Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Pemasaran Melalui Media Sosial

Contoh Pemasaran Melalui Media SosialEpidemi telah membuat media sosial semakin populer di kalangan banyak orang. Mulai dari anak muda dan orang tua yang kini mencari segala macam informasi melalui media sosial. Melihat fakta ini, sebagai seorang pebisnis, Anda tentu harus bisa memanfaatkan peluang ini dengan lebih sering menjalankan kampanye pemasaran media sosial Anda.
Contoh Pemasaran Melalui Media Sosial

Pemasaran media sosial adalah proses pemasaran melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, dan LinkedIn. Tujuan dari pemasaran media sosial itu sendiri adalah untuk menarik pelanggan dan prospek untuk membuat koleksi database dan penjualan saat kampanye sedang berlangsung.

CONTOH PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL

Di bawah ini adalah beberapa contoh pemasaran media sosial yang paling umum digunakan.

PEMASARAN FACEBOOK

Contoh pemasaran media sosial yang pertama adalah pemasaran Facebook. Saat ini, Facebook adalah media sosial yang paling banyak digunakan di dunia, dan berbagai fiturnya mendukung kebutuhan pemasaran bisnis dan perusahaan.

Facebook mengungkapkan di halaman resminya bahwa sekarang memiliki 3 miliar pengguna aktif yang aktif mengirim pesan, mengomentari satu sama lain, dan lainnya hampir setiap hari. Maka tidak heran jika perusahaan dan pebisnis memanfaatkan kesempatan ini untuk menumbuhkan merek mereka.

Contoh pemasaran Facebook adalah penggunaan halaman Facebook untuk membuat halaman perusahaan dan berbagi konten pemasaran dalam bentuk video, gambar, dan artikel untuk menarik perhatian pelanggan dan calon pelanggan untuk membeli produk dan layanan yang ditawarkan. Tools lain yang bisa digunakan untuk kebutuhan social media marketing adalah Facebook Ads, Facebook Messenger, dll.

PEMASARAN INSTAGRAM

Pemasaran media sosial berikutnya adalah pemasaran Instagram. Media sosial ini sangat penting untuk meningkatkan penjualan produk dan layanan yang Anda miliki. Terbukti dari Impact Plus, 72% pengguna Instagram memilih untuk membeli barang atau jasa setelah melihatnya di feed Instagram mereka.

Penggunaan Instagram untuk kebutuhan pemasaran juga sangat mudah karena memiliki fitur yang dapat membuat produk atau layanan yang ditawarkan terlihat lebih menonjol karena platform secara eksklusif menggunakan gambar dan video untuk pemasaran. Konten Anda dapat diunggah ke berbagai jenis postingan, antara lain Instagram Feed, Instagram Stories, Live Instagram, dan Instagram TV, yang tentunya akan menarik lebih banyak pengguna.

Beberapa contoh pemasaran di media sosial Instagram adalah dengan membuat konten pemasaran yang unik dan sangat menarik. Contohnya meliputi konten di balik layar pembuatan produk, infografis tentang viralitas terkini dan apa yang disukai publik, serta menghibur, namun tidak terkecuali, para pebisnis dan bisnis utama yang dijalankan perusahaan.

Selain itu, fitur-fitur yang ada juga sangat mendukung para pelaku bisnis dan perusahaan untuk dapat menjangkau pelanggan dan berinteraksi lebih dekat dengan mereka, seperti polling di Instagram Stories atau bertanya kepada followers. Hal ini penting untuk meningkatkan engagement dan memahami persepsi followers akun Instagram Anda.

Ini adalah contoh pemasaran media sosial yang dapat digunakan untuk membangun dan mengembangkan layanan dan produk yang dimiliki oleh perusahaan dan pelaku bisnis. Tentunya masih banyak media sosial lain yang tersedia untuk kebutuhan pemasaran. Namun, Facebook dan Instagram saat ini memiliki pengguna yang jauh lebih banyak daripada yang dapat meningkatkan penjualan produk dan layanan perusahaan.