Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Siap-siap, Ini 4 BLT Bansos yang Cair pada 2022

Siap-siap, Ini 4 BLT Bansos yang Cair pada 2022

                                           Siap-siap, Ini 4 BLT Bansos yang Cair pada 2022
Pemerintah masih akan menyalurkan beberapa bantuan sosial ataupun bansos 2022 kepada masyarakat yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara tahun ini. Tujuan bansos atau bantuan langsung tunai ini adalah untuk membantu ekonomi masyarakat di tengah pandemi. Sejumlah paket bantuan sosial dan stimulus fiskal disalurkan, salah satunya melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional( PEN) 2022.

Ada 4 macam bansos tahun ini yang masih akan diberikan oleh pemerintah dengan bermacam tipe serta jumlah.

Berikut daftar bansos yang akan diberikan pemerintah pada 2022 kepada masyarakat.

1. Bantuan Pangan Non Tunai( BPNT) serta Program Keluarga Harapan( PKH)

Dipastikan BPNT/ Kartu Sembako dan PKH tetap dialokasikan pada 2022 kepada Keluarga Penerima Manfaat( KPM). BPNT yang dibagikan mencapai Rp200 ribu per bulan untuk setiap KPM.

Sementara itu, PKH disalurkan untuk kriteria tertentu, yaitu keluarga yang memiliki ibu hamil/ balita akan menerima bantuan sejumlah Rp3 juta per tahun. Lalu, keluarga yang memiliki anak SD akan menerima Rp 900 ribu per tahun, anak SMP Rp 1, 5 juta per bulan, serta anak SMA Rp2 juta per bulan. Apabila di keluarga terdapat penyandang disabilitas/ lansia, maka dana bantuan yang diterima sebanyak Rp 2, 4 juta.

Jika di dalam sebuah keluarga terdapat 2 anak SD, maka bansos PKH yang diberikan akan berlipat ganda sesuai jumlah pada kategori. Anda bisa mengecek status penerimaan melalui situs https:// cekbansos. kemensos. go. id/ dengan mengikuti petunjuk yang tersedia.

2. Kartu Prakerja untuk 2, 9 juta peserta

Rencananya, program Kartu Prakerja akan dibuka kembali pada Februari 2022. Program ini ditujukan bagi masyarakat yang belum bekerja, kehilangan pekerjaan, atau usahanya terdampak pandemi Covid- 19.

Melalui program ini, setiap peserta yang lolos akan mendapatkan dana senilai Rp3, 55 juta. Lalu, dari jumlah tersebut, dana sebesar Rp1 juta diberikan untuk peserta membeli paket pelatihan daring.

Setelah melakukan pelatihan dan mendapatkan sertifikat kelulusan pertama, peserta akan diberikan dana senilai Rp600 ribu per bulan sepanjang 4 bulan. Selain itu, peserta juga akan mendapatkan dana tambahan sebesar Rp 150 ribu setelah mengisi 3 kali survei.

3. Dukungan program Jaminan Kehilangan Pekerjaan( JKP)

Mulai Februari 2022 pemerintah akan mengeluarkan program JKP yang merupakan instruksi dari Peraturan Pemerintah( PP) 37/ 2021 Tentang Penyelenggaraan Program JKP. Penerima manfaat dari program ini adalah pekerja atau buruh yang terdaftar atau baru didaftarkan oleh perusahaan dalam program jaminan sosial.

Bantuan yang diberikan berupa uang tunai, informasi lapangan kerja, dan pelatihan kerja. Namun, berbagai fasilitas ini dapat diterima bagi pekerja yang sudah terdaftar dalam program BPJS Ketenagakerjaan dan menyelesaikan iuran minimal 12 bulan dalam 24 bulan atau 6 bulan berturut- turut sebelum diberhentikan.

4. BLT Desa

BLT Dana Desa akan diberikan dengan besaran Rp 300 ribu per KPM. Anda bisa mengecek jumlah penerimaan melalui situs https:// sid. kemendesa. go. id/ dana- desa. Anda hanya perlu memasukkan nama desa sesuai domisili.

Artikel ini telah tayang di kabar24.bisnis.com dengan judul “Siap-siap, Ini 4 BLT Bansos yang Cair pada 2022