Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

PKH Kemensos Sudah Disalurkan! Buka Aplikasi atau Link Ini, Bansos Rp750 Ribu per Orang Mulai Cair Februari

PKH Kemensos Sudah Disalurkan! Buka Aplikasi atau Link Ini, Bansos Rp750 Ribu per Orang Mulai Cair Februari

                                    PKH Kemensos Sudah Disalurkan! Buka Aplikasi atau Link Ini, Bansos Rp750 Ribu per Orang Mulai Cair Februari

Bansos tunai Program Keluarga Harapan( PKH) dari Kementerian Sosial( Kemensos) untuk tahap 1 dengan besaran hingga Rp750 ribu per orang mulai disalurkan di bulan Februari 2022 ini. Buruan buka aplikasi“ Aplikasi Cek Bansos” ataupun link cekbansos. kemensos. go. id, untuk mengetahui apakah namamu terdaftar sebagai penerima bansos PKH Kemensos di tahap 1 ataupun tidak.

Kriteria Penerima Bansos PKH Tahun 2022

Adapun yang bisa dapat bansos tunai PKH Kemensos tahun ini masih sama seperti tahun lalu, mulai dari balita, ibu hamil, lanjut usia, anak sekolah SD, SMP, SMA, serta penyandang disabilitas.

Masing– masing golongan penerima bansos tunai PKH dari Kemensos ini harus penuhi kriteria supaya bisa dapat bantuan hingga Rp750 ribu per orang.
  1. Balita Merupakan anak umur dini di umur 0– 6 tahun maksimal 2 anak dalam satu keluarga
  2. Ibu hamil Maksimal 2 kali kehamilan
  3. Lansia Berusia di atas 70 tahun, maksimal satu orang dalam satu keluarga
  4. Penyandang Disabilitas Maksimal satu orang dalam satu keluarga, termasuk penyandang disabilitas fisik serta penyandang disabilitas mental
  5. Anak sekolah SD Berusia 6– 21 tahun, belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun
  6. Anak sekolah SMP Berusia 6– 21 tahun, belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun
  7. Anak sekolah SMA Berusia 6– 21 tahun, belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun
Sementara itu, pihak Kemensos memberikan batasan yang bisa dapat bansos PKH dalam satu keluarga maksimal hanya 4 orang saja. Nominal bansos PKH untuk masing- masing golongan penerima manfaat di atas juga memiliki besaran yang berbeda.

Perlu diketahui, bansos PKH akan disalurkan kepada penerima per tahap ataupun per 3 bulan selama satu tahun( Januari– Desember 2022). Setiap tahap ataupun per triwulan, golongan penerima bansos PKH akan memperoleh bansos mulai dari Rp225 ribu untuk siswa SD, Rp375 ribu untuk siswa SMP, Rp500 ribu untuk siswa SMA, Rp600 ribu untuk penyandang disabilitas serta lanjut usia, dan Rp750 ribu untuk balita serta ibu hamil.

Sementara itu, untuk bulan Februari 2022 ini, bansos PKH tahap 1 hendak mulai disalurkan kepada penerima manfaat melalui top up ke rekening bank masing- masing Keluarga Penerima Manfaat( KPM) pada 21 Februari 2022.

Cara Cek Penerima PKH Tahun 2022

Masyarakat yang sudah merasa memenuhi syarat, kriteria, dan tentunya telah terdaftar DTKS dapat langsung cek apakah pihaknya jadi penerima bansos PKH Kemensos ataupun tidak lewat cara berikut:
  1. Klik Link cekbansos.kemensos.go.id
  2. Cara ini bisa dicoba menggunakan HP, laptop, ataupun pc, cukup sediakan KTP untuk cek lewat link cekbansos. kemensos. go. id, berikut cara lengkapnya:
  3. Klik cekbansos. kemensos. go. id
  4. Pada kolom“ Wilayah PM (Penerima Manfaat)” pilih data Provinsi, Kab/ Kota, Kecamatan, dan Desa sesuai KTP
  5. Masukkan juga nama sesuai KTP pada kolom“ Nama PM( Penerima Manfaat)”
  6. Ketik Huruf Kode sesuai yang tertera lengkap dengan spasinya
  7. Bila informasi telah percaya benar, klik“ CARI Informasi”
  8. Link
cekbansos.kemensos.go.id akan menampilkan hasil sesuai data yang dimasukkan. Bila terdaftar menjadi penerima PKH, maka pada kolom“ PKH” akan timbul penjelasan lengkap pada“ status”,“ ket”, dan“ periode”. Buka Aplikasi Cek Bansos

Cara ini bisa dicoba lewat HP Android, cukup download aplikasi bernama Aplikasi Cek Bansos terlebih dahulu yang terdapat di Google PlayStore.
  1. Lakukan login, jika belum mempunyai akun, bisa daftar akun terlebih dulu.
  2. Buka aplikasi“ Aplikasi Cek Bansos”
  3. Pilih menu“ Cek Bansos”
  4. Masukkan pilihan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan, dan nama sesuai KTP
  5. Klik“ Car Data”
Jika lolos menjadi penerima bansos PKH Kemensos, maka akan timbul keterangan data penerima, serta jenis bansos. Tahun 2022 ini, PKH Kemensos akan disalurkan kepada 10 juta KPM yang telah terdaftar DTKS dan memenuhi syarat.***

Artikel ini telah tayang di https://beritadiy.pikiran-rakyat.com/ dengan judul “PKH Kemensos Sudah Disalurkan! Buka Aplikasi atau Link Ini, Bansos Rp750 Ribu per Orang Mulai Cair Februari