Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengaktifkan Google Translate Di Keyboard Android Secara Otomatis

Cara Mengaktifkan Google Translate Di Keyboard Android Secara OtomatisDi zaman sekarang ini, menerjemahkan suatu bahasa bukanlah hal yang rumit. Bahkan sangat mudah berkat perkembangan teknologi yang semakin maju. Di ponsel atau smartphone Android, sebenarnya kita bisa menerjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lain. Misalnya, Anda dapat mengaktifkan Google Terjemahan secara otomatis di keyboard Android Anda.

Bayangkan saja kemudahan mengetik apa yang ingin Anda ketahui, dan terjemahan dalam bahasa yang diinginkan akan langsung muncul secara otomatis. Hal ini tentunya akan sangat membantu dalam aktivitas Anda sehari-hari, terutama bagi Anda yang ingin berbicara bahasa Inggris atau bahasa lain dengan cepat dan mudah.

Mungkin Anda biasanya perlu masuk ke aplikasi terjemahan untuk menerjemahkan kata atau kalimat, tetapi kali ini Anda tidak perlu khawatir lagi dengan kenyamanan, cukup tulis di papan ketik dan Anda bisa menerjemahkan ke bahasa apa pun yang ingin Anda pilih. Sama seperti terjemahan, dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya, dari bahasa Thailand, Italia bahkan Jawa, Sunda, Dayak, Bangalore dan banyak lainnya.

Jadi, bagaimana cara mengaktifkan Google Translate secara otomatis di keyboard ponsel Android Anda? Mari kita simak informasi tutorialnya bersama-sama.

Cara Mengaktifkan Google Translate Di Keyboard Android Secara Otomatis

Cara Mengaktifkan Google Translate Di Keyboard Android Secara Otomatis

1. Memiliki Aplikasi GBoard

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memastikan kalau HP atau Smartphone kamu memiliki Gboard atau Keyboard Google.

Jika kamu tidak memiliki aplikasi tersebut, kamu dapat mendownload atau unduh terlebih dahulu melalui penyedia layanan resmi Google Playstore pada perangkat ponsel pintar kamu. Setelah selesai mendownload, instal dan kemudian jalankan aplikasi.

Pada tampilan halaman awal saat membuka aplikasi Gboard, pilih opsi "Pilih Metode Memasukan" . Opsi ini dipilih untuk megubah tipe keyboard HP atau Smartphone kamu, yang awalnya keyboard biasa dialihkan menjadi Gboard yang akan memungkinkan kamu untuk menerjemahkan sebuah kata pada penulis yang di inginkan.

2. Mengubah Keyboard ke GBoard

Setelah kamu masuk ke tahap pengaturan dan berhasil mengubah keyboard menjadi Gboard, maka kini papa ketik kamu sudah bisa digunakan untuk fitur translate Bahasa yang kamu inginkan. Selanjutnya, untuk segera menggunakannya silahkan kamu pergi ke Layanan SMS, atau pada aplikasi catatan di HP Android kamu.

3. Memilih Layanan Bahasa Penerjemahan

Setelah pergi ke Layanan SMS atau pada aplikasi catatan, sentuh tempat dimana kamu ingin menulis. Selanjutnya, segera keyboard akan ditampilkan, bukan? Saat Keyboard sudah tampil, arahkan perhatian kamu pada Icon translate yang tersedia di papan ketik tersebut. Biasanya terletak di tengah diantara fitur lainnya.

Pada tampilan fitur tersebut kamu sudah dapat memilih Bahasa mana yang ingin kamu gunakan. Kamu juga dapat memilih pilihan Bahasa secara langsung di keyboard tersebut dengan banyaknya pilihan untuk memenuhu kebutuhan kamu.

4. Translate Dari Bahasa Satu Ke Bahasa Lainnya

Jika sebelumnya menerjamahkan suatu Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris, maka kamu juga dapat menerjemahkan sebeliknya dengan memilih Icon ditengah seperti tanda panah bolak balik. Akan sangat praktis untuk menggonta ganti Bahasa kemudia menerjemkannya secara otomatis.

5. Tetap Gunakan Bahasa Resmi

Jika kamu biasanya melakukan pengetikan pada HP Android kamu dengan penggunaan bahasa yang tidak formal (secara singkat), cobalah mulai dari sekarang, kamu menggunakan bahasa yang resmi. Mengapa harus begitu? Agar penerjamahan juga dapat dilakukan dengan baik. Jika kamu menggunakan kata yang sulit dimengerti atau pengetikan secara singkat, sistem tidak dapat menerjemahkannya.

6. Gunakan Sesuai Kebutuhan

Anda dapat menggunakan dan mengaktifkan fitur ini secara otomatis sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda. Anda dapat menggunakannya untuk melakukan percakapan melalui WhastApp, Sms, Telegram, Instagram dan Facebook. Jika Anda tidak ingin menggunakannya lagi, Anda dapat menonaktifkan fitur terjemahan.

Uraian di atas semoga membantu Anda memahami cara mengaktifkan Google Translate secara otomatis di keyboard Android Anda. Sangat mudah bukan? Sekarang Anda dapat dengan mudah dan cepat menerjemahkan bahasa apa pun di keyboard Anda.

Manfaatkan fitur canggih ini hari ini. Selain fitur ini yang membantu Anda memasukkan kalimat dari satu bahasa ke bahasa lain, Anda juga dapat berlatih langsung dalam aktivitas sehari-hari untuk dapat mempelajari berbagai bahasa. mungkin berguna.