Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ini Cara Cek Penerima Bansos 2022 Online Pakai KTP, Login cekbansos.kemensos.go.id agar Dapatkan PKH dan BPNT

Ini Cara Cek Penerima Bansos 2022 Online Pakai KTP, Login cekbansos.kemensos.go.id agar Dapatkan PKH dan BPNTPemerintah masih menyalurkan sebagian bantuan sosial untuk tahun 2022 kepada yang berhak melalui Kementerian Sosial.

Dari bansos yang masih disalurkan, PKH dan BPNT akan terus mengalir ke penerima yang ditetapkan Kementerian Sosial hingga akhir tahun 2022.

Masyarakat yang ingin menerima bantuan sosial seperti PKH dan BPNT pada 2022 juga bisa mengecek daftar penerima secara online.

Cukup gunakan KTP dan login ke Cekbansos.kemensos.go.id dan masyarakat dapat mengetahui daftar penerima Program Bansos 2022.

Setelah masyarakat login ke Cekbansos.kemensos.go.id, mereka akan tahu apakah bisa menerima bansos pada 2022.

Bagi yang sudah terdaftar sebagai penerima bansos tahun 2022, seperti PKH atau BPNT, bisa langsung mencairkan bantuan ke lembaga penyalur sesuai dengan aturan Kementerian Sosial.

CARA CEK BANSOS 2022 SECARA ONLINE

Nah, bagaimana cara cek bansos 2022 secara online dengan KTP melalui link login Cekbansos.kemensos.go.id? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.
  • Langkah pertama kunjungi laman Cekbansos.kemensos.go.id sekarang.
  • Kemudian langkah kedua, saat mengecek nama-nama penerima bansos tahun 2022, yaitu memasukkan nama provinsi atau kabupaten atau nama kota, kecamatan, dan desa.
  • Langkah ketiga adalah menanyakan status nama objek bansos 2022 yaitu memasukkan informasi pribadi sesuai KTP.
  • Segera setelah memasukkan data pribadi Anda sesuai dengan ID Anda, masukkan kode alfanumerik delapan digit (dipisahkan dengan spasi) yang disediakan di dalam kotak.
  • Jika huruf kode yang tertera di layar tidak jelas, Anda bisa langsung mengulanginya lagi untuk kode baru.
  • Langkah terakhir adalah mengecek status nama penerima Bantuan Sosial 2022 dengan mengklik tombol “Cari Data”.
Jika semua langkah diatas sudah selesai maka link checkbansos.kemensos.go.id akan menampilkan hasil berdasarkan data ID yang dimasukkan.

Jika Anda terdaftar sebagai penerima program bansos 2022, seperti PKH atau BPNT, akan ditampilkan nama, wilayah, dan keterangan durasi bantuan.

Nama yang muncul di daftar penerima Program Bansos 2022 setelah login ke Cekbansos.kemensos.go.id untuk mengidentifikasi Anda akan menerima Bantuan Sosial PKH 2022 berdasarkan kategori.

Demikian pula, jika masyarakat terdaftar sebagai penerima BPNT pada 2022, mereka akan menerima bantuan sosial reguler sebesar Rp 200.000 per penerima.

CARA PENDAFTARAN BANSOS SECARA ONLINE

Bagi yang belum menerima Bantuan Sosial tahun 2022 dan merasa memenuhi syarat, dapat mengajukan pendaftaran online melalui Cek Bantuan Sosial.
  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan Bantuan Sosial 2022 adalah dengan mengunduh aplikasi Pemeriksa Bantuan Sosial melalui Play Store.
  • Jika Anda belum terdaftar, Anda harus melakukannya, karena menu Saran dan Perselisihan hanya dapat diakses dengan ID pengguna yang diverifikasi dan diaktifkan oleh administrator Departemen Sosial.
  • Siapkan nomor kartu keluarga, NIK dan KTP saat mendaftar. Setelah registrasi berhasil, Anda dapat mengakses menu pada aplikasi Cek Bansos.
  • Selanjutnya pilih menu Feasibility Response. Pemilik akun dapat menanggapi kelayakan penerima yang dianggap tidak memenuhi syarat untuk bantuan sosial dengan memilih ikon "OK" atau "Tidak"
  • Atau Anda dapat memilih daftar proposal pemilik akun dan mendaftarkan diri, keluarganya atau komunitas lain atau orang miskin langsung pada tombol tambah proposal.
  • Data yang berhasil disampaikan akan berisi nama Dukcapil, NIK dan status kepatuhan, kesesuaian wilayah dan kartu keluarga (KK) pemohon.
Selain mengajukan online untuk menerima bansos tahun 2022, warga juga bisa membawa KK, KTP dan dokumen lainnya ke kantor desa untuk pendaftaran langsung.

Kesesuaian data usulan penerimaan bansos tahun 2022 akan dibicarakan dengan perangkat desa di kemudian hari.

Artikel ini Telah Tayang di depok.pikiran-rakyat.com Dengan Judul "Ini Cara Cek Penerima Bansos 2022 Online Pakai KTP, Login cekbansos.kemensos.go.id agar Dapatkan PKH dan BPNT"