Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ini Bansos yang Cair di 2022, dari Rp300 Ribu Hingga Rp3 Juta



Ini Bansos yang Cair di 2022, dari Rp300 Ribu Hingga Rp3 Juta

                             Ini Bansos yang Cair di 2022, dari Rp300 Ribu Hingga Rp3 Juta

Bantuan sosial alias bansos masih ada pada 2022. Setidanya terdapat 3 jenis bansos yang masih akan diberikan oleh pemerintah dengan jenis serta jumlah yang bermacam- macam.

Pemberian bansos tetap dilakukan pemerintah demi membantu masyarakat supaya lekas pulih pasca terimbas pandemi Covid- 19 yang telah hampir 2 tahun berlangsung. Bansos pula disalurkan buat mengungkit daya beli serta tingkat kesejahteraan warga.

Berikut daftar bansos yang akan diberikan pemerintah pada 2022:

Kartu Prakerja
Program Kartu Prakerja dipastikan kembali bergulir tahun depan. Rencananya, gelombang Kartu Prakerja berikutnya dibuka pada Februari 2022.

Kartu Prakerja ialah bantuan untuk warga yang belum bekerja, kehilangan pekerjaan, ataupun usahanya terdampak sebab pandemi Covid- 19. Program ini dimulai semenjak 2020.
Dalam program ini, tiap peserta yang lolos berhak mendapat dana Rp 3, 55 juta. Dari jumlah tersebut, dana sebesar Rp 1 juta diberikan buat peserta membeli paket pelatihan daring.
Usai melakukan pelatihan serta mendapatkan sertifikat kelulusan awal, partisipan hendak memperoleh dana sebesar Rp 600 ribu per bulan. Dana tersebut hendak disalurkan selama 4 bulan dengan jumlah yang sama.

Tidak hanya itu, para peserta hendak memperoleh dana bonus sebesar Rp 150 ribu setelah mengisi 3 kali survei.

Bantuan Pangan Non Tunai( BPNT) & Program Keluarga Harapan( PKH)

BPNT serta PKH ditentukan senantiasa mengalir pada 2022. Bantuan ini hendak diberikan kepada keluarga penerima manfaat( KPM).

BPNT yang diberikan nilainya mencapai Rp 200 ribu per bulan buat tiap KPM.

Sementara buat PKH, diberikan kepada KPM yang mempunyai kriteria tertentu ialah, keluarga yang mempunyai bunda hamil/ bayi hendak menerima dorongan Rp 3 juta per tahun.

Setelah itu, PKH buat keluarga yang mempunyai anak SD menerima Rp 900 ribu per tahun, anak SMP Rp 1, 5 juta serta anak SMA Rp 2 juta per bulan.

Bila di keluarga tersebut terdapat penyandang disabilitas/ lanjut usia, hingga bansos PKH yang diterima merupakan Rp 2, 4 juta.

Apabila sesuatu keluarga mempunyai 2 anak SD, hingga bantuan sosial/ bansos PKH yang diberikan berlipat ganda, ialah Rp 900 ribu ditambah Rp 900 ribu jadi Rp 1, 8 juta per tahun.

Bantuan Langsung Tunai( BLT) Dana Desa

BLT Dana Desa hendak diberikan pada tahun depan dengan besaran Rp 300 ribu per keluarga.

Tidak hanya 3 bansos di atas, pemerintah mulai Februari 2022 hendak meluncurkan program Jaminan Kehilangan Pekerjaan( JKP) yang ialah mandat dari Peraturan Pemerintah( PP) 37/ 2021 tentang Penyelenggaraan Program JKP.

Program ini dapat dimanfaatkan para pekerja yang terdampak PHK serta penuhi ketentuan tertentu. Bantuan yang diberukan berbentuk duit tunai, data lapangan kerja, sampai pelatihan kerja.

Bermacam sarana tersebut bisa dimanfaatkan untuk pekerja yang telah terdaftar dalam program BPJS Ketenagakerjaan serta menyelesaikan iuran sangat sedikit 12 bulan dalam 24 bulan, ataupun paling tidak sudah membayar iuran 6 bulan berturut- turut saat sebelum PHK.

Penerima program ini merupakan pekerja ataupun buruh yang telah terdaftar ataupun baru saja didaftarkan oleh industri dalam program jaminan sosial.

Artikel ini sudah tayang di www. cnbcindonesia. com dengan judul“ Ini Bansos yang Cair di 2022, dari Rp300 Ribu Hingga Rp3 Juta