Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makalah Pemasaran Online Lengkap

Penyusunan makalah harus memperhatikan aturan tertentu dan landasan teori yang mendukung. Hal ini bisa Anda perhatikan pada contoh makalah tentang pemasaran untuk penyusunan makalah nantinya.
Makalah Pemasaran Online Lengkap

Contoh Makalah Pemasaran Online

BAB I
PENDAHULUAN



A. Latar Belakang

Pemasaran online adalah proses jual beli seperti transaksi pada umumnya tetapi dilakukan secara online menggunakan sistem komputer berbasis online interaktif dan berkaitan dengan pelanggan dan penjual melalui elektronik. Tujuannya untuk menjual produk secara online.

Menjalankan bisnis secara online memang cukup mudah dilakukan karena cukup menggunakan jaringan internet. Terdapat juga berbagai jenis barang atau jasa yang bisa dipasarkan secara online dan beberapa pilihan cara pemasaran yaitu sosial media, mesin pencari, marketplace, website, dan mobile apps.

Menjalankan bisnis secara online mempunyai beberapa keuntungan meskipun pada kenyataannya tidak semulus yang dibayangkan. Terdapat beberapa hambatan dalam bisnis online yang bisa menjadi penyebab sebuah usaha akhirnya harus gulung tikar.

Beberapa kendala dalam bisnis online yaitu maraknya kasus penipuan jual beli online, tingkat persaingan yang semakin tinggi dari waktu ke waktu serta kemajuan teknologi yang semakin pesat. Bahkan koneksi internet yang buruk juga bisa menjadi sebuah kendala dalam bisnis online.

Meskipun memiliki beberapa kendala, tetapi pemasaran online mempunyai keunggulan diantaranya lebih hemat biaya promosi karena tidak perlu menyewa tempat jualan. Berikutnya bisnis ini tidak terikat waktu maupun tempat sehingga bisa dikerjakan kapan saja.

Dengan menjalankan bisnis online, maka pemilik bisnis bisa menjadi seorang manajer sekaligus owner. Tentu saja bisnis ini tidak membutuhkan bos untuk mengatur jadwal kerja serta untuk menjalankan bisnis.

Namun Anda sendiri yang akan mengatur jadwal serta menentukan jenis strategi pemasaran yang dibutuhkan agar mendapat target penjualan yang maksimal. Bisnis online juga lebih hemat waktu dan biaya karena transaksi jual beli dengan konsumen cukup dilakukan melalui media internet.

Bila Anda ingin terjun secara total dalam bisnis online maka anda harus siap dengan beberapa risiko diantaranya produk tersebut sepi peminat. Jika produk anda kurang diminati maka kemungkinan penyebabnya adalah produk anda masih belum banyak dikenal dan harganya yang cukup mahal.

Kasus penipuan memang sering terjadi dalam transaksi jual beli online. Hal ini dapat menurunkan tingkat kepercayaan konsumen dan membuat mereka lebih takut membeli produk secara online.

Namun penjual online bisa melakukan beberapa cara agar pembeli percaya pada produk Anda. Cara tersebut yaitu memberikan informasi produk secara lengkap dan memberikan garansi jika terjadi kerusakan pada produk yang dipesan oleh konsumen.

Sasaran dalam pemasaran online yaitu konsumen online yang secara keseluruhan meliputi generasi usia muda, berpendidikan, lebih makmur dan didominasi oleh kaum wanita. Tetapi, dari waktu ke waktu jumlah konsumen online terus meningkat dan tidak terbedakan.

Dalam pemasaran online, mesin pencari mempunyai peran yang besar untuk memberikan informasi produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Informasi tersebut diberikan secara lengkap sehingga memudahkan konsumen menemukan penjual online yang direkomendasikan.

B. Rumusan Masalah

Melalui latar belakang di atas maka terdapat beberapa poin yang bisa menjadi rumusan masalah untuk makalah ini, yaitu :
  1. Apakah yang dimaksud pemasaran online?
  2. Apa saja manfaat pemasaran online bagi pemasar dan pembeli?
  3. Apakah yang dimaksud pemasaran langsung?
  4. Apa saja dampak positif dan negatif pemasaran secara langsung?
  5. Apa saja saluran yang terdapat dalam pemasaran langsung?

BAB II
PEMBAHASA


A. Pemasaran Online

Pemasaran online dianggap sebagai kegiatan promosi yang menggunakan sistem komputer berbasis online interaktif untuk menghubungkan pembeli maupun penjual melalui elektronik. Sedangkan anggapan lain, pemasaran online sama dengan pemasaran pada umumnya tetapi dilakukan secara online.

Pemasaran secara online bertujuan menjual produk berupa barang maupun jasa dengan cara online. Jenis pemasaran ini melibatkan internet sebagai media penjualan produk sehingga ada banyak pilihan dalam memasarkan produk yang dapat dilakukan.

B. Manfaat Pemasaran Online

1. Bagi Pembeli

  • Kemudahan dalam memesan produk selama 24 jam dimana saja pembeli berada tanpa harus repot keluar rumah.
  • Memperoleh informasi yang lengkap seputar produk sebagai bahan perbandingan produk satu dengan lainnya dari penjual yang berbeda.
  • Lebih minim bujukan dari penjual dan pembeli juga tidak harus mengantri untuk memperoleh produk yang diinginkan.
2. Bagi Pemasar

  • Bisa menyesuaikan dengan kondisi pasar sehingga penjual bisa menentukan harga dan produk sesuai permintaan pasar.
  • Lebih hemat biaya promosi produk.
  • Meningkatkan komunikasi antara penjual dan pembeli. Penjual juga bisa memperoleh informasi produk secara lebih lengkap baik berupa tulisan maupun video.
  • Dapat dijadikan tolak ukur jumlah pengunjung yang hadir pada website bisnis sehingga pemasar bisa meningkatkan promosi dan penawaran kepada calon konsumen.
C. Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung memiliki pengertian sebagai sistem pemasaran berupa komunikasi langsung antara penjual dengan target konsumen untuk memperoleh tanggapan dengan segera atau hanya sekedar membina hubungan jangka panjang dengan para pelanggan lama.

Pelaksanaan pemasaran langsung memakai saluran-saluran secara langsung dengan konsumen agar bisa menjangkau serta menyerahkan produk ke konsumen tanpa adanya pihak perantara pemasaran.

Jenis saluran yang dipakai pemasaran secara langsung bisa berupa katalog, email,website, telemarketing dan lain-lain. Saat ini semakin banyak pemasar yang melakukan pemasaran langsung demi menjalin hubungan jangka pendek dengan mengirim bingkisan atau ucapan ke pelanggan.

D. Dampak Positif & Negatif

1. Dampak Positif
  • Pembeli bisa menikmati belanja online secara lebih aman dan menyenangkan tanpa harus keluar rumah. Selain itu konsumen bisa memilih sendiri produk dari toko online sesuai keinginan berdasarkan informasi yang disediakan oleh toko online.
  • Penjual dapat menjangkau lebih banyak konsumen dari berbagai kalangan yang memungkinan membeli produk yang ditawarkan secara online.

2. Dampak Negatif
  • Pembeli kemungkinan akan terganggu dengan banyaknya layanan iklan online yang bersifat agresif atau bersifat memaksa.
  • Penjual harus siap melayani pemesanan dari pembeli selama 24 jam secara lebih sabar dan telaten.
E. Jenis Saluran Pemasaran Secara Langsung

Pemasaran langsung memiliki beberapa saluran yang bisa dipakai agar dapat menjangkau serta menyerahkan produk kepada pembeli tanpa melalui perantara. Jenis saluran tersebut antara lain :

a. Surat Langsung

Surat ini digunakan untuk mengirimkan tawaran, alat pengingat, pemberitahuan maupun informasi lain kepada pelanggan. Melalui daftar alamat surat yang dimiliki, pemasar bisa mengirimkan brosur, surat, video dan lain-lain kepada pelanggan.

b. Katalog

Katalog sering digunakan oleh perusahaan untuk memasarkan produk-produknya. Katalog tersebut berisi informasi lengkap produk lama sampai terbaru yang ingin ditawarkan ke konsumen. Selain berupa gambar, katalog juga bisa berupa video agar lebih menarik konsumen.

c. Telemarketing

Jenis saluran ini merupakan pemakaian telepon atau call center agar menarik minat konsumen. Selain itu penjual bisa menawarkan produk ke pelanggan lama melalui telemarketing serta memberikan layanan menjawab pertanyaan atau pesanan.

BAB III
PENUTUP


Kesimpulan
  • Setiap perusahaan memiliki strategi pemasaran yang berbeda baik itu secara tradisional maupun modern. Perkembangan teknologi memang berdampak pada jenis promosi yang dilakukan oleh penjual melalui internet yang lebih menguntungkan bagi kedua belah pihak.
  • Pemasaran online memberikan manfaat bagi penjual dan pembeli dalam transaksi jual beli sehingga transaksi tidak terbatas oleh tempat maupun waktu. Hal ini memungkinkan penjual dapat meningkatkan omset penjualan produk-produknya.
Demikianlah informasi yang memberitahu Anda tentang pemasaran. Ini hanya beberapa keunggulan yang bisa Anda ketahui sebab masih banyak lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan. Jangan ketinggalan informasi seputar riset pasar, pemasaran online, pemasaran digital dan lain-lain yang terkait dengannya yang sangat bermanfaat dirisetpasar.id