Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cek Penerima Bansos PKH di cekbansos.kemensos.go.id, Ada BLT Balita Senilai Rp3 Juta per Tahun

Bantuan sosial PKH kategori balita BLT tetap disalurkan, dengan nilai nominal Rp750.000 per tahap atau Rp3 juta setahun.

Untuk mengetahui apakah bisa mendapatkan status BLT anak kecil dari Program Bansos PKH, calon penerima bisa cek link resmi Kemensos, Cekbansos.kemensos.go.id.

Dengan melihat tautan Cekbansos.kemensos.go.id, Anda dapat mengetahui apakah Anda terdaftar sebagai penerima program bansos PKH kategori balita BLT.


Pasalnya, nama-nama yang terdaftar sebagai penerima bansos PKH berhak atas BLT balita senilai Rp750.000 per tahap atau Rp3 juta setahun.

Namun, sebelum mengecek ke Cekbansos.Kemensos.go.id, masyarakat harus terlebih dahulu mendaftar ke DTKS Kementerian Sosial.

Adapun cara pendaftaran untuk tercatat di DTKS Kemensos, calon penerima bansos PKH dapat melakukannya secara online melalui aplikasi Cek Bansos.

Cara daftar DTKS Kemensos secara online melalui aplikasi Cek Bansos sangat mudah dan bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masyarakat bisa membuka ponselnya dan mendownload aplikasi Cek Bansos di Play Store.

Jika belum terdaftar, masyarakat harus mendaftar terlebih dahulu, karena menu Usulan dan Sengketa hanya dapat diakses dengan user ID yang diverifikasi dan diaktifkan oleh administrator Kementerian Sosial.

Setelah itu, siapkan nomor kartu keluarga atau KK, NIK dan KTP Anda segera setelah pendaftaran.

Jika pendaftaran berhasil, masyarakat dapat langsung mengakses menu pada aplikasi Cek Bansos.

Selanjutnya, masyarakat dapat memilih menu Feasibility Response. Pemilik akun juga dapat menanggapi kelayakan penerima yang dianggap tidak memenuhi syarat untuk bantuan sosial dengan memilih ikon "OK" atau "Tidak".

Atau, Anda dapat memilih daftar proposal pemilik akun. Pada tahap ini, pemilik akun dapat mendaftarkan dirinya, keluarganya atau komunitas lain atau orang miskin lainnya secara langsung pada tombol Tambah Proposal.

Data yang berhasil diajukan akan memuat nama Dukcapil, NIK dan status kepatuhan, kesesuaian wilayah dan pengusul Kartu Keluarga (KK).

Kemudian pendaftaran bansos PKH 2022 secara offline, warga bisa membawa dokumen berupa KK dan KTP langsung ke kantor desa.

Nantinya, perangkat desa terkait akan membahas apakah data yang diajukan cocok untuk menerima bansos PKH tahun 2022 dan membayar BLT untuk anak kecil sebesar Rp3 juta.

Penting untuk diketahui bahwa PKH atau Program Rumah Harapan merupakan program bantuan sosial yang ditujukan untuk mengurangi kemiskinan di masyarakat.

Program Bantuan Sosial PKH memberikan bantuan rutin triwulanan kepada 10 juta keluarga miskin yang terdaftar di DTKS Departemen Sosial.

Untuk itu, bagi yang mendaftar bansos PKH Mei 2022 dan terdaftar di DTKS, bisa langsung cek statusnya di Cekbansos.kemensos.go.id dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah pertama yang harus dilakukan saat mengecek status nama penerima Program Bansos PKH 2022 adalah dengan mengunjungi laman Cekbansos.kemensos.go.id sekarang juga.

Kemudian isikan nama provinsi atau kabupaten atau kota, kecamatan dan desa saat melakukan pengecekan nama penerima bansos PKH 2022 tahap kedua.

Adapun tahap ketiga pengecekan status nama-nama penerima bansos PKH 2022, yaitu memasukkan data diri berdasarkan KTP.

Segera setelah memasukkan data pribadi Anda sesuai dengan ID Anda, masukkan kode alfanumerik delapan digit (dipisahkan dengan spasi) yang disediakan di dalam kotak.

Jika huruf kode yang tertera di layar tidak jelas, Anda bisa langsung mencoba lagi untuk mendapatkan kode baru.

Langkah terakhir adalah mengecek status nama penerima bansos PKH 2022 yaitu dengan mengklik tombol “Cari Data”.

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan, maka link Cekbansos.kemensos.go.id akan menampilkan hasil berdasarkan data ID yang telah dimasukkan.

Jika terdaftar sebagai penerima program bansos PKH, akan ditampilkan nama, wilayah dan keterangan durasi bantuan.

Nama-nama yang muncul di Cekbansos.kemensos.go.id, dipastikan akan mendapatkan bantuan sosial PKH tahun 2022 berdasarkan kategori, termasuk BLT untuk anak usia dini.

Kategori yang dapat menerima bantuan sosial PKH pada tahun 2022 adalah ibu hamil dan anak-anak, yang akan menerima Rp750.000 per orang per tahap atau Rp3 juta per tahun.

Kemudian, beberapa siswa SD pasti akan mendapatkan bantuan sosial PKH sebesar Rp225.000 per tahap atau Rp900.000 per tahun.

Tidak hanya itu, siswa SMP atau sederajat juga akan mendapatkan bantuan sosial PKH sebesar Rp 375.000 per tahap atau Rp 1,5 juta per tahun.

Selain itu, siswa SMA tentunya juga bisa mendapatkan bantuan PKH sebesar Rp 500.000 per tahap atau Rp 2 juta per tahun.

Kategori terakhir yang dapat menerima bantuan sosial PKH 2022 adalah lansia dan cacat berat, yang masing-masing menerima bantuan sosial dengan nilai nominal Rp 600.000 atau Rp 2,4 juta per tahun.

Yang termasuk kategori di atas bisa langsung mendatangi bank-bank asosiasi negara atau Himbaras seperti BNI, BRI, BTN dan Mandiri untuk bantuan pembayaran, termasuk kategori balita BLT.

Dana bansos PKH 2022 dapat digunakan untuk kelangsungan hidup, seperti membiayai sekolah kategori anak sekolah dan pembelian kesehatan atau kebutuhan lainnya.

Namun, pembayaran bansos PKH 2022 tidak dapat digunakan untuk membeli minuman keras, rokok, atau selain kebutuhan yang tidak direkomendasikan. ***



Artikel ini sudah tayang di depok.pikiran-rakyat.com dengan judul artikel” Cek Penerima Bansos PKH di cekbansos.kemensos.go.id, Ada BLT Balita Senilai Rp3 Juta per Tahun”