Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

SYARAT PENDAFTARAN KIP KULIAH MANDIRI 2022

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah mengubah Kartu Kuliah Indonesia Pintar (KIP Kuliah) menjadi KIP Kuliah Merdeka pada tahun 2021 sebagai bentuk jaminan pembiayaan pendidikan dan bantuan biaya hidup kepada mahasiswa dari keluarga tidak mampu dalam menempuh pendidikan untuk pendidikan tinggi mendidik. Universitas. 

Tahun ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka kembali pendaftaran program KIP Kuliah Gratis 2022 bagi seluruh mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

“Bagi yang berminat kuliah tahun ini dan memenuhi kriteria penerimaan Perkuliahan KIP, jangan sungkan-sungkan untuk mendaftar di KIP Kuliah Merdeka. Insya Allah semua bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Kalau tidak lulus Masuk Perguruan Tinggi Negeri Nasional Seleksi (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), silakan pilih lagi seleksi mandiri dan seterusnya. 

Kita masih bisa memilih seleksi PTS,” kata Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek Abdul Kahar pada acara temu belajar gratis di Kamis (24/3) bertema "Semua orang bisa belajar melalui KIP".

Untuk mendapatkan KIP Kuliah Mandiri, calon mahasiswa baru cukup membuat akun untuk semua jalur seleksi masuk perguruan tinggi, mulai dari Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNPMTN) hingga jalur Seleksi Mandiri, kata Kahar. “Anda tinggal membuat akun dan dapat digunakan sepanjang tahun selama masih terdaftar, dan dapat digunakan untuk semua ujian masuk universitas, termasuk PTN dan PTS,” ujarnya.

Kahar melanjutkan, bagi mahasiswa yang sudah memiliki akun dari tahun sebelumnya tidak perlu membuat akun lagi. “Bahkan tahun sebelumnya, akun yang sama masih tersedia. Ini hanya masalah memperbaiki atau memperbarui akun yang baru terdaftar,” katanya.

Mengenai mekanisme pendaftaran KIP kuliah mandiri tahun 2022, Cajal mengatakan akan konsisten dengan tahun 2021. Perlu diketahui bahwa program KIP Kuliah Mandiri ditujukan untuk mahasiswa baru masuk perguruan tinggi, bukan mahasiswa masuk perguruan tinggi. Aktif di pendidikan tinggi.
https://www.juragandesa.net/2022/04/syarat-pendaftaran-kip-kuliah-mandiri.html

Namun, lanjut Kahar, bagi mahasiswa aktif yang ingin mengikuti Seleksi Masuk Perguruan Tinggi (SNMPNT/SBMPTN/SNMPN/SBMPN/Mandiri) kembali pada tahun 2022, tetap dapat mendaftar KIP Perkuliahan Mandiri selama memenuhi syarat. syarat pendaftaran Untuk KIP Kuliah Mandiri 2022, Dan belum pernah ditunjuk sebagai penerima KIP SPP atau beasiswa lainnya pada tahun berjalan/sebelumnya. "Artinya menambah opsi baru. Jadi bisa juga mengikuti pendaftaran KIP kuliah mandiri. Pada prinsipnya KIP Kuliah ditujukan untuk mahasiswa kategori baru," ujarnya.

SYARAT, JADWAL DAN TATA CARA PENDAFTARAN KULIAH KIP MERDEKA 2022

SYARAT PENDAFTARAN KIP KULIAH MANDIRI 2022

Dalam kesempatan ini, Abdul Kahar juga menjelaskan syarat pendaftaran KIP Kuliah Mandiri 2022, dengan mengatakan semua mahasiswa yang memenuhi ketiga kriteria tersebut dapat mengikuti KIP Kuliah Mandiri 2022.
  • peserta didik adalah lulusan SMA, SMK atau sederajat 2022, atau telah lulus maksimal dua tahun sebelumnya. 
  • Siswa harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Induk Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Pendidikan (NIK).
  • siswa memiliki potensi akademik yang baik tetapi memiliki kendala keuangan dengan dokumentasi yang valid. Ketiga, mahasiswa diseleksi melalui penerimaan mahasiswa baru melalui jalur dengan program studi terakreditasi yang diselenggarakan dan diterima oleh PTN atau PTS.
“Intinya kuliah KIP ini ditujukan kepada mahasiswa yang memenuhi persyaratan kategori mahasiswa baru, bukan mereka yang sedang menempuh pendidikan,” tambah Kahar.

Kahar melanjutkan, jadwal pendaftaran perkuliahan KIP 2020 adalah jalur SNMPTN 7 Februari hingga 17 Maret 2022, jalur SNMPTN 13 Februari hingga 27 Februari 2022, ujian tulis berbasis komputer (UTBK- SBMPTN). melalui 22 Maret-14 April 2022, 5 April 29 Juni 2022 Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN), 1 Juni-7 Oktober 2022 Seleksi Mandiri PTN, 8 Juni-31 Oktober 2022 Seleksi Mandiri PTS.

Meski terbagi dalam enam periode pendaftaran yang berbeda, Kahar menjelaskan, calon mahasiswa bisa mendaftar Perguruan Tinggi KIP Merdeka 2022 mulai sekarang. Cara mendaftar, siswa pertama mendaftar melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Selanjutnya, klik menu Student Login dan masukkan NIK, NISN, NPSN, dan alamat email event Anda. Sistem KIP Perguruan Tinggi selanjutnya akan melakukan verifikasi terhadap NIK, NISN, dan NPSN serta kelayakan KIP Perguruan Tinggi. Jika proses verifikasi berhasil maka sistem KIP Kuliah akan mengirimkan nomor registrasi dan kode akses ke alamat email yang terdaftar.

Selanjutnya mahasiswa memasukkan SIM KIP Kuliah dengan memasukkan nomor registrasi dan kode akses untuk menyelesaikan proses registrasi KIP Kuliah dan mengikuti proses seleksi (SNMPNT/SBMPTN/SNMPN/SBMPN/Mandiri). Mahasiswa kemudian menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau SIM KIP Kuliah sesuai jalur seleksi yang dipilih pada seleksi nasional atau seleksi masuk universitas.

Bagi calon penerima KIP Kuliah Mandiri yang diumumkan diterima di Perguruan Tinggi, perguruan tinggi dapat melakukan verifikasi lebih lanjut sebelum mengajukan kepada Puslapdik sebagai calon KIP Kuliah Mandiri.

“Semua orang bisa belajar melalui Kuliah KIP, karena pemerintah sudah menyiapkan bantuan, jadi kita harus mempersiapkan dengan matang. Dengan keikhlasan ini, kita akan berhasil mendapatkan beasiswa ini. Saya ingatkan, tidak ada kata terlambat. Teman-teman yang merasa memenuhi syarat, silakan Masuk naik,” kata Kepala Puslapdik. (www.kemdikbud.go.id)