Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Tag Judul & Praktik Terbaik Menulis Tag Judul

Pernahkah Anda memikirkan apa yang memotivasi pengguna untuk mengeklik tautan dan menjelajahi penawaran merek Anda? Ini adalah sesuatu yang dikenal sebagai tag judul. Tag judul adalah judul literal halaman yang memberi pengunjung ringkasan halaman dalam beberapa kata, membantu mereka menilai apakah itu relevan dengan kebutuhan mereka.

Apa itu Tag Judul & Praktik Terbaik Menulis Tag Judul


Apa itu Tag Judul?

Tag judul – juga dikenal sebagai tag judul HTML – adalah judul halaman web. Ini memberi pengguna dan mesin pencari ide singkat tentang konten halaman. Tag judul memiliki panjang sekitar 60 karakter dan muncul di mesin pencari sebagai hal pertama yang dapat dilihat oleh pencari di halaman hasil pencarian. Tag judul memainkan peran penting dalam optimasi mesin pencari karena mereka membuat kesan pertama pada pengguna. Mereka adalah garis tipis antara pengguna yang mengklik atau melewatkan halaman Anda.

Pentingnya Tag Judul dalam SEO

Judul tag memainkan peran yang sangat penting dalam SEO. Menjadi hal pertama yang dilihat pengguna, mereka menjadi kesan pertama yang dibuat pada calon pelanggan. Mereka juga merupakan hal pertama yang dianalisis oleh halaman hasil mesin pencari (SERP) untuk melihat apakah konten yang Anda terbitkan relevan dengan judul. Jika tag judul Anda tidak ada hubungannya dengan konten utama yang dipublikasikan di halaman, kemungkinan besar SERP akan menurunkan peringkatnya. Ini memberi tag judul kekuatan untuk memutuskan rasio klik-tayang halaman web Anda dan peringkatnya di SERP.

Apa Perbedaan Antara Tag Judul dan Judul Halaman?

Sangat mudah untuk mengacaukan tag judul dengan judul halaman. Judul halaman adalah judul yang muncul setelah pengguna mengklik halaman web Anda. Di sisi lain, tag judul adalah apa yang muncul di SERP. Namun, lebih dari 90% pemilik/penerbit halaman web mempertahankan tag judul dan judul halaman yang sama. Menjaga keduanya tetap identik tidak berdampak pada peringkat hasil pencarian dan merupakan praktik yang tersebar luas karena menjadi opsi default yang tersedia di sebagian besar situs web dan alat manajemen konten. Namun, tidak ada aturan keras dan cepat yang menyarankan bahwa tag judul dan judul halaman harus sama. Selama keduanya unik (tidak menjiplak atau dimodifikasi secara diam-diam) dari situs web pesaing, tidak ada salahnya. Selain itu, bahkan jika Anda mempublikasikan judul halaman dan tag judul yang sama, Anda dapat mengunjunginya kembali dan melakukan pengoptimalan halaman atau tag judul kapan saja.

Praktik Terbaik Menulis Tag Judul

Panjang Judul

Panjang judul dalam SEO adalah sekitar 60 karakter. Lebih dari itu muncul sebagai '.....' kepada pemirsa, yang dapat mengganggu dan mengalihkan perhatian pengguna ke judul berikutnya di SERP. Seluruh proses optimasi tag judul adalah untuk memastikan bahwa judul sesuai dengan batas karakter tetapi belum menarik perhatian. Ini karena sebagian besar pencari hanya menghabiskan beberapa detik untuk membaca tag judul dan memutuskan apakah itu relevan. Orang cenderung melewatkan konten utama jika tag judul tidak menarik bagi mereka.

Tulis Judul yang Unik & Mudah Dibaca

Selain mempertahankan panjang judul dalam SEO, tag judul harus unik agar dapat berjalan dengan baik di SERP. Apa pun yang dijiplak atau tidak terkait dengan konten utama halaman web Anda akan didorong ke bawah oleh mesin pencari. Judul yang unik adalah kunci untuk menarik perhatian pencari. Tag judul Anda juga harus dapat dibaca dan dimengerti pada pandangan pertama. Jika itu penuh dengan kata-kata mewah atau sulit untuk ditafsirkan, kemungkinan pengguna akan melewatkan seluruhnya.

Penggunaan Kata Kunci Utama

Kata kunci utama adalah kata-kata yang paling terkait dengan halaman web atau postingan Anda. Ini memberi pengguna gambaran tentang apa yang Anda tawarkan dan merupakan fokus utama halaman web. Kata kunci utama memiliki volume pencarian yang tinggi dan, jika digunakan dengan benar, bertanggung jawab untuk mendorong peringkat Anda di atas pada SERP. Anda harus memasukkan kata kunci utama Anda dalam tag judul dan bahkan tag judul meta halaman web Anda. Ini memberi pengguna dan mesin telusur wawasan yang jelas tentang apa yang diperlukan halaman Anda.

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Kata Kunci SEO

Terlalu sering menggunakan kata kunci primer dan sekunder target Anda dapat membuat SERP mendeteksi halaman web Anda dan kontennya sebagai spam. Ini untuk mengekang mereka yang mengubah judul, deskripsi Meta, URL, tautan balik, atau konten lain yang terlihat untuk mengelabui algoritma SERP untuk mendorong peringkat halaman web mereka. Praktik ini menyebabkan banyak keuntungan yang tidak adil dan konten spam online. Namun, mesin pencari dan pembaca sama-sama menyadari manipulasi karena penggunaan kata kunci yang sama secara berlebihan yang cenderung membuat mereka enggan mengunjungi halaman itu.

Gunakan Kata Kunci Merek Anda dengan Bijak

Kata kunci merek adalah kata kunci yang menyertakan halaman web atau nama domain Anda apa adanya. Ini termasuk nama merek asli dan variasinya dan terkait dengan produk, layanan, atau penawaran Anda. Untuk menggunakan kata kunci merek, Anda harus tahu kapan harus melakukannya dan di mana harus meletakkannya. Kata kunci merek adalah penarik perhatian yang sangat baik jika mereka adalah merek yang terkenal dan populer di kalangan orang-orang. Dalam hal ini, Anda dapat meletakkan kata kunci merek di awal tag judul atau tag Meta. Namun, jika Anda adalah merek yang sedang naik daun atau merek dengan pengakuan tingkat menengah, yang terbaik adalah menggunakan kata kunci merek di paruh kedua judul atau tag judul meta Anda.

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Menulis Tag Judul

Menulis Tag Judul Panjang

Meskipun Anda dapat melebihi batas karakter tag judul, hal itu dapat merusak perhatian pencari dan membuatnya tertinggal. Karena sebagian besar pengguna menginginkan jawaban dan solusi cepat, mereka mungkin beralih ke hasil pencarian berikutnya alih-alih mengklik tag judul yang setengah terlihat.

Isian Kata Kunci

Seperti disebutkan di atas, isian kata kunci adalah praktik manipulatif yang dimaksudkan untuk meningkatkan peringkat halaman di SERP. Namun, dengan algoritme yang lebih baik, sebagian besar mesin pencari dapat melihat pola berulang dari isian kata kunci dan menurunkan peringkat halaman web Anda, membuat praktik ini kontraproduktif untuk meningkatkan jangkauan Anda.

Kanibalisasi Kata Kunci

Kanibalisasi kata kunci adalah praktik menggunakan kata kunci yang sama di berbagai bagian atau halaman situs web Anda untuk mendapatkan visibilitas di SERP. Namun, ini mengarahkan mesin pencari untuk menimbang halaman mana yang paling relevan dengan kata kunci secara bersamaan menekan peringkat orang lain. Ini membuat Anda bersaing dengan halaman Anda alih-alih halaman pesaing dan menghancurkan kualitas konten yang diterbitkan karena pengguna dan mesin pencari akan menemukan beberapa halaman dengan kata kunci yang sama dan akhirnya harus mempertimbangkan mana yang paling relevan dengan kueri mereka.

Contoh Tag Judul dalam SEO

Untuk memahami apa itu tag judul SEO dan cara menulis tag judul yang menarik, berikut adalah contoh tag judul yang dapat Anda pertimbangkan:
  • Turunkan berat badan dengan cepat dengan tips penurunan berat badan yang didukung oleh sains ini.
  • Menulis hanya tiga jam dan menghasilkan uang secara online.
  • Panduan pemula untuk optimasi SEO untuk peringkat elit.
  • Selesaikan proses KYC Anda di rumah dalam 3 langkah mudah.
  • Cara yang terbukti untuk membangun kebiasaan yang baik dan produktif.
  • Dapatkan semua kebutuhan rumah Anda dengan setengah harga dan potongan harga.

Catatan Akhir

Kesan pertama dan tag judul adalah untuk mesin pencari dan pengguna. Namun, satu-satunya fokus Anda seharusnya tidak untuk menyenangkan mesin pencari dan mendorong peringkat Anda ke atas tetapi harus lebih pada apa yang diinginkan pengguna dan bagaimana Anda menonjol dari pesaing. Pada akhirnya, Anda harus dapat menarik hati sanubari pengguna atau memicu rasa ingin tahu mereka melalui tag judul Anda.