Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengapa Memiliki Website SEO Friendly Penting untuk Bisnis?

Sekarang setelah Anda tahu tentang apa yang membuat mesin pencari situs web ramah, mari selami bagaimana hal itu bermanfaat bagi bisnis Anda.

Mengapa Memiliki Website SEO Friendly Penting untuk Bisnis?
Mengapa Memiliki Website SEO Friendly Penting untuk Bisnis?


1. Membantu Meningkatkan Traffic Organik

Situs web yang ramah SEO akan terbukti membantu dalam menghasilkan lebih banyak lalu lintas organik. Peringkat ini lebih tinggi di SERP dan biasanya merupakan hasil peringkat teratas di halaman SERP.

2. Meningkatkan Kredibilitas Merek Anda

Jika peringkat situs web Anda di halaman pertama mesin pencari, pengguna lebih cenderung mempercayainya daripada opsi lain. Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kredibilitas merek, tidak hanya untuk pengguna tetapi juga untuk mesin pencari itu sendiri.

3. Hemat Biaya

Situs web yang ramah SEO berfungsi untuk mengarahkan lalu lintas bertarget dengan sendirinya 24×7. Jika situs web Anda mengikuti praktik terbaik untuk algoritme mesin telusur, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk bentuk iklan berbayar seperti PPC.

4. Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Semua praktik SEO terbaik dibuat untuk membuat pengalaman pengguna lebih halus. Oleh karena itu, menerapkan praktik ini di situs web Anda akan membuat perjalanan pengguna lebih mulus dan menarik, serta meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Tips Membuat Website yang SEO Friendly

1. Gunakan Desain Responsif untuk Terhubung dengan semua Pengguna Perangkat

Di era digital saat ini, Anda tidak pernah tahu perangkat apa yang mungkin digunakan pengguna untuk mengunjungi situs web Anda. Menurut laporan baru-baru ini, lebih dari 54% pencarian pada tahun 2020 dilakukan dari smartphone. Oleh karena itu, sangat penting bahwa situs web Anda memiliki desain yang responsif. Ini adalah elemen penting yang dapat membantu mendorong kesuksesan online untuk bisnis Anda. Desain responsif pengguna adalah salah satu elemen terpenting dalam membuat desain situs web yang ramah SEO.

Desain responsif menyesuaikan situs web Anda dengan semua jenis perangkat dan cocok berdasarkan penelusuran pengguna. Baik mereka membukanya di tablet atau laptop, pengguna akan dapat mengoperasikan versi situs web Anda yang paling sesuai.

Untuk memahami ini lebih jauh, pertimbangkan bahwa semua perangkat memiliki ukuran dan resolusi layar yang berbeda. Desain situs web yang responsif membantu situs web Anda menyesuaikan diri dengan dimensi yang sesuai berdasarkan perangkat apa yang dikunjungi. Ini pada akhirnya meningkatkan pengalaman pengguna dan membantu mereka menjelajahi situs web Anda tanpa kerepotan.

Anda ingin pengguna Anda tetap berada di situs web Anda selama mungkin, karena ini mengirimkan indikasi positif ke Google tentang adaptif dan UX situs web Anda. Pengguna lebih suka mengunjungi situs web pesaing yang dioptimalkan jika mereka tidak dapat menjelajahi situs web Anda di perangkat mereka dengan lancar. Selain itu, memiliki desain yang responsif juga akan membantu Anda mencapai peringkat yang lebih tinggi di Google karena mesin pencari akan menganggapnya relevan dengan tujuan pencarian pengguna.

2. Sertakan Kata Kunci Bertarget di Konten Situs Web Anda

Membuat konten yang unik dan berharga adalah salah satu bagian terpenting dari situs web mana pun. Ini membantu situs web Anda dalam mengarahkan lalu lintas dan menghasilkan arahan yang berharga. Konten situs web meningkatkan otoritas domain Anda dan membantu mendorong prospek bernilai tinggi berdasarkan istilah pencarian yang relevan. Menargetkan kata kunci yang relevan di domain Anda adalah kebutuhan mutlak untuk meningkatkan visibilitas konten Anda. Kata kunci yang ditargetkan membantu situs web Anda mendapat peringkat lebih tinggi di SERP untuk kueri/istilah pencarian yang relevan.

Menemukan kata kunci yang ditargetkan ini memerlukan penelitian kata kunci yang komprehensif, yang memungkinkan Anda menemukan kata kunci persaingan tinggi dan rendah di domain Anda. Ini juga menyoroti nilai kata kunci tersebut dan bagaimana atau apakah kata kunci tersebut dapat digunakan dalam strategi konten Anda.

Misalnya, kata kunci ekor panjang biasanya merupakan kata kunci persaingan rendah yang sangat bertarget. Biasanya terdiri dari tiga kata atau lebih dan sangat spesifik, yang membantu menghasilkan prospek yang lebih berkualitas. Misalnya "perusahaan asuransi berperingkat teratas di Bangalore" adalah kata kunci ekor panjang yang dapat membantu menghasilkan lalu lintas yang berharga dan prospek yang memenuhi syarat untuk situs web yang menggunakannya.

Langkah selanjutnya setelah menemukan kata kunci yang ditargetkan adalah memilih format konten terbaik yang sesuai dengan tujuan pemasaran Anda. Anda dapat memilih dari berbagai jenis format seperti infografis, video, blog, ebooks, dll. Setelah memilih format pilihan Anda, sekarang saatnya untuk membuat konten yang berharga dengan kata kunci yang ditargetkan.

Anda ingin memastikan bahwa konten yang dibuat tidak hanya mendidik tetapi juga mudah dipahami oleh audiens target Anda. Memasukkan kata kunci yang ditargetkan secara organik ke dalam konten ini akan membantu halaman web Anda muncul di SERP yang relevan.

Gunakan kata kunci bertarget dengan cerdas dalam konten Anda, dan buat situs web Anda lebih ramah SEO. Ini akan meningkatkan kinerja keseluruhan halaman web Anda, dan lebih terlihat di mata mesin pencari.

3. Optimalkan Tag Tajuk

Tag header mungkin merupakan aspek terpenting dalam membuat konten terstruktur dan dapat dikenali untuk mesin telusur. Mengoptimalkan tag header Anda terbukti sangat bermanfaat dalam membuat situs web yang SEO-friendly.

Judul yang menjelaskan awal bagian tertentu dalam konten harus memiliki tag header. Misalnya, subpos ini adalah tag H3, sedangkan judul halaman ini adalah tag H1.

Saat mengoptimalkan tajuk, Anda harus memasukkan kata kunci yang paling relevan ke dalamnya secara organik. Misalnya, judul konten Anda harus memiliki kata kunci utama di dalamnya.

Penggabungan ini membantu perayap mesin telusur mendapatkan konteks tentang konten Anda dan mengindeks halaman yang sesuai. Ini juga membantu dalam meningkatkan peringkat Anda untuk kata kunci tertentu yang digunakan dalam judul dan subpos.

Anda dapat menggunakan kata kunci sekunder, LSI, atau bahkan ekor panjang dalam judul yang lebih kecil seperti H2 atau bahkan H5. Ini akan membantu perayap dalam memahami seberapa dalam konten Anda masuk ke topik utama, dan keragaman yang dimilikinya.

4. Optimalkan Meta Description Anda untuk Meningkatkan Klik

Hal pertama yang Anda lihat setiap kali Anda memasukkan permintaan pencarian di Google adalah judul halaman hasil. Apa yang Anda lihat di bawahnya adalah deskripsi kecil tentang informasi yang relevan tentang topik tersebut, memberi Anda gambaran tentang apa yang dimiliki konten di halaman web. Pengintipan kecil ini adalah deskripsi meta dari halaman web Anda.

Mari kita ambil contoh. Untuk permintaan pencarian “cara membuat PC gaming”, deskripsi meta dari hasil peringkat teratas adalah “Pernah ingin membuat PC Anda sendiri? Kami memiliki panduan langkah demi langkah & video tutorial singkat yang dapat Anda gunakan untuk membuat PC gaming / PC streaming”

Deskripsi meta ini tepat dan memberi tahu pengguna dengan tepat apa yang dimiliki halaman web. Bahkan sebelum mengklik tautan, pengguna tahu bahwa mereka akan menemukan panduan langkah demi langkah untuk membuat PC game di halaman.

Untuk membuat deskripsi meta Anda dioptimalkan, Anda harus membuatnya relevan, singkat, dan mungkin menyertakan kata kunci yang ditargetkan untuk meningkatkan peringkat halaman. Batas karakter deskripsi meta di Google SERPs adalah 155 karakter. Anda harus membuat deskripsi meta di bawah 150 karakter atau teks di atas batas karakter akan diganti dengan tiga titik. Ini akan terlihat agak aneh dan mungkin memotong kalimat Anda di bagian penting yang mungkin bisa membantu pembaca.

5. Fokus pada Meningkatkan Keterbacaan Konten Anda

Ada banyak elemen yang digunakan untuk membuat desain yang ramah SEO dan mudah untuk melupakan tampilan konten itu sendiri. Saat melakukan optimasi SEO, pastikan keterbacaan konten di setiap halaman web tepat sasaran. Itu benar-benar tidak akan memberi Anda nilai apa pun memiliki konten yang tidak menarik bahkan jika desain situs web Anda berkelas dunia. Sementara tugas desain adalah mengatur kesan estetis, konten menentukan bagaimana kesan yang tersisa.

Ini adalah elemen yang lebih manusiawi dalam membuat situs web yang ramah SEO. Google selalu lebih memilih situs web yang memenuhi kebutuhan pengguna dan menyenangkan mereka. Ini sekali lagi menjadi faktor dalam keseluruhan pengalaman pengguna dan secara signifikan memengaruhi keramahan-SEO situs web Anda.

Pilih font yang paling pas untuk konten Anda berdasarkan desain situs web Anda dan pilih ukuran font yang paling pas. Selain itu, campur warna font dengan teks umum yang memiliki warna paling mudah dibaca, teks jangkar untuk tautan internal atau tautan eksternal harus memiliki warna berbeda agar dapat dibedakan, judul atau subjudul memiliki ukuran font lebih besar, dll. Misalnya, lampu warna font kuning hampir tidak terbaca pada latar belakang putih; dan membuat subjudul Anda dengan ukuran font yang sama dengan konten mungkin tidak menyampaikan maksudnya kepada pembaca dengan benar.

Biasanya, melihat paragraf yang panjang dapat mengintimidasi pembaca, dan juga terbukti tidak dapat dibaca oleh pengguna dengan rentang perhatian yang pendek. Cobalah untuk memecah format konten lebih jauh untuk meningkatkan keterbacaannya dengan menggunakan daftar peluru, poin, dll. Teknik ini membuat informasi mudah dicerna dan membuat pembaca tetap terlibat.

Elemen lain yang dapat Anda masukkan untuk meningkatkan keterbacaan konten Anda adalah infografis. Infografis adalah cara yang bagus untuk memadatkan informasi yang rumit dan menyajikannya dalam format yang sederhana dan mudah dicerna untuk semua jenis pembaca.

6. Tingkatkan Waktu Muat Halaman

Poin ini telah dibahas sebelumnya tetapi layak untuk diangkat kembali karena sangat penting. Pastikan bahwa setiap cara Anda dapat mengoptimalkan kecepatan pemuatan situs web Anda dikerjakan, dan dipelihara. Audit SEO yang komprehensif dapat membantu Anda menemukan semua elemen yang perlu Anda kerjakan untuk memastikan waktu buka halaman Anda sesedikit mungkin.

Pada artikel sebelumnya admin blog juragandesa telah membahas tuntas tentang Belajar SEO BloggerBagaimana cara kalian belajar strategi SEO, Belajar SEO Pemula, Belajar SEO 2020, SEO Blogspot dan Cara meningkatkan SEO website