Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

Strategi Pemasaran Menurut Para AhliDalam suatu perusahaan, baik untuk meningkatkan penjualan atau mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, hal terpenting yang dapat memberikan dorongan dan arahan bagi perusahaan adalah strategi pemasaran. Menurut (Tia Artika, 2018), konsep strategi pemasaran adalah logika pemasaran dimana unit bisnis ingin menciptakan nilai dan

Manfaat dari hubungan mereka dengan konsumen. Dalam peran strategisnya, pemasaran mencakup semua upaya untuk mencapai keselarasan antara perusahaan dan lingkungannya untuk menemukan solusi atas masalah Dua penentuan utama dibuat, yaitu bisnis apa yang saat ini digeluti perusahaan, jenis bisnis apa yang dapat dimasuki di masa depan, dan bagaimana bisnis yang dipilih dapat berjalan secara efisien. Melayani pasar sasaran dalam lingkungan yang kompetitif berdasarkan perspektif produk, harga, promosi dan distribusi (bauran pemasaran).
pemasaran,pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli, Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

Pemasaran memiliki dua dimensi dalam hal pengembangan strategi, dimensi saat ini dan dimensi masa depan. Dimensi saat ini berkaitan dengan hubungan yang ada antara perusahaan dan lingkungannya. Dan dimensi masa depan diharapkan terjalin dengan program Tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Stategi dikelompokkan menurut 3 jenis kebijakan, yaitu:

1. Strategi bisnis

Strategi manajemen meliputi strategi yang dapat dilaksanakan oleh manajemen yang berorientasi pada pengembangan strategi makro. Misalnya, strategi pengembangan produk, strategi harga, strategi akuisisi, strategi pengembangan pasar, strategi keuangan, dll.

2. Strategi investasi

Strategi investasi adalah kegiatan yang berorientasi pada investasi, misalnya apakah perubahan itu melibatkan strategi pertumbuhan agresif atau upaya penetrasi pasar, strategi defensif, strategi membangun kembali sektor baru, atau strategi investasi.

3. Strategi bisnis

Jenis strategi bisnis ini disebut juga strategi bisnis fungsional karena berorientasi pada fungsi kegiatan manajemen seperti strategi pemasaran, strategi produksi atau operasi, strategi distribusi, strategi organisasi, dan strategi terkait keuangan.

Strategi pemasaran merupakan suatu bentuk perencanaan yang terarah dalam bidang pemasaran untuk mencapai hasil yang optimal.Strategi pemasaran terdiri dari dua faktor yang berdiri sendiri tetapi saling berkaitan, yaitu:
  • Pasar sasaran adalah kelompok konsumen yang homogen, yang menjadi tujuan perusahaan.
  • Bauran pemasaran, yaitu variabel pemasaran yang terkendali, yang akan dipadukan oleh perusahaan untuk hasil yang maksimal.