Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tanggal Berapa BPNT Kartu Sembako Juni 2022 Cair? Simak Jadwal dan Cara Cek Penerima di Link Resmi Kemensos

Tanggal Berapa BPNT Kartu Sembako Juni 2022 Cair? Simak Jadwal dan Cara Cek Penerima di Link Resmi KemensosPemerintah akan terus menyalurkan beberapa dana bantuan sosial melalui Kementerian Sosial, termasuk BPNT untuk kartu sembako pada Juni 2022.

Meski belum diumumkan tanggal rilis BPNT untuk Kartu Sembako Juni 2022, masyarakat bisa memastikan statusnya terlebih dahulu dengan login ke Cekbansos.kemensos.go.id.

Nama yang akan muncul setelah login Cekbansos.kemensos.go.id Juni 2022 dipastikan mendapatkan BPNT untuk Kartu Sembako.

Pasalnya, BPNT Kartu Sembako merupakan bantuan sosial yang diberikan secara rutin kepada mereka yang sebelumnya menerima bantuan sebesar Rp 200.000 setiap kali.

Karena itu, nama yang muncul setelah Cekbansos.kemensos.go.id bisa langsung membayar BPNT kartu sembako senilai Rp 200.000 jika Kemensos mengumumkan bantuan bisa diterima oleh penerima.

CARA LOGIN UNTUK MENGECEK STATUS BPNT KARTU SEMBAKO

Adapun cara login untuk mengecek status BPNT Kartu Sembako sudah bisa didapatkan pada Juni 2022, masyarakat bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • Masuk ke Cekbansos.kemensos.go.id dengan perangkat Anda sendiri
  • Kemudian masukkan nama provinsi, kabupaten atau kota, jalan atau desa
  • Selanjutnya, masukkan data pribadi Anda sesuai dengan KTP Anda
  • Kemudian masukkan kode delapan huruf yang dipisahkan spasi juga pada kolom yang tersedia
  • Jika konten yang ditampilkan di layar tidak jelas, harap segarkan huruf kode untuk mendapatkan yang baru
  • Selanjutnya klik Cari Data.
Setelah beberapa saat, akan muncul pesan yang menunjukkan apakah nama ID yang dimasukkan memiliki BPNT untuk Kartu Sembako.

Untuk nama yang muncul, jika "Ya" ditampilkan di kolom status bantuan, Anda dapat memastikan bahwa Anda dapat menarik dana BPNT dari kartu makanan Rp 200.000.

Berbeda dengan bansos PKH, dana BPNT kartu Sembako tidak diberikan secara tunai, melainkan harus digunakan untuk kebutuhan sembako.

Mereka yang mengambil BPNT dengan kartu sembako sebesar Rs 200.000 dapat membeli sembako seperti beras, telur, ayam, daging dan buah-buahan di agen yang ditunjuk sebelumnya atau e-waroeng seperti yang diarahkan oleh Kementerian Masyarakat.

Hal ini sejalan dengan tujuan program Kartu BPNT Sembako yang tidak lain adalah membantu ketahanan masyarakat penerima yang notabene merupakan kelompok miskin.

Namun perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan BPNT untuk kartu sembako tidaklah mudah karena Kementerian Sosial selaku distributor yang melakukan proses pendataan.

Sebelumnya, masyarakat harus masuk dalam Data Komprehensif Kesejahteraan Sosial atau DTKS Kementerian Sosial agar mereka berkesempatan mendapatkan kartu sembako senilai Rp 200.000.

Masyarakat dapat mengajukan secara mandiri untuk masuk ke DTKS Kementerian Masyarakat dengan datang langsung ke kantor Kelurahan setempat dengan membawa KK dan KTP.

Selain itu, pengajuan dapat dilakukan secara online ke DTKS Departemen Sosial melalui fitur Daftar Usulan di aplikasi Cek Bansos.

Masyarakat tidak secara otomatis menerima BPNT untuk kartu sembako, meskipun mereka telah menyerahkan diri ke DTKS Departemen Sosial.

Pasalnya, Kemensos memiliki peraturan dan kebijakan tersendiri bagi penerima bansos sesuai variabel, syarat dan besaran bantuan.

Namun, bagi mereka yang memenuhi persyaratan tidak perlu khawatir karena mereka berhak menjadi penerima BPNT untuk kartu sembako Rs 200.000.

Artikel ini Telah Tayang di depok.pikiran-rakyat.com Dengan Judul "Tanggal Berapa BPNT Kartu Sembako Juni 2022 Cair? Simak Jadwal dan Cara Cek Penerima di Link Resmi Kemensos"