struktur harga.

Analisis berapa lama proyek standar akan berlangsung, kemudian pertimbangkan biaya bahan eksternal dan biaya lebih lanjut yang diperlukan untuk menjalankan bisnis.

Mungkin tergoda untuk menetapkan harga rendah pada awalnya untuk menarik pelanggan baru, tetapi itu adalah kesalahan.

Siapkan contoh proposal konsultasi

Siapkan template proposal yang dapat disesuaikan untuk setiap klien. Proposal akan mencakup deskripsi pekerjaan yang Anda rencanakan, tujuan, persyaratan, durasi proyek konsultasi, harga, dan detail lainnya.

Pastikan Anda hanya mengirim proposal bisnis konsultasi setelah berbicara dengan klien potensial. Setelah Anda melakukan percakapan dan klien menyatakan minatnya.