Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Pinjam Uang Di Shopee Pengguna Baru

Cara Pinjam Uang Di Shopee Pengguna BaruTidak hanya layanan keuangan (ShopeePay) dan beli sekarang, bayar kemudian (SPayLater), Shopee kini juga menawarkan layanan pinjaman online melalui SPinjam. Lantas, bagaimana cara pinjam uang di Shopee? Apakah ada syarat dan prosedur terpisah selain fungsi PayLater?

Pada artikel berikut ini akan kami ulas tuntas mengenai cara dan ketentuan peminjaman uang di Shopee melalui fitur SPinjam. Penasaran dan ingin mencoba fitur baru ShopeePay? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

BISAKAH ANDA MEMINJAM UANG DI SHOPEE?

Saya bisa. Saat ini pengguna Shopee dapat menggunakan layanan pinjaman online melalui fitur SPinjam. SPinjam adalah fitur baru yang menyediakan layanan pinjaman uang tunai online untuk pengguna ShopeePay.

Keunggulan SPinjam adalah menawarkan bunga rendah, cicilan bulanan, dan proses aplikasi yang sederhana. Pinjaman tersedia dalam 4 kali angsuran, 2 bulan/3 bulan/6 bulan dan 12 bulan.

Namun, tidak semua pengguna Shopee dapat menggunakan SPinjam untuk meminjam uang secara online. Fitur ini hanya tersedia untuk pengguna Shopee tertentu dan mereka yang telah mengaktifkan fitur di dompet digital Shopee mereka.

SPInjam adalah salah satu produk resmi Shopee yang dikelola oleh PT. Lentera Dana Nusantara di luar ShopeePay dan SPayLater. Selain resmi, fitur ini juga telah terdaftar di OJK dan telah mendapat jaminan keamanan dari lembaga tersebut.

Cara menggunakan SPinjam tidak berbeda dengan meminjam uang di Shopee Paylater. Namun, prosedur pembayarannya sedikit berbeda.

Sebelum SPinjam dapat meminjam uang, pengguna harus mengaktifkannya. Ini karena fitur ini tidak akan muncul di akun Shopee Anda jika belum diaktifkan.

BAGAIMANA CARA MEMUNCULKAN SPINJAM DI SHOPEE?

Untuk mengaktifkan SPinjam, silahkan siapkan nomor handphone ShopeePay, nomor handphone alternatif, rekening, bank dan ID berupa ID, kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Buka aplikasi Shopee dan masuk dengan nama pengguna dan kata sandi Anda.
  • Di bagian Beranda, klik Menu Saya.
  • Cari dan klik menu SPLoan > pilih Activate Now.
  • Akan muncul 6 digit kode, masukkan kode OTP untuk verifikasi > pilih Continue.
  • Jika Anda pengguna baru, silakan unggah foto ID Anda dan masukkan data ID Anda di kolom yang disediakan. Jika Anda sudah pernah mendaftar di SPayLater sebelumnya, mohon periksa kembali data dan ID yang ditampilkan di layar.
  • Selanjutnya, lengkapi Informasi Tambahan > Konfirmasi. Untuk nomor ponsel, gunakan +62 atau 62 alih-alih 0 sebagai awalan.
  • Periksa semua data dan pastikan sudah benar.
  • Selanjutnya, tekan tombol "Mulai Verifikasi Wajah" untuk melakukan verifikasi wajah. Arahkan kamera ke wajah, gunakan layar yang tersedia untuk mengatur posisi, dan klik bagian tengah. Saat memverifikasi wajah, pastikan wajah cerah dan tidak buram.
  • Setelah verifikasi wajah berhasil, proses aplikasi aktivasi SPinjam langsung diproses.
APA SYARAT PINJAMAN ONLINE SHOPEE?

Setelah fungsi SPinjam berhasil diaktifkan, Anda sebenarnya bisa meminjam uang di Shopee.

Namun perlu diingat bahwa Anda harus terlebih dahulu memahami cara mendapatkan Pinjaman Shopee dan tata cara pembayarannya agar tidak bingung. Berikut beberapa syarat peminjaman uang di Shopee Pinjam:
  • Aktifkan fungsionalitas SPinjam untuk pengguna yang dipilih.
  • Tidak ada riwayat keterlambatan pembayaran dengan SPayLater atau Spinjam.
  • ShopeePay harus diaktifkan terlebih dahulu.
  • Cicilan bulanan mulai 1,95%.
  • biaya 3% per transaksi.
  • Pembayaran cicilan tersedia untuk jangka waktu 2/3/6 dan 12 bulan.
bagaimana? Apakah Anda salah satu pengguna yang dapat memenuhi persyaratan Spinjam di atas? Kalau begitu dan tertarik untuk pinjam uang di Shopee, yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini.

BAGAIMANA CARA MEMINJAM UANG DI SHOPEE?

Cara pinjam uang di SPinjam di Shopee mudah dan tidak ribet. Langkahnya tidak jauh berbeda dengan membayar setelah meminjam uang di Shopee Nanti.

Sebelum meminjam uang, pastikan Anda telah mengaktifkan fitur dan memenuhi persyaratan di atas. Jika demikian, ikuti langkah-langkah ini:
  • Buka aplikasi Shopee > masuk dengan nama pengguna dan kata sandi Anda.
  • Di halaman beranda, klik Menu Saya > pilih SPLoan > Terapkan.
  • Pada halaman Apply for a Loan, atur jumlah pinjaman dengan menggerakkan kursor sesuai nama yang Anda inginkan.
  • Selanjutnya, pilih Durasi Pinjaman, tersedia opsi 2 / 3 / 6 / 12 bulan, klik salah satu.
  • Siapkan rekening bank untuk menerima dana pinjaman dari Shopee.
  • Jika belum ada rekening, klik Tambah Rekening Bank, lalu masukkan nama dan nomor rekening bank target > klik Lanjutkan.
  • Periksa semua data yang disajikan untuk memastikan sudah benar dan sesuai. Saat notifikasi muncul di layar, klik Continue.
  • Detail aplikasi pinjaman akan menunjukkan cicilan + biaya penanganan, klik Ajukan Sekarang untuk mengajukan pinjaman online ke Shopee.
  • Konfirmasi pengiriman dengan memasukkan PIN ShopeePay 6 digit Anda.
  • Proses pengajuan pinjaman online akan segera diproses dan menunggu notifikasi pengajuan berhasil muncul.
  • Setelah menemukan notifikasi pengajuan berhasil, Shopee akan otomatis mengirimkan dana ke rekening yang Anda masukkan sebelumnya berdasarkan pengajuan.
Nah, perhatikan berapa cicilan bulanan dan tanggal pelunasannya. Anda dapat melihat informasi dalam rincian transaksi.

BISAKAH SAYA MEMBAYAR PINJAMAN SHOPEE?

tentu. Fitur SPinjam memang menjadi salah satu layanan pinjaman online yang bisa dibayar atau dibayar oleh Shopee. Dengan mengaktifkan Spinjam, Anda mendapatkan dana darurat yang bisa langsung dibayarkan.

Berbeda dengan PayLater yang hanya bisa digunakan untuk transaksi Shopee, Anda bisa menggunakan dana SPinjam untuk berbagai keperluan, termasuk pembayaran tunai.

Untuk menarik dana SPinjam Anda, Anda hanya perlu menarik uang yang dikirimkan Shopee ke rekening yang Anda gunakan untuk meminjam uang.

BERAPA LAMA WAKTU YANG DIBUTUHKAN SHOPEE UNTUK PENCAIRAN PINJAMAN?

Proses pencairan dana Pinjaman Shopee berbeda. Untuk pengiriman ke bank BCA, Mandiri dan BRI, pencairan dana bisa instan/instan. Sedangkan BNI dan bank yang belum terverifikasi membutuhkan waktu hingga 2 hari kerja.

Pembayaran dari bank lain, terverifikasi atau tidak terverifikasi, akan memakan waktu lebih lama, hingga 7 hari kerja.

MENGAPA TIDAK ADA PINJAMAN SHOPEE DI SHOPEE SAYA?


Seperti disebutkan sebelumnya, fungsionalitas SPinjam hanya tersedia untuk pengguna tertentu. Jadi jika Anda tidak memiliki fitur ini di akun Anda, berarti Anda tidak memenuhi kriteria pengguna SPinjam.

Selain itu, biasanya Shopee memberlakukan peraturan yang berbeda di setiap daerah. Bisa jadi daerah tempat tinggal Anda tidak termasuk dalam daftar lokasi yang termasuk SPinjam.

Seperti Shopee Food, Shopee Borrow tidak tersedia di semua wilayah. Hal ini disebabkan karena keterbatasan peraturan peminjaman tradisional yang berbeda-beda di setiap daerah.