Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kabar Gembira!!Bansos PKH Cair Lagi, Cek Nama Penerima di cekbansos.kemensos.go.id untuk Dapat Bantuan Rp3 Juta di Bulan Mei

Bantuan sosial PKH akan disalurkan kembali pada Mei 2022 dan dapat dilihat nama penerimanya melalui tautan resmi Kementerian Sosial di Cekbansos.kemensos.go.id.

Bantuan sosial (Bansos) dalam Program Keluarga Harapan (PKH) akan kembali dicairkan pada Mei 2022 dengan nilai nominal hingga Rp3 juta.

Nama-nama penerima program bansos PKH, seperti bantuan pemerintah umum, dapat dilihat di website Cekbansos.kemensos.go.id.


Penerima bansos PKH adalah mereka yang telah terdaftar dalam Data Komprehensif Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Oleh karena itu, hanya KPM yang terdaftar secara online di DTKS yang ada di Kementerian Sosial untuk melakukan pengecekan permohonan.

Masyarakat juga dapat mendaftar secara offline melalui desa/kelurahan yang hanya akan menerima bansos PKH hingga Mei 2022.

Adapun kategori orang yang berhak mendapatkan bantuan sosial PKH harus memenuhi beberapa persyaratan, antara lain:
  • orang miskin atau rentan
  • Masyarakat yang tergabung dalam partai politik atau keluarga yang terkena dampak pandemi Covid-19
  • Masyarakat yang kehilangan mata pencaharian karena pemutusan hubungan kerja (PHK)
  • Orang yang bukan anggota keluarga Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI atau Polri.
Jika KPM memenuhi syarat dan terdaftar di DTKS Kemensos, bisa langsung cek website Cekbansos.kemensos.go.id untuk nama penerimanya.

Saat melihat nama-nama penerima PKH Bansos di website Cekbansos.kemensos.go.id, ada beberapa hal yang harus disiapkan.

Yang wajib disiapkan adalah menyiapkan KTP untuk memasukkan nama dan melengkapi data di website Cekbansos.kemensos.go.id.

Penting juga untuk menyiapkan ponsel (HP) dan koneksi internet untuk mengakses situs Cekbansos.kemensos.go.id saat melakukan pengecekan penerima PKH Bansos pada Mei 2022.

Lengkapnya, berikut langkah-langkah cek Bansos PKH Mei 2022 yang dilikuidasi kembali di website Cekbansos.kemensos.go.id.
  1. Kunjungi website Cekbansos.kemensos.go.id
  2. Masukkan nama provinsi
  3. Masukkan nama bupati
  4. Masukkan nama area
  5. Masukkan nama desa/Kelurahan
  6. Masukkan nama PM (Beneficiary) sesuai KTP yang tercatat
  7. Ketik kode delapan huruf di kotak Kode (dipisahkan dengan spasi)
  8. Jika huruf kode tidak terlalu jelas, silakan klik ikon segarkan untuk mendapatkan huruf kode baru
  9. Klik tombol Cari Data.
Artikel ini sudah tayang di depok.pikiran-rakyat.com dengan judul artikel” Bansos PKH Cair Lagi, Cek Nama Penerima di cekbansos.kemensos.go.id untuk Dapat Bantuan Rp3 Juta di Bulan Mei”