Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

8 Bansos Cair di Juli 2022, Berikut Daftar dan Syarat Dapat Bantuan

8 Bansos Cair di Juli 2022, Berikut Daftar dan Syarat Dapat Bantuan

Hingga bulan ini, bantuan sosial masih disalurkan. Misalnya, bantuan PKH, kartu prakerja untuk UMKM BLT, akan diterbitkan pada Juli 2022.

Menteri Keuangan Sri Mulyani juga menaikkan anggaran bansos tahun ini. Sri Mulyani menambahkan, anggaran perlindungan sosial sebesar Rp 18,6 triliun.

Baru-baru ini, pemerintah membayar Rp 312,9 miliar ke BLT Desa. Dana Desa BLT membayar Rp 300.000 untuk setiap rumah tangga penerima manfaat (KPM).

https://www.juragandesa.net/2022/07/8-bansos-cair-di-juli-2022-berikut.html

8 Bansos Cair di Juli 2022, Berikut Daftar dan Syarat Dapat Bantuan

Okezone juga merangkum daftar bansos yang bisa disalurkan bulan ini:

1. Dana Desa BLT

Bantuan Langsung Tunai (BLT) akan kembali disalurkan pada Juli 2022. BLT ini berasal dari Dana Desa.

BLT Dana Desa disalurkan kepada keluarga miskin dan kurang mampu di desa dengan bantuan tunai bulanan sebesar Rp 300.000 per rumah tangga penerima manfaat (KPM).

Sebelumnya, BLT Desa 312,9 miliar rupiah tercatat di NTT oleh Kanwil Departemen Keuangan Provinsi Nusa Tenggara Timur Kementerian Keuangan per Mei 2022.

“BLT senilai Rp 300.000 dialokasikan kepada setiap keluarga penerima manfaat untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan hidupnya,” kata Catur Ariyanto Widodo, Kepala Kanwil Kemenkeu, DJPb NTT.

2. Bantuan modal kerja

Bantuan Modal Kerja (BMK) merupakan salah satu bantuan sosial yang akan disalurkan pada Juli 2022. Diantaranya, BMK mengeluarkan 1,2 juta rupiah kepada pelaku usaha.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memberikan bantuan modal kerja langsung.

Bantuan sebesar Rp1,2 juta yang diberikan Presiden tersebut merupakan Bantuan Modal Kerja (BMK) bagi penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH).

Presiden ingin bantuan tersebut dimanfaatkan semaksimal mungkin sebagai tambahan modal usaha.

“Seharusnya 1,2 juta itu digunakan untuk tambahan modal usaha, atau Rp 300.000 untuk pembelian kebutuhan pokok, terutama minyak goreng,” kata Presiden.

3. Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja kemungkinan akan dilikuidasi kembali atau dibuka kembali pada Juli 2022. Kartu Prakerja Gelombang 34 terakhir akan ditutup pada Rabu, 29 Juni 2022.

Persyaratan pendaftaran kartu prakerja:

a. Warga negara Indonesia berusia di atas 18 tahun.

b. Saat ini tidak sedang mengenyam pendidikan formal.

C. Pekerja/buruh yang sedang mencari pekerjaan, diberhentikan, atau perlu ditingkatkan kapasitas kerjanya, seperti pekerja/buruh yang diberhentikan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

d. Tidak ada penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.

e) Pimpinan dan anggota yang bukan penyelenggara negara BUMN atau BUMD, DPRD, ASN, prajurit TNI, polisi, kepala desa dan perangkat desa serta direksi/komisaris/anggota dewan pengawas.

F. Maksimal 2 Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam Kartu Keluarga (KK) yang merupakan penerima Kartu Prakerja.

4. Bantuan Sosial PKH

Bantuan Program Keluarga Harapan tentunya masih akan disalurkan pada Juli 2022. Bantuan ini diberikan dengan berbagai cara, mulai dari anak sekolah hingga lansia.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, bantuan PKH itu dikeluarkan untuk mendongkrak nilai tukar petani (NTP). Pasalnya, bantuan sosial yang diterima dapat meningkatkan daya beli masyarakat.

"Ini akan membantu nilai tukar mereka karena juga akan meningkatkan daya beli petani dan nelayan," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Program bansos PKH merupakan program bansos yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Bantuan sosial PKH mencapai Rp 28,7 triliun, menargetkan 10 juta penerima bantuan sosial

- Rp3 juta untuk ibu hamil dan anak usia 0-6

- Usia SD Rp900 ribu

- Rp 1,5 juta untuk Siswa Sekolah Menengah

- Rp 2 juta untuk anak usia SMA

- Rp 2,4 juta untuk penyandang disabilitas

- Rp 2,4 juta untuk lansia di atas 70 tahun.

5. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau BLT Minyak Goreng

Indeks bantuan ditetapkan sebesar Rp 200.000/bulan per rumah tangga penerima manfaat (KPM). Minyak goreng BLT untuk didistribusikan kembali oleh pemerintah dan dibayar tunai

Diketahui, anggaran BLT minyak goreng senilai Rp 7,5 triliun. Hal itu berdasarkan usulan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang meminta tambahan bantuan sosial sebesar Rp 18,6 triliun.

6. Bantuan tunai untuk PKL dan warung

Besaran BT-PKLWN sebesar Rp600.000 per orang untuk 2,76 juta penerima yaitu 1 juta PKLW dan 1,76 juta nelayan.

Sebelumnya, sebanyak 240.000 PKL dan PW menerima bantuan sebesar Rp 1,2 juta hari ini, menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto.

Airlangga menjelaskan mekanisme yang ada saat ini adalah pejabat Polri dan TNI akan turun langsung untuk melakukan registrasi dan verifikasi PKL dan PW yang berhak mendapatkan bantuan BT-PKLW.

“Calon penerima yang sudah terdaftar dan terverifikasi akan mendapat undangan untuk mengambil bantuan di Polsek atau Kodim setempat,” jelasnya.

7. BLT UMKM

BLT UMKM merupakan salah satu bantuan yang paling ditunggu oleh para pelaku usaha. Bantuan tersebut diharapkan akan dirilis pada Juli 2022.

Program BLT UMKM atau Bantuan Produksi Usaha Mikro (BPUM) BPUM diketahui dikatakan mampu meningkatkan pendapatan pelaku usaha dan menghidupkan kembali kegiatan usahanya.

Eddy Satriya, Perwakilan Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM), mengatakan sebagian besar UMKM masih membutuhkan BLT UMKM atau Badan Usaha Mikro (BPUM) pada 2022.

Eddy mengatakan total anggaran untuk UMKM BLT sekitar Rp 7,68 triliun.

"BPUM 2022 tetap berjalan. Namun, negara kita menunggu anggaran Kementerian Keuangan, dengan total anggaran sekitar Rp 7,68 triliun," katanya.

8. BLT Subsidi Upah

BLT terakhir yang dibayarkan pada Juli 2022 adalah subsidi upah. BLT subsidi upah sedang menunggu pemrosesan oleh Departemen Keuangan.

Staf Khusus Menteri Tenaga Kerja Dita Indah Sari mengatakan BLT sebesar Rp 1 juta atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2022 masih dalam proses penyusunan regulasi.

"Kami masih menyusun Kementerian Peraturan dan Badan Koordinasi," katanya.

Dita bingung kapan harus mulai mencari pendanaan BSU. Pihaknya belum memberikan tenggat waktu yang pasti karena regulasi masih dalam proses penyusunan.

Artikel ini telah tayang di economy.okezone.com dengan judul “8 Bansos Cair di Juli 2022, Berikut Daftar dan Syarat Dapat Bantuan