Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Syarat Terbaru Jadi Penerima Dana PKH, Kapan Jadwal Dana Bantuan Akan Cair pada Bulan Mei 2022?

Syarat Terbaru Jadi Penerima Dana PKH, Kapan Jadwal Dana Bantuan Akan Cair pada Bulan Mei 2022?

Syarat Terbaru Jadi Penerima Dana PKH, Kapan Jadwal Dana Bantuan Akan Cair pada Bulan Mei 2022?


Pelajari syarat dan timeline penyaluran atau pencairan bantuan PKH Mei 2022 mendatang.

Dana bantuan PKH telah ditetapkan dapat diterima oleh masyarakat berdasarkan target audiens 10 juta orang yang masuk penerima manfaat.

Untuk menjadi penerima dana bantuan PKH ini, masyarakat diketahui sebelumnya telah memenuhi berbagai syarat atau kriteria untuk didata.

Beberapa syarat diberlakukan agar mereka yang datang kemudian sebagai penerima dan membutuhkan bantuan dapat menyalurkan atau menerima dana bantuan PKH ini.

Mengenai persyaratan yang ditetapkan Kemensos, sama seperti finalis tahun lalu, persyaratan khusus adalah sebagai berikut:
  1. WNI dengan KTP atau KTP
  2. Kriteria untuk masuk ke masyarakat miskin dan kurang beruntung
  3. Tidak sedang menjadi pegawai BUMN/BUMD, anggota TNI/Polri dan ASN/PNS
  4. bukan penerima skema bantuan sosial pemerintah lainnya
1 KK maksimal terdiri dari 4 kelompok yaitu ibu hamil, balita, SD, SMP, SMA, lansia, dan difabel.

Sedangkan untuk mengetahui apakah mereka penerima skema bantuan PKH, masyarakat dapat mengaksesnya melalui tautan resmi Kementerian Sosial.

Untuk mengecek penerima, hal ini bisa dilakukan dengan terlebih dahulu menyiapkan KTP yang nantinya akan digunakan untuk mengisi data-data yang ada di dalamnya.

Berikut cara pengecekan penerima bantuan PKH, yang dapat dilakukan melalui link Cekbansos.kemensos.go.id:
  1. Gunakan link Cekbansos.kemensos.go.id untuk menuju halaman resminya
  2. Kemudian isi data di alamat
  3. Kemudian masukkan nama lengkap di KTP Anda
  4. Langkah selanjutnya adalah mengisi kolom captcha
  5. Terakhir, Anda dapat memilih atau mengklik menu "Cari Data"
Selain itu, mengenai jadwal penyaluran yang akan dilakukan kepada masyarakat majemuk yang teridentifikasi dalam rangka pendampingan PKH, sepanjang tahun ada 4 fase.

Saat PKH disalurkan pada 2022, Kementerian Sosial telah menyelesaikan penyaluran dana bantuan tahap pertama, yang akan berlangsung dari Januari, Februari hingga Maret 2022.

Sedangkan untuk tahap kedua sendiri dimulai pada April 2022. Jadwal pendistribusian untuk April 2022 sendiri antara 4 April hingga 19 April 2022.

Terkait kapan jadwal penyaluran PKH akan dilaksanakan pada Mei 2022, diketahui masih dalam tahap pencairan Tahap 2 yang ditetapkan Kementerian Sosial.

Mengenai pendanaan PKH tahap kedua, khususnya jadwal atau tanggal penyaluran khusus Mei 2022, kami belum mengetahuinya hingga ada informasi lebih lanjut dari Kementerian Sosial.

Berikut informasi lengkap syarat menjadi penerima manfaat, dengan jadwal penyaluran yang akan digunakan untuk bantuan PKH khususnya pada Mei 2022. ***

Artikel ini telah tayang di https://beritadiy.pikiran-rakyat.com/ dengan judul "Syarat Terbaru Jadi Penerima Dana PKH, Kapan Jadwal Dana Bantuan Akan Cair pada Bulan Mei 2022?"