Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian dan Tujuan Promosi

Pengertian dan Tujuan promosiAnda pasti sering mendengar kata promosi dan berbagai penawaran menarik lainnya. Namun sebagai pebisnis, bagaimana Anda memandang promosi? Apakah tujuan promosi hanya untuk mempromosikan produk dan meningkatkan penjualan? Ada banyak tujuan promosi lainnya yang mungkin belum Anda ketahui sekarang. Oleh karena itu, pedagang seperti Anda harus tahu apa tujuan promosi merek Anda. Baca lebih lanjut di sini!
Pengertian dan Tujuan Promosi

Definisi Promosi

Berbagai ahli menjelaskan banyak definisi dan definisi tentang promosi. Ada yang mengatakan promosi adalah upaya meyakinkan orang akan ide dan gagasan tentang suatu produk. Orang lain melihat promosi sebagai proses menginformasikan, menginformasikan, mempengaruhi dan membujuk pelanggan untuk membeli sesuatu.

Dari semua definisi promosi, sebenarnya dapat ditarik sebuah kesimpulan. Promosi merupakan upaya untuk menginformasikan, mengkomunikasikan, mempengaruhi, menawarkan dan mengajak masyarakat untuk menjadi pelanggan suatu produk bermerek. Tujuan dari promosi tentu saja untuk menjual. Boleh dibilang, tanpa promosi, sebuah produk tidak akan pernah dikenal masyarakat luas.

Tujuan promosi
  • Mengubah persepsi dan perilaku pelanggan tentang suatu barang atau produk. Pelanggan yang awalnya tidak tertarik untuk membeli suatu barang atau produk dapat berubah pikiran dan ingin membeli produk tersebut setelah melihat promosi yang ditawarkan.
  • Sesuai dengan kebutuhan penjual atau pemilik merek, produk atau citra merek terbentuk di benak konsumen. Pemilik merek merek produk mereka dalam beberapa cara, dan promosi benar-benar membantu mencapai tujuan merek.
  • Bersaing dengan pesaing. Ini adalah tujuan promosi terpenting yang paling sering dilakukan oleh merek. Ketika bisnis Anda memiliki banyak pesaing, menawarkan penawaran akan membantu menjaga angka penjualan tetap stabil.
  • Meningkatkan keuntungan. Jika tujuan promosi Anda terpenuhi dan branding Anda terpenuhi, bukan tidak mungkin Anda akan bisa menjaga penjualan tetap stabil. Hal ini juga meningkatkan penjualan dan keuntungan pada saat yang sama. Dengan cara ini, Anda terbukti mampu bersaing dengan kompetitor Anda.
  • Menarik pelanggan potensial baru. Anda tidak hanya ingin mengubah persepsi dan perilaku pelanggan lama Anda tentang produk Anda, tujuan promosi juga adalah untuk mendapatkan pelanggan baru. Oleh karena itu, tujuan dari promosi ini juga untuk menjaga pelanggan lama tetap setia pada merek Anda sekaligus menarik pelanggan baru.
  • Penyebaran informasi. Ini adalah tujuan dasar mempromosikan produk atau merek. Dengan menjalankan promosi, Anda telah berbagi informasi tentang suatu merek atau produk di area tertentu. Dalam promosi ini, Anda menawarkan penawaran menarik untuk menyukseskan promosi. Tanpa promosi, mungkin tidak akan ada yang tahu tentang Anda dan merek Anda.
Jenis promosi

Saat ini para pelaku bisnis melakukan berbagai jenis promosi dan cara untuk memasarkan produknya. Tentunya hal ini meningkatkan persaingan promosi antar banyak merek, karena tentunya setiap merek ingin mengetahui dan membeli produknya. Oleh karena itu, sebagai seorang pebisnis, Anda harus berhati-hati dalam memilih metode promosi yang tepat untuk menjual produk Anda.

Secara umum dikenal tiga jenis promosi yaitu promosi fisik, promosi melalui media tradisional, dan promosi melalui media digital. Ketika ada acara atau pameran tertentu, ada promosi fisik. Di sini, merek sering bersaing satu sama lain untuk menawarkan produk mereka. Sedangkan promosi melalui media tradisional dapat dilakukan dengan memasang iklan di media cetak (koran, tabloid, majalah, dll), media elektronik (TV dan radio), dan media lainnya seperti spanduk dan baliho. Sedangkan jika Anda berpromosi melalui media digital, Anda bisa melalui media sosial.