Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Punya Ini Jadi Tahu Jadwal Kapan Bansos Sembako 2022 Cair, Penuhi Syarat Ini Dapat BPNT Kemensos Rp2,4 Juta

Punya Ini Jadi Tahu Jadwal Kapan Bansos Sembako 2022 Cair, Penuhi Syarat Ini Dapat BPNT Kemensos Rp2,4 Juta

Punya Ini Jadi Tahu Jadwal Kapan Bansos Sembako 2022 Cair, Penuhi Syarat Ini Dapat BPNT Kemensos Rp2,4 Juta

Punya ini jadi tahu jadwal kapan bansos sembako 2022 cair, penuhi syarat berikut dapat BPNT Kemensos Rp2, 4 juta.

Seperti diketahui pada tahun 2022 ini, Pemerintah menyiapkan Rp45, 12 triliun dari APBN untuk program bansos sembako yang dijalankan Kemensos.

Program bansos sembako atau BPNT, singkatan dari bantuan pangan non tunai tahun 2022 menyasar 18, 8 juta keluarga penerima manfaat atau KPM.

BPNT sendiri merupakan program bansos sembako yang dijalankan Kemensos, bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat miskin.

Adapun bansos sembako atau BPNT dari Kemensos cair setiap bulan di 2022, mulai Januari hingga Desember melalui kartu ATM yang dimiliki penerima.

Jika masuk dalam daftar penerima bansos sembako atau BPNT, masyarakat akan dapat bantuan Rp200 ribu per bulan, atau totalnya Rp2, 4 juta.

Berikut cara mendapat Kartu Bansos Sembako:

1. Pendaftaran peserta Keluarga Penerima Manfaat( KPM) dilakukan oleh Kemensos

2. Calon KPM akan mendapat surat pemberitahuan berisi teknis pendaftaran di tempat yang telah ditentukan

3. Data yang telah diisi oleh calon penerima diproses secara paralel dan sinergis oleh bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara( Himbara), kantor kelurahan dan kantor walikota/ kabupaten

4. Calon KPM perlu membawa data pelengkap seperti Kartu Keluarga( KK), KTP, NIK( jika ada), dan Kode Unik Keluarga/ Individu dalam Data Terpadu

5. Setelah verifikasi data selesai, penerima dorongan sosial hendak dibukakan rekening di bank dan mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera( KKS)

6. Penerima bantuan sosial yang telah memiliki KKS dapat langsung datang ke e- warong( Elektronik Warung Gotong Royong) terdekat

Simak syarat dapat BPNT:

• Berstatus WNI( Warga Negara Indonesia)

• Termasuk ke dalam golongan keluarga miskin atau rentan miskin.

• Bukan Aparatur Sipil Negara( ASN), TNI, dan Polri.

• Warga terdampak covid- 19 atau kehilangan mata pencaharian karena pemutusan hubungan kerja( PHK)

Pada pekan ini, Pemerintah sudah mulai menyalurkan Kartu Keluarga Sejahtera atau Kartu Sembako, di mana kartu tersebut sebagai syarat pencairan BPNT.

Maka ketika kamu sudah dapat BPNT, segera cairkan di e- warong terdekat untuk ditukar dengan sembako. Bagi yang punya KKS, waktu pencairan menunggu pengumuman Dinsos setempat.

Berikut cara cek kamu masuk daftar penerima BPNT atau tidak:

1. Buka aplikasi atau link online cekbansos. kemensos. go. id.

2. Masukan nama Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, dan Desa atau Kelurahan sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk( KTP).

3. Masukan nama lengkap sesuai dengan KTP.

4. Masukan kode verifikasi yang tertera, dan tekan‘ refresh’ jika kode yang muncul kurang jelas.

5. Tekan tombol‘ Cari Data’.

Adapun tanda penerima Bansos BPNT dari Kemensos, yakni memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau KKS. Tanda kedua adalah terdaftar di dtks. kemensos. go. id dan cekbansos. kemensos. go. id.

Demikian penjelasan punya ini jadi tahu jadwal kapan bansos sembako 2022 cair, penuhi syarat berikut dapat BPNT Kemensos Rp2, 4 juta.***

Artikel ini telah tayang di beritadiy.pikiran-rakyat.com dengan judul “Punya Ini Jadi Tahu Jadwal Kapan Bansos Sembako 2022 Cair, Penuhi Syarat Ini Dapat BPNT Kemensos Rp2,4 Juta