Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Pembelajaran Kooperatif

Pengertian Pembelajaran Kooperatif


Model pembelajaran kooperatif merupakan serangkaian kegiatan belajar yang dikakukan oleh siswa dalam kelompok-kelompok tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Menurut Pendapat beberapa para ahli tentang pembelajaran kooperatif yaitu:

Menurut Anita Lie (2007: 29) model pembelajaran kooperatif tidak sama dengan sekedar belajar dalam kelompok.

Menurut Slavin dalam Isjoni (2009: 15) pembelajaran kooperatif adalah suatu model pembelajaran dimana siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya 5 orang dengan struktur kelompok heterogen.

Menurut Sunal dan Hans dalam Isjoni (2009: 15) pembelajaran kooperatif merupakan suatu cara pendekatan atau serangkaian strategi yang khusus dirancang untuk memberi dorongan kepada siswa agar bekerja sama selama proses pembelajaran.

Menurut Stahl dalam Isjoni (2009: 15) pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan belajar siswa lebih baik dan meningkatkan sikap saling tolong-menolong dalam perilaku sosial.

Menurut Arif Rohman (2009: 189) pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang menekankan pada saling ketergantungan positif antar individu siswa, adanya tanggung jawab perseorangan, tatap muka, komunikasi intensif antar siswa, dan evaluasi proses kelompok.

Menurut Sugiyanto (2010: 37) pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar.

Demikianlah Pengertian Pembelajaran Kooperatif menurut pendapat beberapa para ahli. Semoga pembahasan diatas bermanfaat. Salam juragandesa.net