Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kapan Dana PIP 2022 Cair ke Rekening BRI dan BNI? Simak Alur Pencairannya Di Sini

Berdasarkan data yang ditampilkan laman resminya, dana PIP Kemdikbud 2022 sudah disalurkan kepada 10,2 juta siswa SD, SMP, SMA, dan SMK Sederajat per hari ini, 9 April 2022.

Lantas, kapan dana bantuan PIP 2022 tersebut cair ke rekening BRI dan BNI?

Simak alur dan mekanisme pencairan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) Kemdikbud di bawah ini, lengkap dengan cara cek nama penerima PIP 2022.

Kapan Dana PIP 2022 Cair ke Rekening BRI dan BNI? Simak Alur Pencairannya Di Sini
Program Indonesia Pintar (PIP) diperuntukan untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin/prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal SD sampai SMA/SMK dan jalur non formal Paket A sampai Paket C dan Pendidikan Khusus.

Jumlah bantuan PIP yang diterima siswa berbeda-beda sesuai dengan jenjang pendidikannya, yakni mulai dari Rp450.000 hingga Rp1.000.000.

Untuk mengetahui apakah Anda berhak mendapat PIP 2022 yang cair ke rekening BRI atau BNI, Anda perlu mengecek NISN di laman pip.kemdikbud.go.id/.

Setelah NISN dan nama terdaftar sebagai penerima PIP 2022, maka tahap selanjutnya ialah penyaluran.

Berikut tahapan pencairan dana PIP, sebagaimana dilansir dari Puslapdik Kemdikbud berdasarkan mekanisme tahun lalu.

Alur Pencairan Dana PIP:

1. Proses penetapan penerima PIP

Program Indonesia Pintar dilaksanakan melalui seleksi penerima manfaat PIP dimulai dari pemadanan data antara data dari DTKS dan Dapodik.

Setelah pemadanan data dilakukan, Puslapdik melakukan verifikasi dan validasi terkait kelengkapan data dan kelogisannya sebelum dibuat SK Nominasi Penerima PIP.

2. Tahap validasi dan verifikasi

Kemudian, Puslapdik dan bank penyalur melakukan verifikasi dan validasi terkait rekening penerima yang sudah diaktivasi.

3. Setelah diverifikasi, Puslapdik menerbitkan SK Pemberian PIP untuk calon penerima PIP dari usulan dinas pendidikan yang mana dinas pendidikan mengusulkan calon penerima PIP melalui aplikasi Sipintar.

Kemudian sekolah mengecek apakah status layak PIP peserta didik melalui Dapodik, setelah layak baru ditandai.

4. Selanjutnya, nama peserta didik yang telah ditandai sebagai calon penerima PIP akan muncul di Sipintar untuk diverifikasi dan validasi oleh dinas pendidikan, selanjutnya nama tersebut diusulkan sebagai calon penerima PIP kepada Puslapdik.

5. Setelah ada SK Nominasi dan SK Pemberian PIP, siswa yang terdaftar bisa melakukan aktivasi rekening ke bank penyalur yang sudah ditetapkan.

6. Setelah proses aktivasi rekening BRI atau BNI selesai, maka dana PIP bisa langsung cair.

Per hari ini, Sabtu, 9 April 2022 dana PIP sudah disalurkan ke 10.206.656 siswa jenjang pendidikan SD, SMP, SMA/SMK sederajat.

Dengan begitu masih ada sisa kuota 7.720.652 penerima PIP 2022. Rinciannya sebagai berikut:

Jenjang SD: 4.792.407 siswa
Jenjang SMP: 1.306.121 siswa
Jenjang SMA: 683.753 siswa
Jenjang SMK: 938.371 siswa

Total siswa yang belum mendapatkan dana PIP 2022: 7.720.652 siswa

Bagi peserta didik yang belum menerima bantuan PIP dapat mengecek penerima PIP 2022 secara berkala dengan cara berikut. Berikut cara cek penerima bantuan PIP:
  1. Buka laman pip.kemdikbud.go.id
  2. Setelah terbuka, maka akan muncul kolom ‘Cari Penerima PIP
  3. Isi data NISN, tanggal lahir, bulan, dan tahun, serta nama Ibu Kandung
  4. Klik cari, kemudian informasi mengenai penerima dapat dilihat.

Artikel ini sudah tayang di seputarlampung.pikiran-rakyat.com Dengan judul artikel” Kapan Dana PIP 2022 Cair ke Rekening BRI dan BNI? Simak Alur Pencairan PIP Kemdikbud dan Data Terbaru 9 April