Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ambil NIK KTP dan Daftar Bansos BPNT 2022 di Link Ini, Tersedia Kuota 18,8 Juta Penerima Kartu Sembako

Ambil NIK KTP dan Daftar Bansos BPNT 2022 di Link Ini, Tersedia Kuota 18,8 Juta Penerima Kartu Sembako

Ambil NIK KTP dan Daftar Bansos BPNT 2022 di Link Ini, Tersedia Kuota 18,8 Juta Penerima Kartu Sembako

Ambil NIK KTP dan daftar Bansos BPNT 2022, tersedia kuota 18, 8 Juta penerima Kartu Sembako. Berikut link pendaftaran ada di akhir artikel ini.

BPNT 2022 merupakan bantuan pangan nontunai yang diberikan kepada masyarakat miskin dan perlu diingat, bantuan tersebut hanya bisa untuk membeli bahan pangan.

Selain itu, untuk pencairan Bansos BPNT dilakukan setiap bulan, yakni dari Januari hingga Desember melalui bank BUMN dan agen yang dipercaya oleh pihak penyelenggara.

Pemerintah melanjutkan kembali bantuan sosial BPNT 2022, untuk mengurangi dampak Covid- 19 pada ekonomi warga rentan miskin.

Adapun mekanisme bantuan berupa akun elektronik yang hanya digunakan untuk membeli bahan pangan di pedagang ataupun e- warong yang bekerja sama dengan Bank.

Komoditas pangan yang dapat dibeli, di antaranya ada pangan karbohidrat, seperti beras atau bahan pangan pokok lokal, protein hewani seperti telur, daging ayam, daging sapi, ikan, dan sebagainnya.

Bagi Anda yang ingin mendaftar bansos BPNT Kartu Sembako dapat dilakukan secara langsung melalui aparat pemerintahan setempat, seperti RT/ RW atau kelurahan/ desa atau juga bisa dilakukan secara online.

Perlu diketahui, untuk besaran bantuan Bansos BPNT ditetapkan sebesar Rp200 ribu per bulan per Keluarga Penerima Manfaat.

Berikut cara daftar atau cara usul penerima bansos BPNT atau Kartu Bansos Sembako di aplikasi Cek Bansos:

1. Download aplikasi Cek Bansos atau klik https:// cekbansos. kemensos. go. id/

2. Buat akun baru atau user ID.

3. Login menggunakan user ID yang sudah diaktivasi dan diverifikasi oleh admin Kemensos.

4. Masuk menu Tanggapan Kelayakan.

5. Pilih menu Usul.

6. Lengkapi data pengusul untuk mendapatkan bansos sembako BPNT.

7. Setelah mendaftarkan diri, masyarakat perlu menunggu informasi lebih lanjut yang akan dikirim oleh Kemensos mengenai proses ajuannya.

Berikut cara mendapat bansos BPNT atau Kartu Bansos Sembako secara langsung, yakni:

1. Pendaftaran peserta Keluarga Penerima Manfaat( KPM) dilakukan oleh Kemensos

2. Masyarakat akan mendapat pesan pemberitahuan berisi teknis registrasi di tempat yang sudah ditentukan

3. Informasi yang sudah diisi oleh calon penerima diproses secara paralel dan sinergis oleh bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara( Himbara), kantor kelurahan dan kantor walikota/ kabupaten

4. Masyarakat perlu membawa data pelengkap seperti Kartu Keluarga( KK), KTP, NIK( jika ada), dan Kode Unik Keluarga/ Individu dalam Data Terpadu

5. Setelah verifikasi data selesai, penerima bantuan sosial akan dibukakan rekening di bank dan mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera( KKS)

6. Penerima bantuan sosial yang telah memiliki KKS dapat langsung datang ke e- warong( Elektronik Warung Gotong Royong) terdekat

Berikut cara cek kamu masuk daftar penerima BPNT atau tidak:

• Buka aplikasi atau link online cekbansos. kemensos. go. id.

• Masukan nama Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, dan Desa atau Kelurahan sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk( KTP).

• Masukan nama lengkap sesuai dengan KTP.

• Masukan kode verifikasi yang tertera, dan tekan‘ refresh’ jika kode yang muncul kurang jelas.

• Tekan tombol‘ Cari Data’.

Demikian, ulasan mengenai cara daftar penerima BPNT 2022, besaran dana bantuan yang diterima KPM dari Kartu Bansos Sembako dari Kemensos.***

Artikel ini telah tayang di seputarlampung.pikiran-rakyat.com dengan judul “Ambil NIK KTP dan Daftar Bansos BPNT 2022 di Link Ini, Tersedia Kuota 18,8 Juta Penerima Kartu Sembako