Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Media Promosi Online Paling Efektif

Media Promosi Online Paling EfektifAda berbagai media promosi online yang beredar di Info Media yang efektif mendukung peningkatan penjualan dan brand awareness, namun ada juga yang gagal karena tidak tahu cara penggunaan dan target plannya.

Promosi bukanlah hal baru, karena ada sesi promosi untuk memperkenalkan audiens, menciptakan kesadaran merek, dan pada saat yang sama menciptakan prospek yang dapat mengarah pada penutupan.

Memperkenalkan produk dan jasa di media online sangat efektif dan bahkan saat ini banyak pelaku bisnis baru yang terlibat dalam pemasaran online untuk mendapatkan trafik yang tinggi. Pengaruh trafik adalah pengaruh banyaknya minat dari calon pembeli, sehingga bisa seperti toko yang banyak dikunjungi orang.

ALASAN PROMOSI MEDIA ONLINE

Seiring dengan meningkatnya penggunaan internet, begitu pula peluang promosi media online dari waktu ke waktu. Bahkan saat ini, orang mungkin lebih suka melakukan survei online daripada langsung offline. Oleh karena itu, beberapa alasan untuk memilih promosi online antara lain:
  • Promosi yang lebih luas
  • Lebih mudah untuk menargetkan pelanggan
  • Membangun citra merek
  • Menjaga komunikasi antara pelanggan dan penjual
  • Peralatan untuk mempersiapkan promosi online
Untuk menjalankan promosi online berbayar, setidaknya Anda harus memiliki website. Website merupakan tempat penyimpanan informasi produk yang Anda jual, sedangkan fasilitas periklanan hanya menampilkan deskripsi singkat dan dapat mengarahkan ke website Anda.

Beberapa kategori situs web meliputi:Toko online, Profil Perusahaan (jenis situs web perusahaan), Pribadi

MEDIA PROMOSI ONLINE PALING EFEKTIF

Berikut adalah 7 media promosi online yang sering digunakan pemasar saat menjual produknya.

1. Iklan Google

Google Ads merupakan fasilitas penayangan iklan yang dikelola oleh Google dan sering digunakan oleh banyak pemasar untuk mengiklankan produk dan layanannya, mengingat Google merupakan salah satu perusahaan terbesar di dunia online. Keunggulan Google Ads adalah dapat membidik pasar sesuai keinginan Anda dengan melakukan riset kata kunci/keyword di fasilitas Google Ads.

Contoh iklan Google Ads dengan kata kunci "akomodasi buruk"

Keuntungan lain dari Google Ads adalah konsisten menempati peringkat pertama.

2. Instagram menggunakan hashtag (gratis)

Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling populer saat ini, promosi di media online sangat gratis yaitu mengunggah semua gambar produk atau jasa yang Anda jual dan mengisi deskripsi setiap gambar, termasuk hashtag (#). dari hashtag adalah untuk menembak sasaran.

3. Iklan Instagram

Iklan Instagram adalah alat berbayar untuk Instagram, dan beberapa fitur Iklan Instagram adalah untuk meningkatkan kesadaran merek dengan cepat di platform Instagram. Faktanya, hampir semua pengguna Instagram menelusuri iklan saat mereka menelusuri timeline mereka, sehingga dapat berdampak pada persepsi merek bisnis dan menarik calon pembeli.

Untuk beriklan di iklan Instagram, beberapa yang harus dimiliki termasuk video dan situs web unik. Video dapat ditampilkan secara singkat di timeline pengguna Instagram, misalnya pengguna yang tertarik dapat menekan tombol Selesai/Beli/Beli Sekarang, dll., yang kemudian dapat diarahkan ke situs web Anda.

4. Marketplace


Berbagai platform e-commerce ternama di Indonesia, antara lain Bukalapak, Shopee, Tokopedia, dll. Beriklan di marketplace sangat mudah, cukup mendaftar dengan nomor ponsel dan lanjutkan untuk mengisi etalase toko online Anda. Berikut adalah contoh promosi online di Tokopedia

5. Iklan Marketplace

Iklan Marketplace adalah alat penargetan di halaman pertama pasar, langkah-langkahnya hampir sama dengan alat iklan lainnya, yaitu ketika calon pelanggan mengetikkan kata kunci untuk produk yang sesuai yang Anda jual, penempatan produk Anda berada di atas halaman dan pertama.

Beberapa kelebihan dari iklan marketplace adalah murah, dapat disesuaikan dengan kata kunci target dan tidak memerlukan website. Berikut adalah contoh iklan pasar:

6. Iklan Facebook

Meskipun banyak platform Facebook telah pergi, itu dapat digunakan untuk meningkatkan iklan di platform. Semakin banyak platform yang Anda gunakan, semakin lama manfaat lalu lintas Anda. Syarat menggunakan Facebook Ads adalah anda harus memiliki website, kelebihan lainnya hampir sama yaitu keyword/keyword targeting, adjustable dan murah.

7. Forum Indonesia

Media promosi online gratis selanjutnya adalah forum. Sangat mudah dan gratis untuk digunakan, Anda hanya perlu mendaftar di forum dan membuat topik untuk produk atau layanan yang Anda jual. Kelemahan forum adalah tidak dapat melakukan penentuan posisi kata kunci, dan tidak dilengkapi dengan kekurangan pengguna forum.