Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

KABAR GEMBIRA...! BLT UMKM RP11,76 TRILIUN SIAP DISALURKAN UNTUK PELAKU USAHA

BLT UMKM RP11,76 TRILIUN SIAP DISALURKAN UNTUK PELAKU USAHA

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tahun 2021 akan tetap dicairkan. Meskipun Kementerian Koperasi dan UKM menyatakan meskipun ancaman dan tantangan pemulihan ekonomi nasional (PEN) semakin berat.

Eddy Satriya, Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM kembali menjelaskan bahwa anggaran BPUM yang telah disiapkan pemerintah pada tahun 2021 ini sebesar Rp11,76 triliun yang akan diperuntukkan bagi 9,8 juta pelaku usaha mikro di seluruh Indonesia. Eddy Satriya mengharapkan akan ada tambahan untuk 3 juta penerima lagi.

Eddy Satriya berharap dengan adanya Bantuan Langsung Tunai (BLT) Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dapat membantu pelaku usaha untuk tetap bertahan di masa krisis pandemi Covid-19 yang belum ada tanda-tanda mereda. Meskipun tahun ini nominalnya turun menjadi Rp1,2 juta per penerima.

"Kita tetap mengharapkan ada pendataan dari Kepala Dinas dan stakeholder terkait. Meski tahun ini nominalnya turun menjadi Rp1,2 juta per penerima tapi kami rasa Bantuan Langsung Tunai (BLT) Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bisa jadi tambahan modal produktif dan jadi tambahan untuk pengadaan bahan baku bagi pelaku usaha mikro," sambung Eddy.

Selain Bantuan Langsung Tunai (BLT) Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), ada juga bantuan program restrukturisasi, pemberian subsidi bunga KUR dan non KUR, PPh final ditanggung pemerintah, imbal jasa penjaminan dan penyediaan dana bergulir bagi koperasi yang disalurkan melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) yang merupakan Satuan Kerja dari KemenkopUKM.

SUMBER