Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Format SOP Badan Usaha Milik Gampong (BUMG)


Program pengembangan BUMG tidak hanya selesai pada proses pembentukannya saja, namun ada tahapan tahapan selanjutnya sebagai rangkaian mekanisme dalam mengembangkan Badan Usaha Milik Gampong menjadi Lembaga Usaha Gampongyang mandiri dan profesional sebagai penggerak kegiatan ekonomi untuk kesejahteraan.

Contoh Format SOP Badan Usaha Milik Gampong
Tahapan penguatan adalah tahapan lanjutan setelah revitalisasi BUMG, dan dalam proses ini BUMG sudah terbentuk dengan adanya pengurus BUMG dan Anggaran Dasar maupun Anggaran Rumah tangga (AD/ART) BUMG. Dalam tahap ini Badan Usaha Milik Gampongtersebut akan dipersiapkan menjadi lembaga ekonomi profesional pergampongan yang siap untuk mandiri.


Hal hal substansif yang menjadi fokus untuk penguatan dan pengembangan dimulai dengan penggalian potensi yang ada di Gampong, bagaimana agar BUMG di tiap Gampongmengetahui kira kira peluang usaha apa yang menjadi unggulan dari Gampong, atau juga bisa misalkan potensi masyarakat Gampongyang mendominasi dalam artian disebuah Gampongmayoritas penduduknya sebagai wirausaha penjual tempe.

Hal tersebut bisa ditangkap menjadi sebuah peluang untuk dikembangkan, dan menjadi tugas BUMG untuk mewadahi dan memfasilitasi potensi tersebut.

Jika BUMG berbentuk koperasi bisa memberikan simpan pinjam lunak kepada wirausaha rumahan atau langsung membentuk BUMG produksi, hal hal tersebut adalah upaya BUMG dalam menggali potensi yang ada di Gampongyang bisa dikembangkan untuk kesejahteraan.

Kemudian dilanjutkan dengan peningkatan kapasitas pengurus dan karyawan BUMG, dengan memberikan pelatihan pelatihan atau capacity building bagi pengurus diharapkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar kompeten dan professional. Pelatihan yang diberikan antara lain; manajemen, keuangan, tata kelola pembukuan, kombinasi teknologi dan sejenisnya dalam rangka peningkatan kapasitas. Selain pelatihan dan pendampingan juga diberikan kesempatan untuk magang di lembaga lembaga usaha yang sudah ada baik BUMN/Swasta yang sesuai dengan bidang BUMG.

Selain pelatihan juga bisa dilakukan studi banding dengan Badan Usaha Milik Gampong yang sudah berdiri dan beroperasinal dengan baik, serta BUMG unggulan di daerah lain. Kemudian dilanjutkan dengan peningkatan kualitas kelembagaan dengan pembuatan SOP (Standar Operasional Prosedur) BUMG yang berisi aturan-aturan proses kerja dengan langkah langkah yang harus distandarkan dan menjadi acuan yang harus dilaksanakan untuk menuju tujuan BUMG tersebut.

Berikut ini penulis posting contoh Standar Operasional Prosedur (SOP) unit usaha Simpan Pinjam. Untuk unit-unit usaha lainnya pada BUMG silahkan dimodifikasi saja dengan sistematika penyusunan SOP yang sama seperti pada contoh ini.

Secara teknis, penyusunan SOP kelembagaan seperti BUMG berbeda dengan SOP pemerintahan dimana SOP BUMG lebih bersifat administratif sedangkan SOP kepemerintahan bersifat normatif karena sudah ada aturan-aturan yang baku dalam penyusunannya.

Selengkapnya contoh Standar Operasional Prosedur (SOP) Badan Usaha Milik Gampong (BUM Gampong) dapat Anda donwload:
 DISINI.