Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

POS PELAKSANAAN AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH TAHUN 2022

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi terbaru terkait dengan Prosedur Operasional Standar Pelaksaan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2022 -  POS Pelaksaan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2022.

POS PELAKSANAAN AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH TAHUN 2022

Prosedur Operasional Standar Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah dipergunakan sebagai pedoman dan panduan resmi bagi pihak pihak yang terkait dengan pelaksanaan akreditasi untuk menjamin proses dan hasil-hasil akreditasi yang bermutu dan bermanfaat dalam peningkatan kualitas pendidikan.

Prosedur Operasional Standar Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah dilaksanakan sebagai bentuk keterbukaan dan keselarasan antara program akreditasi dengan kebijakan dan anggaran.

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) menetapkan slogan: Akreditasi Bermutu untuk Pendidikan Bermutu. Slogan tersebut dimaksudkan untuk memperkuat dan mengaktualisasikan moto BAN-S/M: profesional, tepercaya, dan terbuka.

Akreditasi bermutu untuk pendidikan bermutu memiliki empat pilar.
  1. Pilar pertama adalah perangkat yang bermutu
  2. Pilar kedua adalah asesor yang bermutu
  3. Pilar ketiga adalah manajemen yang bermutu
  4. Pilar keempat adalah hasil-hasil yang bermutu
Pada tahun 2022 BAN-S/M telah menetapkan kuota sekolah/madrasah sebagai sasaran visitasi yang jumlahnya telah ditetapkan untuk setiap provinsi. Pelaksanaan akreditasi tahun ini menggunakan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 yang perlu disosialisasikan pada sekolah/madrasah yang menjadi sasaran visitasi.

Untuk pengumpulan informasi tentang sekolah/madrasah yang menjadi sasaran, BAN-S/M menggunakan Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah (Sispena-S/M) yang sudah terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud dan Education Management Information System (EMIS) Kemenag. Sispena-S/M akan menjadi pintu gerbang pertama untuk masuk dalam proses akreditasi sekolah/madrasah.

ALUR PROSES AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH


Berikut ini file lengkap tentang POS Pelaksaan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2022




Cukup sekian saja rekan-rekan sobat data informasi yang dapat saya sampaikan terkait POS Pelaksaan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2022, semoga bermanfaat.