Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Alhamdulillah!! Program KUR Tahun 2022, Plafon Pinjaman Naik Hingga Rp100 Juta, Cara dan Syaratnya Cek Disini!

Ini adalah berita bagus bagi wirausahawan independen yang ingin meningkatkan pendanaan mereka untuk pengembangan bisnis pada tahun 2022.

Pada awal tahun 2022, pemerintah meluncurkan skema Kredit Usaha Rakyat Mikro (KUR), yang memungkinkan masyarakat untuk mengajukan pinjaman dari pemerintah, terutama yang sudah memiliki usaha.

Pinjaman modal ini dapat diajukan melalui beberapa bank BUMN yang ditunjuk oleh pemerintah.

Alhamdulillah!! Program KUR Tahun 2022, Plafon Pinjaman Naik Hingga Rp100 Juta, Cara dan Syaratnya Cek Disini!

Tahun ini, pemerintah bahkan menaikkan batas atas Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi Rp 373,16 triliun pada 2022.

Keputusan itu diambil dalam rapat koordinasi yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada Rabu 29 Desember 2021 melalui Sekretariat Komite Kebijakan Pembiayaan UMKM.

Dalam rencana KUR 2022, pemerintah juga telah menyesuaikan beberapa kebijakan KUR, antara lain mengubah cap KUR mikro sebelumnya (tanpa agunan tambahan) dari Rp 10 juta menjadi Rp 50 juta menjadi Rp 10 juta menjadi Rp 100 juta tameng.

Perubahan KUR atau klaster khusus kemudian dilakukan tanpa membatasi akumulasi pagu KUR untuk sektor produksi (non-perdagangan).

Selain itu, perubahan kebijakan KUR penempatan PMI, antara lain penyesuaian cap KUR penempatan PMI dari maksimal Rp25 juta menjadi maksimal Rp100 juta, serta perubahan pandemi Covid-19.

Pemerintah telah menunjuk tiga bank milik negara untuk mengalokasikan skema KUR, yaitu BNI, Mandiri dan Bank BRI.

Seperti dilansir Portalsulut.com dari Kur.bri.co.id pada Rabu, 9 Februari 2022, berikut persyaratan pengajuan pinjaman KUR BRI 2022:
  1. Usaha tersebut telah beroperasi sekurang-kurangnya enam (enam) bulan.
  2. Berbisnis di salah satu platform e-commerce (misalnya Shopee, Tokopedia, dll.) dan/atau penyedia layanan transportasi online (Gojek atau Grab)
  3. Saat ini tidak menerima kredit dari bank, kecuali kredit konsumer seperti KPR, KKB dan kartu kredit
  4. Persyaratan Administratif: Surat keterangan identitas diri berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), Surat Izin Usaha (bisa berupa surat keterangan yang diterbitkan secara e-commerce atau online car-hailing).
Berikut cara pengajuan KUR BRI online:
  1. Buka halaman kur.bri.co.id
  2. Pilih "Ajukan Pinjaman"
  3. Masuk dengan alamat email Anda dan masukkan kata sandi Anda jika Anda sudah memiliki akun.
  4. Jika Anda belum memiliki akun di halaman ini, Anda dapat mengklik "Daftar" untuk mendaftar
  5. Baca pernyataan yang diberikan oleh BRI dan klik "Setuju"
  6. Mengisi formulir aplikasi yang disediakan oleh BRI secara online, seperti informasi calon nasabah, informasi bisnis, upload dokumen, penyampaian informasi, dll.
Berikut syarat dan cara pengajuan pinjaman KUR melalui salah satu bank BUMN yang menyalurkan skema KUR (yaitu melalui Bank BRI online). ***

Artikel ini sudah tayang di portalsulut.pikiran-rakyat.com Dengan judul artikel” Hore! Program KUR Tahun 2022, Plafon Pinjaman Naik Hingga Rp100 Juta, Cara dan Syaratnya Cek Disini!