Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Melunasi Hutang Pinjol

Cara Melunasi Hutang PinjolBingung cara melunasi hutang pinjaman online? Proses pengajuan pinjaman online (pinjol) kini semakin mudah karena bisa dilakukan dari handphone atau laptop. Padahal, proses verifikasi aplikasi hanya membutuhkan waktu beberapa menit, sehingga dana tunai langsung tersedia.

Meski begitu, ketika Anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman online, Anda juga harus memahami cara melunasinya agar tidak terjerat utang. Jangan sampai bunga pinjaman online menumpuk dan Anda tidak bisa melunasinya.

Yuk, coba beberapa cara berikut untuk melunasi utang pinjaman Anda agar keuangan Anda bisa membaik kembali.

1. Prioritaskan utang jangka pendek berbunga tinggi

Jika Anda memiliki beberapa utang pinjaman online, sebaiknya Anda memprioritaskan utang dengan bunga tertinggi atau jangka waktu terpendek.

Cara melunasi hutang ini sangat efektif untuk menyelesaikan masalah keuangan secara bergantian. Jika utang sudah lunas, Anda tidak akan direpotkan dengan akumulasi bunga atau denda yang terus bertambah setelah pinjaman jatuh tempo.

2. Manfaatkan pinjaman tanpa bunga

Cara mengatasi hutang pinjaman selanjutnya adalah dengan memanfaatkan pinjaman tanpa bunga.

Anda dapat mencari pinjaman tanpa bunga dari keluarga, teman, atau perusahaan tempat Anda bekerja. Jika utang online sudah berhasil dilunasi, maka yang harus Anda lakukan hanyalah mencoba melunasi pinjaman tanpa bunga dan selesai.

3. Gunakan sebagian dari tabungan Anda

Menabung merupakan antisipasi kebutuhan yang mendesak, terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga dan memiliki banyak tanggungan.

Tidak ada salahnya menggunakan sebagian tabungan Anda untuk melunasi hutang Anda secara online agar total pinjaman Anda tidak berlipat ganda. Jika hutang online Anda telah dilunasi, Anda akan memiliki lebih banyak kebebasan untuk mendapatkan uang Anda kembali untuk menumbuhkan brankas tabungan Anda.

4. Mencari bantuan dari anggota keluarga lainnya

Anda mungkin memiliki hutang online untuk kepentingan keluarga Anda. Misalnya, ketika orang tua sakit atau anggota keluarga membutuhkan perawatan intensif setelah kecelakaan. Hutang ini bisa dilunasi bersama keluarga besar. Ini berarti Anda tidak perlu menanggung beban utang Anda sendiri.

Coba ajak pasangan, saudara, atau kerabat dekat lainnya untuk mengumpulkan uang secara kolektif untuk melunasi utang online.

5. Penjualan aset

Jika aset investasi Anda tidak bisa terjual dengan cepat, ajukan pinjaman online untuk mendapatkan uang tunai instan.

Oleh karena itu, Anda juga bisa melunasi hutang Anda secara online dengan menjual aset investasi Anda. Aset investasi Anda bisa berupa rumah, tanah, emas, dll.

Plus, Anda dapat menarik deposit Anda untuk melunasi hutang online Anda tepat waktu tanpa menimbulkan beberapa bunga dan denda tambahan.

6. Menjalankan usaha sampingan atau bisnis

Cara mengatasi hutang selanjutnya adalah dengan menjalankan usaha atau bisnis sampingan.

Melunasi utang secara online seringkali terkendala dengan pendapatan pas-pasan yang hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, Anda tidak boleh berkecil hati karena ada jalan keluar lain, menjalankan bisnis sampingan atau bisnis.

Dengan pekerjaan paruh waktu atau bisnis, Anda dapat meningkatkan penghasilan bulanan Anda. Nantinya, penghasilan ini bisa digunakan untuk melunasi utang secara online tepat waktu.

Anda bisa menekuni bisnis sampingan atau bisnis sesuai dengan minat Anda, sehingga Anda menikmati dan merasa nyaman serta selalu produktif saat bekerja.

7. Lunasi pinjaman Anda dengan biaya minimal

Beberapa platform penyedia pinjaman online menawarkan opsi pembayaran pinjaman dengan biaya minimal, sehingga jumlahnya lebih kecil dari cicilan wajib. Misalnya, Anda bisa membayar biaya minimal Rp 400.000 meskipun kewajiban cicilan yang harus Anda bayarkan adalah Rp 700.000 per bulan.

Jika Anda sudah memiliki uang ekstra di kemudian hari, jangan lupa untuk melunasi hutang Anda secara online tepat waktu, dan jangan berpikir untuk membayar biaya minimum berturut-turut.

Cara melunasi hutang pinjol tanpa bayar, cara melunasi hutang pinjol legal, bantuan pelunasan hutang online, cara melunasi hutang pinjol dengan cepat, aplikasi pelunasan hutang, cara melunasi hutang pinjol ilegal, bantuan pelunasan hutang online 2022, pinjaman untuk melunasi hutang