Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Orang Tua Dalam Mendidik Anak di Rumah.


C.    Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Orang Tua Dalam Mendidik Anak di Rumah.


Setiap orang tentu menginigkan anaknya menjadi orang yang berkembang secara sempurna. Mereka menginginkan anak yang di lahirkan itu kelak menjadi orang yang sehat, kuat, berketrampilan, cerdas, pandai dan beriman. Bagi orang islam, beriman itu adalah beriaman secara islam. Dalam taraf yang sederhana, orang tua tidak menginginkan anaknya lemah, sakit-sakitan, penganggur, bodoh dan nakal. Pada tingkat yang paling sederhana, orang tua tidak menginginkan anaknya nakal dan menjadi menjadi penganggur. Dan taraf yang paling terakhir nakal. Kenakaln akan menyababkan orang tua mendapat malu  dan kesulitan.
Untuk mencapai tujuan itu, orang tualah yang menjadi pendidikan pertama dan utama. Kaidah ini di tetapkan secara kodrati; artinya orang tua tidak dapat berbuat lain, mereka harus mendapatkan posisi itu dalm hal bagai manapun juga. Mengapa? Kerena mereka di takdirkan menjadi orang tua anak yang di lahirkannya. Oleh kerena itu mau tidak mau mereka harus menjadi penanggung jawab pertama dan utama. Kaidah ini diakui oleh semua agama dan semua sistem nilai yang dikenal manusia.
Sehubungan dengan tugas serta tanggung jawab itu maka ada baiknya orang  tua mengetahui sedikit mengenai apa dan ban bagaimana pendidikan dalm rumah tangga. Pengetahuan itu sekurang-kurangnya dapat menjadi penuntun, rambu-rambu bagi orang tua dalam menjalankan tugasnya. ( Drs Ahmad Tafsir 2004)