Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Daftar Bansos Kemensos Rp600 Rinu Tahun 2022 Online Lewat HP serta Syarat Dapat BPNT Kartu Sembako

Cara Daftar Bansos Kemensos Rp600.000 2022 Online Lewat HP serta Syarat Dapat BPNT Kartu Sembako

Cara Daftar Bansos Kemensos Rp600.000 2022 Online Lewat HP serta Syarat Dapat BPNT Kartu Sembako

Berikut ini cara daftar bantuan sosial atau bansos Rp600. 000 online 2022 Kementerian Sosial( Kemensos), lengkap dengan syarat dapat bantuan BPNT/ Kartu Sembako.

Sebelum membahas syarat dan cara daftar bansos Rp600. 000 online 2022, perlu diketahui bahwa bantuan Rp600. 000 merupakan bansos BPNT/ Kartu Sembako dari Kemensos selama tiga bulan berturut- turut, dari akumulasi setiap bulannya Rp200. 000.

Lantas, apa saja syarat dan cara daftar bansos online 2022 agar layak dapatkan bantuan BPNT/ Kartu Sembako sebesar Rp600. 000.

Syarat- syarat daftar bansos BPNT/ Kartu Sembako 2022

Kemensos masih menerapkan syarat Data Terpadu Kesejahteraan Sosial( DTKS) bagi calon penerima bansos BPNT/ Kartu Sembako 2022, antara lain:
  • Calon penerima bansos BPNT/ Kartu Sembako Rp600. 000 2022 tergolong masyarakat miskin/ rentan miskin.
  • Calon penerima bansos BPNT/ Kartu Sembako Rp600. 000 2022 merupakan masyarakat yang terdampak Covid- 19 atau kehilangan mata pencaharian karena pemutusan hubungan kerja( PHK).
  • Calon penerima bansos BPNT/ Kartu Sembako Rp600. 000 2022 bukan anggota Aparatur Sipil Negara( ASN), TNI, Polri.
Jika syarat- syarat DTKS sudah sesuai, calon penerima bansos Rp600. 000 dapat segera melakukan cara daftar bansos BPNT 2022 online.

Tahapan cara daftar bansos BPNT/ Kartu Sembako Rp600. 000 online 2022

Untuk tata cara daftar bansos BPNT/ Kartu Sembako online, Kemensos mewajibkan masyarakat melakukan pendaftaran DTKS.

Adapun tata cara daftar bansos online 2022 di DTKS, dapat dilakukan calon penerima bansos BPNT/ Kartu Sembako setelah melakukan pendaftaran DTKS offline berikut ini:
  • Siapkan, HP, KTP, dan KK, lalu melakukan pendaftaran DTKS Kemensos di kantor desa/ kelurahan setempat.
  • Usai daftar, calon penerima bansos BPNT/ Kartu Sembako dapat menunggu pihak desa/ kelurahan menganalisis data lewat musyawarah, guna diputuskan status kelayakan masuk DTKS Kemensos.
  • Hasil musyawarah selanjutnya akan dimuat dalam berita acara yang ditandatangani oleh kepala desa/ lurah dan perangkat desa lainnya.
  • Berita acara lalu digunakan dinas sosial untuk diverifikasi dan divalidasi datanya dengan instrumen lengkap melalui kunjungan rumah tangga.
  • Jika sudah diverifikasi serta divalidasi, operator desa/ kecamatan akan menginput data masyarakat di aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial( SIKS).
  • Selanjutnya, data akan diproses oleh dinas sosial untuk diverifikasi dan divalidasi, dan dilaporkan kepada bupati/ wali kota.
  • Setelah itu, bupati/ wali kota akan menyampaikan hasil verifikasi dan validasi data yang telah disahkan kepada gubernur, kemudian diteruskan kepada menteri.
  • Jika data calon penerima bansos BPNT/ Kartu Sembako telah lengkap, maka bank- bank Himbara, kantor kelurahan, dan kantor wali kota/ kabupaten akan memproses data terkait.
  • Terakhir, calon penerima bansos BPNT/ Kartu Sembako akan dibuatkan rekening bank dan diberikan Kartu Keluarga Sejahtera( KKS).
Calon penerima bantuan BPNT/ Kartu Sembako 2022 yang sudah melakukan pendaftaran DTKS offline, selanjutnya dapat melakukan tahapan cara daftar bansos online melalui aplikasi Cek Bansos.

Pada tahapan ini, masyarakat diberikan kesempatan untuk mengusulkan diri sebagai keluarga penerima manfaat( KPM) BPNT/ Kartu Sembako 2022.

Berikut ini cara pengusulan mandiri KPM bansos BPNT/ Kartu Sembako 2022 online di DTKS Kemensos.
  • Calon penerima bantuan BPNT/ Kartu Sembako 2022 menyiapkan HP, KTP, KK.
  • Setelah itu, unduh aplikasi Cek Bansos di Play Store.
  • Apabila sudah masuk aplikasi Cek Bansos, pilih menu daftar usulan untuk daftarkan diri, keluarga, tetangga, atau masyarakat yang sudah terdata di DTKS Kemensos sebagai KPM BPNT/ Kartu Sembako 2022.
  • Lalu, pilih tambah usulan, dan sistem secara otomatis akan mencocokkan nama, data NIK, data KK, status kesesuaian Dukcapil, dan kesesuaian pengusul sesuai data DTKS Kemensos.
  • Terakhir, masyarakat pilih bansos BPNT/ Kartu Sembako.
Apabila masyarakat sudah tergolong sebagai KPM BPNT/ Kartu Sembako 2022, maka bansos dari Kemensos berhak didapatkan sebesar Rp200. 000 setiap bulan, atau Rp600. 000 selama tiga bulan.

Bansos BPNT/ Kartu Sembako 2022 nanti akan cair melalui bank- bank Himbara yang sudah ditentukan Kemensos, seperti Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri, dan Bank BTN.

Demikianlah informasi terkait cara daftar bansos online 2022 melalui HP, dan syarat dapatkan BPNT/ Kartu Sembako 2022 Rp600. 000 untuk tiga bulan.***

Artikel initelah tayang di depok.pikiran-rakyat.com dengan judul “Cara Daftar Bansos Kemensos Rp600.000 2022 Online Lewat HP serta Syarat Dapat BPNT Kartu Sembako