Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mendaftar BLT Balita 0-6 Tahun Lewat HP di Aplikasi Cek Bansos, Ada Bantuan Rp3 Juta untuk Anak Usia Dini

Berikut cara mendaftarkan BLT anak usia 0-6 tahun di aplikasi cek bansos dari ponsel Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan bantuan anak 3 juta rupiah.

Daftar BLT balita usia 0-6 tahun dapat diisi di ponsel Anda melalui aplikasi Cek Bantuan Sosial.

Anda hanya perlu KK NIK dan KTP untuk mendaftarkan BLT usia 0-6 tahun di aplikasi cek bansos dari ponsel Anda.

BLT 0-6 tahun diketahui merupakan bagian integral dari Program Keluarga Harapan (PKH) yang masih berjalan.

Masyarakat dapat mendaftarkan BLT balita usia 0-6 tahun menggunakan KTP dan KK di aplikasi Cek Bansos melalui fitur 'Usulan' di aplikasi.

Syarat wajib bagi anak penerima BLT usia 0-6 tahun adalah terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat di DTKS Departemen Sosial.

Dengan adanya data dalam DTKS dari Kementerian Sosial, pemerintah berharap BLT untuk anak usia 0-6 tahun tepat sasaran kepada penerima manfaat dan tidak ada lagi data.

Cara mendaftar BLT Balita usia 0-6 tahun bisa dilakukan secara offline maupun online.

Berikut cara daftar BLT balita 0-6 offline agar bisa mendapatkan bantuan Rp 3 lakh.

Mereka yang tergolong miskin dapat membawa KTP dan KK untuk didaftarkan di Desa/Kelurahan setempat.

Perangkat desa akan melakukan musyawarah di tingkat desa/Kelurahan untuk membahas kondisi warga yang berhak mendapatkan DTKS di Kementerian Sosial.

Hasil musyawarah akan menunjukkan risalah rapat yang ditandatangani oleh kepala desa/Lurah dan perangkat desa lainnya.

Dinas Sosial menggunakan risalah rapat untuk melakukan verifikasi dan validasi data melalui kunjungan rumah menggunakan alat yang lengkap.

Data yang telah divalidasi dan divalidasi kemudian dimasukkan ke dalam aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) oleh operator desa/kelurahan setempat.

Data yang masuk ke dalam SIKS akan diproses oleh Dinas Sosial untuk diverifikasi dan divalidasi kemudian dilaporkan kepada Bupati/Walikota.

Selain itu, Bupati/Walikota menyampaikan hasil verifikasi dan validasi data yang telah disetujui kepada Gubernur untuk kemudian diteruskan kepada Menteri.

Berikut cara mendaftarkan BLT anak usia 0-6 tahun pada aplikasi Cek Bansos:
  1. Download aplikasi Cek Bansos melalui PlayStore. Pastikan mengunduh aplikasi cek bansos resmi dari Departemen Sosial agar bisa tercatat di DTKS.
  2. Daftar, siapkan NIK KTP dan KK. Setelah registrasi berhasil, Anda dapat mengakses layanan menu di aplikasi Cek Bansos.
  3. Pilih menu 'Recommended List' untuk daftar BLT Balita 0-6 tahun.
Anda juga dapat mendaftarkan BLT usia 0-6 tahun untuk keluarga atau komunitas yang terdaftar di DTKS Departemen Sosial.

4. Kemudian, pilih Tambah Proposal

5. Sistem akan mencocokkan nama pengusul, NIK, KK, Dukcapil status kebugaran dan kebugaran sesuai data DTKS Kemensos.

6. Pilih jenis bansos yang diinginkan, pilih PKH untuk BLT untuk anak usia 0-6 tahun.

Jika data Anda berhasil dikirimkan, nama kesesuaian Dukcapil, NIK dan status, kesesuaian wilayah dengan pengusul KK akan ditampilkan saat mendaftar BLT usia 0-6 tahun.

Balita atau balita usia 0-6 tahun akan mendapatkan bantuan sebesar Rp3 juta, dengan ketentuan maksimal dua anak dalam satu keluarga PKH.

Demikian informasi terkait cara daftar BLT Balita 0-6 tahun lewat di Aplikasi Cek Bansos agar dapat bantuan Rp3 juta untuk anak usia dini.**

Artikel ini sudah tayang di depok.pikiran-rakyat.com dengan judul artikel” Cara Daftar BLT Balita 0-6 Tahun Lewat HP di Aplikasi Cek Bansos, Ada Bantuan Rp3 Juta untuk Anak Usia Dini”