Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengajuan KUR BNI online

Pengajuan KUR BNI onlineBagi yang sedang mencari informasi tentang KUR BNI 2022 silahkan baca artikel ini sampai habis untuk informasi lengkapnya. Karena pada artikel kali ini, kita akan membahas tata cara pengajuan lengkap mulai dari syarat-syaratnya. Nah, buat kamu yang bingung, kamu bisa mengikuti tata caranya di artikel ini.

Sebelum kita masuk ke beberapa topik inti, mari kita bahas tentang KUR atau Kredit Usaha Rakyat untuk tahun 2022. Pada tahun 2022, skema KUR akan menjadi skema yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya bagi peserta UMKM. Ada beberapa alasan yang membuat program ini semakin menarik.

Poin pertama yang menarik dalam skema KUR adalah subsidi suku bunga hingga 3% yang ditawarkan oleh pemerintah. Angka tersebut cukup untuk meringankan beban debitur peserta skema KUR. Anda hanya dapat menghitung 3% dari batas atas yang akan Anda pilih nanti. Misalnya batas atas adalah 10 juta, bunga yang diberikan adalah 6%, dan bunga yang harus dibayar adalah 600.000. Tetapi pemerintah memiliki diskon 3%, jadi Anda hanya membayar bunga 3% untuk 300.000.

Dari perhitungan di atas terlihat bahwa subsidi yang diberikan oleh pemerintah setidaknya dapat mengurangi beban debitur. Oleh karena itu, alasan untuk menurunkan atau mensubsidi suku bunga KUR bisa menjadi alasan yang kuat. Atau bagi yang belum mengetahui informasi ini, Anda bisa memahaminya sebagai referensi saat mengambil keputusan.

Peran pemerintah dalam skema KUR tidak hanya sebatas subsidi bunga yang akan diberikan kepada debitur nantinya. Namun, total pendanaan anggaran pemerintah juga meningkat menjadi Rp 373,17 triliun. Ini jumlah yang sangat besar, dan tentunya para pelaku UMKM harus memanfaatkan peluang ini untuk meningkatkan kualitas usahanya.

Apalagi yang terjadi di tahun 2022 masih dalam keadaan pandemi COVID-19, belum berakhir. Sehingga kondisi perekonomian masih dalam fase pemulihan kembali normal. Bahkan tujuan program KUR pemerintah adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya para pelaku UMKM.

Hal ini dibuktikan dengan peningkatan total cap yang ditawarkan oleh penyelenggara program KUR pada tahun 2022. Salah satunya Bank BNI yang memberikan cap berkisar antara 10 juta hingga 100 juta untuk program KUR BNI 2022. Jumlah itu meningkat menjadi 50 juta dari sebelumnya 10 juta. Jika dihitung, peningkatannya sudah berlipat ganda, jadi manfaatkan momen ini sebaik-baiknya.

PERSYARATAN PROSES PENGAJUAN KUR BNI ONLINE 2022

Bagi Anda yang yakin dan berminat mengikuti program KUR BNI 2022, Anda harus mempersiapkan dari sekarang beberapa persyaratan yang disyaratkan oleh bank BNI. Untuk permintaan yang diajukan tentunya harus lengkap tanpa ada kekurangan. Hal ini untuk memudahkan Bank BNI melakukan pengecekan data dari calon debitur. Dengan begitu, proses pengajuan akan lebih cepat diproses dibandingkan yang masih pending.

Jadi, yuk lengkapi syarat berikut ini sekarang juga.
  • warga negara Indonesia (WNI)
  • Calon klien harus berusia minimal 21 tahun, jika tidak harus sudah menikah
  • Usaha prospek telah beroperasi minimal 6 bulan terakhir
  • Calon pelanggan mungkin tidak memiliki ketergantungan kredit pada bank lain
Jika Anda yakin telah memenuhi persyaratan di atas, Anda dapat segera melengkapi beberapa dokumen pendukung lainnya untuk proses pengajuan administrasi. Ketentuan pengajuan KUR BNI perorangan adalah sebagai berikut.
  • Bukti identifikasi calon pembeli berupa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK)
  • Melampirkan akta nikah bagi yang sudah menikah berupa akta nikah
  • Lampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU) atau Surat Izin Usaha (SIU) Kelurahan tempat anda melakukan usaha
  • Lampirkan dokumen jaminan untuk mengikuti program KUR dengan nilai nominal minimal Rp50 juta
  • Melampirkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) lebih dari Rp50 juta untuk pengajuan skema KUR
Jika Anda ingin mengikuti program KUR untuk badan usaha tersebut, harap lengkapi persyaratan di bawah ini.
  • Melampirkan tanda pengenal calon pembeli berupa copy e-KTP atau E-KTP dan kartu keluarga
  • Melampirkan bukti Surat Izin Usaha (SIU) atau Surat Izin Usaha yang diterbitkan langsung oleh Pemerintah Daerah dan/atau berupa Surat Izin Usaha (SKU) bagi Kelurahan tempat Anda menjalankan usaha dan izin dari pihak terkait
  • Melampirkan fotokopi dokumen yang diamankan dalam rangka KUR dengan nilai nosional lebih dari 50 juta rupiah dengan NPWP lebih dari 50 juta rupiah.
  • Membayar biaya administrasi sebesar Rp150.000 ke Bank BNI
  • Apabila terjadi tunggakan angsuran, nasabah akan dikenakan denda tahunan sebesar 5% dari total jumlah yang terutang
TATA CARA PENGAJUAN KUR BNI 2022

Bagi yang telah melengkapi semua persyaratan yang dipersyaratkan oleh Bank BNI. Selain itu, Anda dapat mengajukan aplikasi pengajuan KUR secara online di website resmi Bank BNI. Jika Anda tidak mengetahui prosedur yang harus diselesaikan selama proses pengajuan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk proses pengajuan KUR BNI 2022.
  • Untuk proses pengajuan KUR, silahkan kunjungi link eform.bni.id di website resmi Bank BNI
  • Anda akan ditanya "Apakah Anda sudah menjadi nasabah BNI", jika Anda sudah menjadi nasabah Bank BNI, Anda dapat memilih "Memiliki", jika Anda belum menjadi nasabah Bank BNI, pilih "Belum"
  • Selanjutnya Anda akan melihat beberapa syarat dan ketentuan yang diberikan oleh Bank BNI terkait KUR BNI 2022. Jika sudah membaca dan memahami semuanya secara utuh, Anda bisa memilih menu Continue
  • Setelah itu, Anda akan diinstruksikan untuk mengisi data pribadi serta data bisnis yang Anda miliki, persis seperti yang diminta.
  • Jika Anda telah melengkapi pengisian data, Bank BNI akan mengirimkan informasi mengenai proses pengajuan KUR Anda
  • Proses selanjutnya, Bank BNI akan melakukan survey tempat Anda berbisnis dan melakukan proses wawancara terkait bisnis yang sedang berjalan
  • Pada tahap selanjutnya, aplikasi kredit Anda akan diproses dalam waktu 3 hingga 7 hari kerja.
  • Jika permohonan Anda disetujui, Bank BNI akan menghubungi Anda untuk memproses penandatanganan perjanjian
Itulah beberapa tahapan dan prosedur yang akan dan harus dilakukan oleh mereka yang ingin mengikuti program KUR BNI 2022. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah informasi anda sebelum mendaftar program KUR.