Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bansos Sembako BPNT Senilai Rp2,4 Juta Mulai Cair Januari 2022 ke KPM, Cara Usul dan Sanggah di Aplikasi Ini

Bansos Sembako BPNT Senilai Rp2,4 Juta Mulai Cair Januari 2022 ke KPM, Cara Usul dan Sanggah di Aplikasi Ini

Bansos Sembako BPNT Senilai Rp2,4 Juta Mulai Cair Januari 2022 ke KPM, Cara Usul dan Sanggah di Aplikasi Ini

Cara usul dan sanggah Bansos Sembako BPNT senilai Rp2, 4 juta bisa dicoba dalam satu aplikasi Cek Bansos Kemensos. Cara Usul bisa dipakai supaya dapat Bansos Sembako BPNT Rp2, 4 juta yang cair bulan Januari 2022.

Bansos Sembako BPNT Rp2, 4 juta sebagaimana diketahui merupakan bantuan untuk masyarakat miskin dari Kemensos dengan total penerima 18, 8 juta Keluarga Penerima Manfaat ataupun KPM di Indonesia.

Bantuan stimulus ekonomi luncuran pemerintah ini hendak disalurkan dengan nominal dana bantuan Rp200 ribu per keluarga tiap bulannya mulai bulan Januari 2022 dengan besaran Rp2, 4 juta total bila diberikan dalam 12 bulan penyaluran.

Bansos sembako BPNT Rp2, 4 juta mulai Januari 2022 ini hanya menyasar golongan masyarakat tertentu yang penuhi ketentuan selaku KPM.

Golongan yang layak memperoleh bansos sembako BPNT antara lain merupakan masyarakat miskin ataupun rentan miskin yang terdampak pandemi Covid- 19 dan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ataupun DTKS.

Data DTKS bisa diakses di link dtks. kemensos. go. id yang jadi acuan dalam penyaluran Bansos Sembako BPNT Rp2, 4 juta serta bantuan yang lain dari Kemensos.

Warga yang tadinya jadi pemegang Kartu Keluarga Sejahtera( KKS) dapat memperoleh bansos sembako BPNT Rp2, 4 juta asal bukan bagian dari anggota Aparatur Sipil Negara( ASN), TNI, serta Polri.

Penerima Bansos Sembako BPNT Rp2, 4 juta bulan Januari 2022 akan terdaftar di aplikasi Cek Bansos ataupun link cekbansos. kemensos. go. id disaat melakukan cek dengan nama lengkap serta alamat domisili cocok data di KTP.

Penerima yang tidak cocok dengan kriteria sebagaimana di atas, bisa dilaporkan kepada pihak Kemensos supaya ditinjau kembali. Sedangkan, masyarakat yang belum dapat Bansos Sembako BPNT Rp2, 4 juta dapat mengajukan usulan namanya ke aplikasi Cek Bansos.

Menu Sanggah dipakai untuk lapor penerima Bansos Sembako BPNT Rp2, 4 juta yang tidak cocok sasaran serta Menu Usul digunakan buat mendaftarkan diri selaku penerima bantuan di aplikasi Cek Bansos.

Cara Usul penerima Bansos Sembako BPNT Rp2, 4 juta dapat dilakukan di aplikasi Cek Bansos dengan langkah sebagai berikut:
  • Unduh aplikasi Cek Bansos
  • Buat akun baru ataupun user ID
  • Login menggunakan user ID yang telah diaktivasi serta diverivikasi oleh admin Kemensos
  • Masuk menu Tanggapan Kelayakan
  • Pilih menu Usul
  • Lengkapi data pengusul buat memperoleh bansos sembako BPNT
Adapun, cara Sanggah penerima Bansos Sembako BPNT Rp2, 4 Juta bulan Januari 2022 merupakan berikut ini:
  • Unduh aplikasi Cek Bansos
  • Login memakai user ID yang telah diaktivasi serta diverivikasi oleh admin Kemensos
  • Masuk menu Tanggapan Kelayakan
  • Bagikan tanggapan pada KPM yang dinilai tidak layak menerima bansos
Sesudah mengisi menu Usul ataupun Sanggah, tanggapan masyarakat akan diproses oleh Kemensos.

Usulan akan diproses serta diinformasikan lebih lanjut, sedangkan aduan penerima Bansos Sembako BPNT Rp2, 4 juta yang salah sasaran akan diberhentikan oleh Kemensos jika terbukti tidak cocok kriteria.

Pengusulan dan pelaporan akan melalui prosedur tertentu yang diresmikan oleh Kemensos supaya penyaluran bantuan sosial ataupun Bansos Sembako BPNT Rp2, 4 juta demi kemakmuran rakyat bisa berjalan efektif.

Penting diketahui, tidak hanya bisa melaksanakan pengusulan serta pelaporan ataupun Usul serta Sanggah di aplikasi Cek Bansos, masyarakat juga bisa melakukan cek penerima di aplikasi yang sama.***

Artikel ini telah tayang di beritadiy.pikiran-rakyat.com dengan judul “Bansos Sembako BPNT Senilai Rp2,4 Juta Mulai Cair Januari 2022 ke KPM, Cara Usul dan Sanggah di Aplikasi Ini